4 Perbedaan Mendasar Cincin Tunangan dan Cincin Kawin


Jika Anda sudah memantapkan hati kepada pasangan dan ingin melamar, ada baiknya simak dulu 4 perbedaan mendasar antara cincin tunangan dan cincin kawin berikut ini.

Perbedaan Cincin Tunangan #1 Waktu Pemberian

Cincin tunangan biasa diberikan saat pasangan pria melamar atau pada acara lamaran. Pemberian cincin tunangan ini tidak wajib karena tergantung dari kepribadian dan kemampuan pasangan.

Sedangkan cincin nikah adalah syarat wajib yang harus ada dalam acara pernikahan karena akan ada sesi tukar cincin antar kedua mempelai dan sebagai simbol pernikahan sah.

Perbedaan Cincin Tunangan #2 Tidak Harus Sepasang

Dalam budaya barat, cincin tunangan hanya diberikan dan dikenakan oleh pihak wanita setelah menyetujui lamaran pria. Sedangkan di Indonesia sendiri ada dua tradisi. Salah satunya adalah mengikuti tradisi barat tersebut.

Tradisi lainnya, cincin tunangan digunakan secara bersamaan saat tukar cincin dalam acara pertunangan.Oleh karena itu cincin tunangan tidak harus sepasang jika tidak ada acara lamaran dan tukar cincin.

Perbedaan Cincin Tunangan #3 Desain Berbeda

Di negara barat, cincin tunangan untuk melamar pasangan memiliki desain yang mewah dan disesuaikan dengan kesukaan, kepribadian maupun zodiak sang wanita. Berlian atau batu permata lainnya seringkali dijadikan hiasan cincin tunangan.

Berbeda dengan cincin kawin yang memiliki desain polos dan tidak terlalu menonjolkan batu mulia yang besar. Desain cincin kawin yang lebih sederhana dikarenakan kedua mempelai akan menggunakan cincin tersebut setiap saat, sehingga tidak mudah rusak.

Perbedaan Cincin Tunangan #4 Penggunaan

Biasanya cincin tunangan digunakan pada jari yang berbeda dengan cincin kawin. Namun, saat ini sudah muncul tren baru bernama stacking ring. Artinya, pengantin wanita dapat mengenakan kedua cincin bersamaan di satu jari dengan menumpuknya.

Atau bisa juga pengantin wanita mengenakan kedua cincin secara bersamaan di jari yang berbeda namun di tangan yang sama. Misalnya cincin tunangan dikenakan pada jari tengah tangan kanan, dan cincin kawin jari manis tangan kanan.

Membeli Cincin Tunangan

Jika Anda mencari cincin tunangan maupun cincin kawin, Galeri24 dari PT.Pegadaian menyediakan berbagai model dengan jaminan keaslian dan karatase yang tepat.

Selain itu, Galeri24 juga memiliki pilihan logam mulia untuk investasi dan batu mulia lainnya selain berlian. Pembeliannya pun mudah, Anda dapat datang ke toko maupun online melalui website www.galeri24.co.id

1,010 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥