Kabar Emas
23 Apr 2024

Berlian: Permata Indah untuk Investasi Masa Depan yang Cerah

Bagikan
article-cover-images/555259dd653e30c9b7975711d63d0346

Selain emas, masyarakat juga mulai melirik investasi berlian karena nilainya yang tinggi dan cenderung meningkat. Harganya memang terkenal mahal, beberapa jenis berlian langka bahkan dinilai dengan harga yang sangat fantastis hingga Triliunan Rupiah.

Berlian adalah batu intan atau permata berharga yang terkenal dengan keindahannya dan sangat kuat. Batu berlian asli kerap digunakan menjadi perhiasan seperti cincin, anting, dan kalung.

Berlian, Batu Permata yang Sangat Kuat

Berlian adalah batu intan yang terbentuk lebih dari 3 miliar tahun lalu, jauh di dalam kerak bumi. Di dalam lapisan bumi tertentu, kondisi panas dan tekanan hebat menyebabkan atom karbon mengkristal yang membentuk berlian.

Biasanya ditemukan di bawah permukaan zona subduksi antara kedalaman 150-200 kilometer. Di kedalaman ini, suhunya rata-rata berkisar 900-1.300 derajat celcius dan tekanannya antara 45-60 kilobar.

Pada lapisan ini juga biasanya ditemui jalur magma yang bisa keluar ke permukaan bumi saat meletus. Magma yang keluar akan membawa serta batuan yang mengandung intan atau berlian. Ada beberapa hal menarik tentang berlian yang memukau ini.

1. Diamond Berasal Dari Kata “Adamas”

Berlian atau diamond berasal dari Bahasa Yunani “adamas” yang artinya tidak terkalahkan. Ini merujuk pada sifat berlian yang sangat keras. Dalam kepercayaan Bangsa Yunani, berlian dianggap berasal dari air mata para dewa.

2. Zat Paling Keras

Berlian 58 kali lebih keras dibanding mineral paling keras kedua yang diketahui oleh manusia.

3. Hanya Bisa Tergores Oleh Berlian

Berlian adalah zat alam paling keras, bahkan batu berlian hanya bisa tergores oleh batu berlian yang lain.

4. Material Alam Yang Sangat Langka

Negara penghasil berlian terbesar di dunia meliputi Rusia, Botswana, Republik Demokratik Kongo, Australia, dan Kanada. Tidak semua tempat memiliki berlian karena benda ini sangat langka.

Sebagai gambaran, jika semua berlian di bumi disatukan, berlian tersebut hanya mengisi satu bus bertingkat. Keberadaannya yang langka ini membuat berlian sangat mahal dan justru banyak diburu untuk koleksi maupun investasi berlian.

5. Hanya 20-40% Berlian Yang Menjadi Perhiasan

Tidak semua berlian yang diambil dari alam berakhir menjadi perhiasan. Namun, hanya sekitar 20-40 persen berlian yang diolah untuk bahan perhiasan. Selebihnya, berlian digunakan untuk berbagai alat seperti mata bor hingga bahan pesawat ulak-alik.

Pesawat ulak-alik Amerika yang pertama kali menggunakan berlian sebagai bahan untuk jendela pesawat. Penggunaan berlian karena hanya kristal ini yang memiliki kekuatan yang dapat menahan tekanan atmosfer.

Proses Pemilihan dan Pengolahan Berlian

Berlian hasil pertambangan dari dalam perut bumi, bentuknya tidak seperti bentuk berlian yang Anda temui di toko perhiasan. Berlian ini masih dalam bentuk bongkahan yang mungkin bercampur dengan bebatuan lain.

Di toko perhiasan yang melayani jual kembali berlian hanya berupa potongan berlian kecil yang dijadikan permata untuk cincin, kalung, dan perhiasan lainnya. Berlian tersebut sudah melewati proses pemilahan dan pengolahan yang cukup panjang seperti berikut.

1. Pengolahan Awal

Berlian kasar hasil penambangan dikumpulkan oleh supplier untuk dilakukan pengolahan awal. Pada tahapan ini, berlian akan dipisahkan dari batuan-batuan yang mengelilingi permukaan berlian.

Pemisahan dilakukan dengan mesin khusus atau dilakukan secara manual. Kemudian, berlian akan disortir lagi berdasarkan kualitas dan ukuran berlian.

2. Pemotongan Dan Pemahatan

Selanjutnya, berlian akan dipotong dengan teknik khusus untuk menghasilkan potongan dan pahatan berlian yang memukau. Potongan yang paling umum dan banyak dijadikan untuk investasi berlian adalah round cut atau potongan bulat.

Berlian juga bisa dipotong dalam bentuk lainnya seperti oval, emerald, princess, trilliant, hati, radiant, segitiga, pear, marquise, dan lain sebagainya. Potongan (cut) berlian ini menjadi salah satu poin yang menentukan nilai berlian.

3. Penggilingan Dan Polishing

Penggilingan dilakukan dengan alat khusus untuk menghasilkan potongan berlian yang lebih presisi. Berlian juga diberikan polishing untuk mendapatkan keindahan dan kilau sempurna. Proses penggilingan dan polishing bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan cacat pada permukaan berlian.

4. Pengujian Kualitas

Dari proses pengujian kualitas inilah dapat ditentukan berapa harga dari berlian tersebut. Proses pengujian berlian dilakukan oleh laboratorium khusus contohnya Gemological Institute of America (GIA).

Adapun penilaian kualitas berlian berdasarkan faktor 4C, cut (potongan dan presisi), color (warna), clarity (kejernihan), dan carat (berat karat). Bagi Anda yang ingin investasi berlian juga perlu mempertimbangkan faktor 4C ini. Faktor “cut” merupakan proses yang paling rumit untuk dianalisa.

Sedangkan untuk “color” atau warna, semakin bersih dan jernih semakin tinggi kualitas suatu berlian. Penilaian warna berlian menggunakan skala dari D-Z yang mana berlian nilai D untuk warna berlian paling jernih dan Z untuk berlian dengan warna paling banyak.

Faktor “clarity” menguji kejernihan yaitu ada tidaknya noda atau cacat pada berlian. Penilaian ini memiliki 6 kategori yakni flawless, internally flawless, very very slightly included, very slightly included, slightly included, dan included.

5. Pemilihan Desain Perhiasan

Berian yang lolos uji kualitas dibuktikan dengan sertifikat. Tahap berikutnya adalah pemilihan desain perhiasan, cincin, kalung, anting-anting, atau perhiasan berlian lainnya sesuai keinginan pembeli.

6. Pembuatan Perhiasan

Proses berikutnya adalah menempatkan berlian pada perhiasan yang sudah dibuat. Proses ini membutuhkan keterampilan tinggi, terlebih untuk perhiasan dengan desain yang rumit. Berlian menjadi batu bermata berharga yang menggabungkan antara keindahan alam dan keterampilan manusia.

7. Pemeriksaan Akhir

Sebelum sampai ke pelanggan, perhiasan berlian akan terlebih dahulu melewati proses pemeriksaan. Hal ini yang dilakukan juga oleh Galeri 24 untuk memastikan produk yang dijual terjamin kualitasnya.

Anda bisa mendapatkan perhiasan berlian berkualitas di Galeri 24. Lantas, dimana jual berlian? Buyback atau untuk jual kembali biasanya dilakukan di tempat yang sama seperti di Galeri 24.

Koleksi Perhiasan Berlian Galeri 24

Semakin mudah untuk investasi berlian dengan berbagai koleksi perhiasan berlian dari Galeri 24. Anda bisa menemukan gerai Galeri 24 di hampir seluruh daerah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Depok, Bandung, Semarang, dan kota-kota besar lainnya.

Selain pembelian perhiasan berlian, Galeri 24 juga melayani pembelian kembali (buyback) bagi Anda yang ingin jual. Berikut beberapa desain memukau dari koleksi perhiasan berlian Galeri 24 yang cocok untuk koleksi dan investasi.

  • Cincin Berlian Juliana 2,52 Gram
  • Cincin Berlian Solitaire Square 4,53 Gram
  • Anting Berlian Yuanira 2,62 Gram
  • Gelang Berlian Solitaire 12,34 Gram
  • Liontin Berlian Lingana 3,05 Gram

  • Cincin Berlian Lingana 3,05 Gram
  • Liontin Berlian Aspidiske 1,74 Gram
  • Cincin Berlian Baguette 2,48 Gram
  • Cincin Berlian Jaliana 3,54 Gram
  • Gelang Berlian Solitaire 13,71 Gram

Bagi Anda yang ingin investasi berlian, segera cek koleksi perhiasan berlian Galeri 24 di outlet langsung atau melalui online store Galeri 24 di Shopee dan Tokopedia.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Call Center 021 - 3104506 021-21235777
  • Whatsapp Call Center & Complaint Handling 081112202424
  • WBS (Whistle Blowing System) Telp./WA: 081119002444 Email : wbsplg24@galeri24.co.id Url : bit.ly/WBSG24