• Galeri24

4 Faktor Penyebab Grafik Harga Emas Antam Tidak Menentu

Bisa dibilang emas masih menjadi primadona di bidang investasi masa depan, terutama emas antam. Meskipun demikian, harga aset ini tetap mengalami siklus naik turun sekalipun tidak setajam siklus perubahannya seperti pada aset lain. Namun memang, grafik harga emas antam lebih sering menanjak dibandingkan melandai.


Grafik Harga Emas Antam

Grafik harga emas antam adalah siklus perubahan harga investasi emas antam yang harus dipelajari oleh investor. Seperti saat ini, yang dianggap peluang terbaik untuk menjual emas antam karena harganya sedang meroket.

Bahkan kabarnya, harga emas antam di awal 2020 saja sudah mencapai Rp850.000 per gram. Ini menjadi catatan harga terbesar dan termahal sepanjang sejarah. Maka dari itu, para investor mulai melepas emas antamnya untuk mengeruk keuntungan yang besar.

Faktor Penyebab Siklus Harga Emas Antam

Jika di tahun ini (2020) grafik harga emas antam cenderung meroket, maka beberapa tahun ke belakang justru harganya menurun. Hal ini dikarenakan harga emas dunia secara umum juga mengalami penurunan.

Grafik naik turun harga emas antam ini disebabkan oleh beberapa faktor. Ada beberapa faktor penyebab yang harus dipelajari sebelum mencoba untuk berinvestasi, diantaranya:


1. Nilai Tukar Dolar

Faktor penyebab grafik harga emas antam naik turun yang pertama adalah nilai tukar dolar AS. Siklus harga jika disandarkan pada poin ini, akan terjadi perbandingan berlawanan antara harga emas dan nilai tukar.

Misal, jika nilai tukar dolar naik, maka harga emas antam otomatis akan melandai atau turun. Sebaliknya, jika nilai tukar dolar menurun, maka harga emas antam akan melesat tinggi.

Maka dari itu, untuk melakukan jual beli (investasi) emas antam, boleh menggunakan nilai tukar dolar AS sebagai rujukan. Ini merupakan trik sederhana tetapi yang paling mudah dan jitu.


2. Jumlah Produksi Emas Dunia

Jumlah produksi emas di dunia juga berpengaruh pada grafik harga emas antam. Apalagi saat ini, produsen emas terbesar hanya dipegang oleh 6 negara saja seperti China, Afrika Selatan, Rusia, Peru, Amerika Serikat dan Australia, tentu kuota produksinya semakin ketat.

Selain itu, semakin menipisnya lahan pertambangan di negara-negara tersebut, juga menyebabkan produksi emas menjadi menurun. Akibatnya harga emas menjadi naik tanpa terkendali.

Lain soal jika cadangan emas di beberapa negara di atas seimbang dengan jumlah permintaan. Maka baru harga emas bisa ditekan ke batas standar bahkan jauh lebih murah.


3. Naiknya Jumlah Permintaan Bahan Baku

Naiknya jumlah permintaan bahan baku emas juga menjadi penyebab harga emas antam tidak menentu. Yang mana jika permintaan bahan baku semakin banyak, pasti harga emas antam akan meroket, disebabkan oleh persediaan bahan baku yang mulai sulit.

Apalagi di dunia ini negara pencetak emas antam masih bisa dihitung dengan jari. Karena yang paling banyak adalah negara penghasil perhiasan seperti Tiongkok dan India. Tentu ini juga berpengaruh pada siklus harga emas antam jika permintaan bahan baku emas semakin banyak, yang berefek pada kenaikan harga yang tinggi.


4. Stok Cadangan Emas di Bank Dunia

Stok cadangan emas di bank dunia juga berpengaruh pada siklus harga emas antam. Misalnya, jika bank dunia terus membeli emas tanpa berniat menjualnya, tentu harga emas akan meroket tinggi.

Jika siklus ini yang terjadi tentu investor kecil-kecilan akan kesulitan untuk memulai penyimpanan asetnya. Sedangkan investor besar akan menjual emasnya secara besar-besaran untuk mengeruk keuntungan.

Ironinya, beberapa tahun belakangan ini, bank dunia lebih suka menyimpan stok emas daripada mengeluarkannya. Maka dari itu, harga emas antam cenderung naik dengan kurva cukup stabil.


5. Terjadinya Inflasi Dunia

Inflasi dunia juga menjadi penyebab siklus naik turunnya grafik harga emas menjadi tidak menentu. Inflasi yang dimaksud bisa berupa jebloknya nilai tukar uang, sulitnya barang di pasaran, distribusi barang yang macet dan penyebab yang lainnya.

Jika inflasi semacam ini yang terjadi, tentu nilai tukar uang menjadi tidak lagi berharga. Masyarakat mungkin akan beralih pada nilai tukar yang lebih stabil, contohnya adalah emas antam.

Jika ini yang terjadi, tentu secara otomatis harga emas antam akan naik dengan drastis. Ini bisa menjadi peluang yang bagus bagi para investor untuk menjual emasnya demi keuntungan yang besar.

Kondisi ini pernah dialami Indonesia ketika moneter di tahun 1998 dulu. Sebuah krisis keuangan dan politik yang membuat nilai mata uang menjadi jeblok dan terjadi konflik di mana-mana. Tak dimungkiri di masa tersebut, harga emas antam dunia naik dengan pesat.

Jika melihat faktor penyebab di atas, Anda yang ingin investasi emas antam seharusnya mempelajari dulu siklus grafik harga emas antam. Paling tidak memahami kapan waktu membeli dan kapan saat yang tepat untuk menjualnya kembali.


Tempat Membeli Emas

Setelah tahu penyebab harga emas yang sering naik dan turun, sekarang bagaimana menentukan cara membeli emas yang tepat supaya Anda tidak rugi. Selain faktor-faktor di atas, tempat pembelian juga mempengaruhi harga emas yang Anda dapatkan. Meskipun harga emas mengikuti ketetapan yang berlaku tetapi ada selisih harga ketika Anda membelinya. Berikut beberapa rekomendasi tempat pembelian emas yang aman dan murah.

  • Beli di Galeri 24

Galeri 24 merupakan anak perusahaan PT. Pegadaian yang khusus menjual produk emas, perhiasaan dan batu mulia. Sebagai bagian dari outlet Pegadaian, Galeri 24 melayani pembelian emas secara tunai, kredit, atau melalui program tabungan emas yang bisa dicicil. Namun, di sini tidak melayani jasa penitipan emas seperti halnya yang ada di Pegadaian. Tentunya, jika membeli emas batangan ataupun perhiasan, Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan yang ada di toko-toko emas.

  • Beli di Antam

Tempat pembelian emas yang aman dan murah selanjutnya adalah di gedung pusat Antam. Di sini, Anda tidak perlu ragu dengan keaslian emas yang dibeli sebab hampir sebagian besar merek emas batangan atau logam mulia yang beredar di Indonesia adalah keluaran PT. Antam. Harga emas di Antam tentu lebih murah dibanding tempat lain. Jika ingin membeli logam mulia dalam jumlah besar, Anda bisa pergi ke gedung pusat Antam, unit bisnis Antam, maupun ke cabang Antam terdekat.

  • Toko Emas

Toko emas bisa jadi pilihan membeli emas yang aman dan murah. Umumnya toko emas menyediakan produk emas seperti emas batangan ataupun perhiasan. Harga jual di setiap toko emas berbeda-beda tetapi tetap kompetitif dan ada sedikit selisih harga yang akan Anda dapatkan.

Di zaman modern ini, toko emas bukan lagi sekedar toko fisik, tetapi juga tersedia toko emas online. Bagi Anda yang membeli secara online harus berhati-hati agar tidak mudah tertipu. Pilih situs pembelian emas yang benar-benar terpercaya dan merupakan representatif resmi dari toko emas, seperti di situs galeri24.co.id. Selain melayani pembelian emas secara online, Galeri 24 juga memberikan promo harga menarik kepada customer. Jadi, jangan ragu membeli emas untuk kebutuhan ataupun investasi masa depan.

157 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥