3 Trik Jitu Menentukan Ukuran Cincin Kawin yang Tepat


Tidak kalah penting dengan cincin kawin yang cantik adalah cincin yang pas di jari. Maksudnya, tidak menjepit jari sampai tidak bisa dilepas, tapi juga tidak begitu longgar sehingga mudah terlepas karena gerakan sekecil apa pun. Dan untuk mencapai ukuran yang pas, Anda bisa pergi ke toko perhiasan dan membiarkan pramuniaga mengukur jari Anda. Tapi, bagaimana jika perhiasan yang Anda inginkan hanya ada di toko online?

Di sinilah pentingnya kemampuan untuk dapat mengukur jari sendiri. Di luar dugaan, Anda tidak harus pergi ke toko perhiasan untuk membeli cincin tunangan impian. Bagaimana caranya? Simak tata cara berikut.


Trik Jitu Menentukan Ukuran Cincin Kawin #1: Menggunakan Finger Sizer

Yang dimaksudkan finger sizer adalah kumpulan cincin dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran jari balita sampai orang dewasa terbesar sekali pun. Cara penggunaannya pun mudah: Anda tinggal masukkan jari Anda ke salah satu cincin dan lihat apakah cincin tersemat dengan pas dan nyaman di jari Anda. Terus dan terus coba cincin-cincin lainnya sampai Anda menemukan cincin yang paling pas.

Setelah menemukannya, perhatikanlah angka yang tertera di cincin tersebut. Nah, angka itulah ukuran cincin Anda.

Finger sizer biasa disediakan di toko perhiasan dengan bahan besi. Tetapi, Anda juga bisa membeli duplikatnya di toko online dengan harga super miring, bahannya pun plastic. Fungsi dan pengukurannya pun sama, jadi jangan diragukan kualitasnya.


Trik Jitu Menentukan Ukuran Cincin Kawin #2: Ukur Sendiri dengan Lilitan Kertas

Ya! Cara ini pun biasa digunakan. Yang perlu Anda siapkan hanya kertas, penggaris, dan satu orang untuk membantu Anda. Anda bisa melakukan ini berganti-gantian bersama pasangan sebagai sarana pengukuran bersama!

Pertama-tama, potong selembar kertas menjadi ukuran panjang-tipus sekitar 7×100 milimeter. Kemudian, ulirkan kertas tersebut di dasar jari yang hendak diukur membentuk lingkaran. Jika Anda memiliki buku jari yang ekstra besar, lingkarkan kertas tersebut di bawah buku jari, bukan di dasar jari.

Kemudian, minta bantuanlah orang lain atau pasangan Anda untuk menarik kedua ujung kertas untuk memastikan kertas tersebut mengikat jari Anda dengan kuat tetapi tidak terlalu ketat. Gambarlah garis lurus sepanjang kertas menggunakan pulpen. Lalu, lepas kertas tersebut dan ukurlah jarak antara dua garis di kertas dengan penggaris, dalam satuan milimeter.

Jangan ditambahkan ataupun dikurangi, karena perbedaan satu milimeter saja berarti ukuran cincin yang berbeda. Jadi, berhatil-hatilah jika hendak menggunakan cara ini.


Trik Jitu Menentukan Ukuran Cincin Kawin #3: Ukurlah Diameter Cincin yang Sudah Ada

Cara yang agak ini serupa tapi tak sama dengan cara kedua di atas. Serupa karena menggunakan bagan yang sama; tak sama karena kalau sebelumnya yang diukur adalah lingkar/keliling (circumference), cara ketiga ini mengukur diameter.

Cara ini bisa digunakan kalau syarat ini terpenuhi: Anda harus memiliki cincin yang pas dipakai di jari yang Anda kehendaki. Jadi bila misalkan cincin Anda saat ini kekecilan atau kebesaran, Anda tidak bisa menggunakan cara ini.

Letakkan saja cincin di atas kertas putih polos. Gunakan pulpen untuk tracing lingkar dalam cincin tersebut sehingga akan ada gambar lingkaran di kertas putih tadi. Dengan menggunakan penggaris, ukur diameter lingkaran tersebut. Tambahkan satu milimeter pada hasil pengukuran Anda, karena pasti ada gap kecil antara garis pulpen dengan garis dalam aktual cincin. Setelah itu, tentukan ukuran cincin berdasarkan bagan yang sama di cara kedua di atas. Hanya saja, acuannya adalah kolom diameter.

Bagaimana? Sudah tidak risau lagi akan membeli cincin dengan ukuran yang salah, kan?

Jika Anda berminat membeli cincin kawin secara Online, pastikan untuk menuju ke toko yang terpercaya. Katalog di galeri24.co.id misalnya, adalah anak perusahaan PT.Pegadaian yang menyediakan segala perhiasan emas putih, kuning maupun rose gold untuk keperluan cincin kawin, cincin tunangan maupun koleksi perhiasan Anda.

Selain pembelian online, Anda juga dapat langsung mengajak pasangan untuk memilih cincin kawin di gerai Galeri24 yang ada di berbagai kota di Indonesia.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥