©2019 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥

3 Hal yang Harus Dipahami Investor Pemula Sebelum Berinvestasi


Investasi memang sangat penting untuk masa depan. Namun bagi Anda investor pemula, wajib memerhatikan 3 hal berikut agar investasi menjadi untung.


Tips Berinvestasi #1 Hitung Keuangan

Pahami kondisi keuangan Anda terlebih dahulu sebelum memulai investasi. Buatlah catatan sederhana tentang jumlah pendapatan Anda dikurangi keperluan pokok setiap bulannya.

Masukkan juga biaya lain seperti hutang beserta biaya bunganya. Perhitungkan juga kebutuhan asuransi serta tabungan pokok seperti biaya pendidikan Anak ataupun rencana membeli kendaraan baru.

Dengan mengetahui kondisi keuangan, Anda dapat mengerti berapa besarnya modal yang Anda miliki untuk investasi. Jika keadaan keuangan Anda tidak menentu atau masih kekurangan, maka rencana investasi jangka panjang pun akan terganggu.


Tips Berinvestasi #2 Kenali Produk Investasi

Begitu banyak instrumen atau produk investasi yang ada di masyarakat, mulai dari investasi fisik hingga investasi non fisik. Modal yang dibutuhkan pun tidak harus besar, ada banyak pilihan investasi modal kecil yang cocok bahkan untuk para pelajar.

Yang termasuk kedalam investasi fisik yaitu investasi emas, properti, perhiasan, dan lain sebagainya. Sedangkan investasi non fisik yaitu seperti reksadana, saham, dan masih banyak lagi.

Memilih produk investasi yang tepat adalah hal yang paling penting. Untuk itu, kenali keunggulan dan risikonya sebelum memilih. Pahami juga berbagai faktor yang berpengaruh terhadap investasi Anda.


Tips Berinvestasi #3 Sadar Risiko

Meskipun tujuan berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, namun Anda juga harus bersikap realistis. Keuntungan yang didapat dari kegiatan berinvestasi tidak datang secara instan.

Anda juga harus mempersiapkan risiko terburuk jika investasi Anda kurang menguntungkan atau bahkan timbul kerugian dan kehilangan uang. Untuk itu buatlah strategi investasi yang matang serta dana cadangan untuk keamanan keuangan Anda.


Investasi Emas

Jika Anda adalah investor pemula, ada baiknya mencoba investasi fisik seperti investasi emas yang berbentuk logam mulia. Investasi ini cocok bagi pemula karena mudah diperoleh, mudah perawatan dan penyimpanan, serta tidak memerlukan modal yang besar.

Anda dapat membeli logam mulia untuk investasi di Galeri24 dari PT.Pegadaian yang juga menjual perhiasan emas dan batu mulia. Anda juga dapat dengan mudah melakukan pembelian online di website www.galeri24.co.id