4 Tips Menjaga Perhiasan Mutiara Anda Agar Tetap Berkilau


Dirancang untuk si simpel yang menyukai kecantikan timeless, mutiara seperti tidak pernah gagal menghiasi penampilan. Tak heran, perhiasan mutiara selalu diminati. Tetapi awas, jika salah menjaga kilau mutiara Anda, akibatnya bisa fatal.

Alasannya? Secara struktur, mutiara tidak sekeras batu mulia. Mutiara terbentuk dari gumpalan irritant alias nacres yang menumpuk dalam waktu lama di tubuh kerang, menyajikan bulatan dengan warna putih, merah jambu, hingga hitam yang mulus berkilauan.

Ada dua jenis mutiara, yaitu mutiara air tawar dan mutiara air asin. Keduanya sama-sama cantik dan bernilai, tergantung preferensi dan kepribadian Anda yang memilihnya. Dan mutiara alami sangat langka terjadi, sehingga orang beralih ke mutiara buatan yang tak kalah bernilai. Karena meski pembentukannya melalui campur tangan manusia, kilauannya sama-sama cemerlang dan sulit dibedakan.

Karena sifat rentan itulah, mutiara mudah aus, retak, kusam, dan kehilangan pesonanya. Tentunya, Anda tidak ingin itu terjadi pada perhiasan mutiara Anda, bukan?

Untuk menghindarinya, simak 4 tips berikut.


1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Perhiasan

Mutiara sebenarnya amat menyukai kelembapan. Karena itu, menyimpannya di kotak plastik asal-asalan adalah ide buruk. Selalu sediakan kotak kayu, lalu letakkan mutiara di kain beludru atau sutra untuk menyerap kelebihan oksidasi.

Jika kebetulan yang Anda punya hanya safety box yang tertutup rapat, jangan lupa untuk meletakkan segelas kecil air atau spons basah di dalamnya agar sirkulasi kelembapan tetap terjadi. Pokoknya, usahakan agar lingkungan penyimpanan perhiasan masih kondusif, hampir mendekati alam.


2. Hindarkan dari Asam dan Alkohol

Karena sifatnya yang rentan, mutiara tidak boleh terkena asam dan alkohol. Jika Anda akan memakai hairspray, sebaiknya jangan pakai kalung atau anting-anting mutiara Anda terlebih dahulu supaya partikelnya tidak merusak lapisan mutiara.

Begitu juga dengan penggunaan parfum, lotion, maupun pelembap badan. Pokoknya, jauhkan mutiara dari produk-produk dengan potensi bahan kimia tinggi karena itu bisa mengikis partikel mutiara yang memang rentan. Hasilnya, perhiasan mutiara pun jadi mudah kusam dan jelek.

Ini berarti termasuk menjuahkan perhiasan mutiara saat Anda melakukan kerja berat yang membutuhkan cairan kimia seperti mencuci baju, mengepel, atau membersihkan perabotan. Saat mencuci perhiasan mutiara pun, jangan pernah menggunakan sabun cuci generik, atau bahkan alkohol. Selalu gunakan cairan pembersih khusus dari toko.


3. Beri Perhatian pada Tali atau Rangka Perhiasan

Butiran mutiara Anda mungkin tetap bersinar dan utuh—tapi bagaimana dengan tali atau rangkanya?

Rupanya, hal ini tidak kalah penting. Seberapa pun bersinarnya mutiara Anda, kilauannya tidak akan maksimal jika rangka perhiasannya mulai kusam. Pada kasus kalung mutiara pun Anda harus teliti dan rajin memeriksa agar jalinan talinya tetap kuat, agar tidak putus sewaktu-waktu.

Banyak toko perhiasan yang menyediakan jasa ronce ulang kalung mutiara. Nah, Anda bisa menggunakan jasa ini dengan harga yang masuk akal. Lakukan tiap 2-3 tahun sekali. Di samping tampilan kalung jadi lebih cantik, saat dipakai pun akan terasa lebih nyaman dan pas di leher karena tali kalung yang sudah longgar biasa kurang nyaman dipakai.


4. Pakailah Mutiara Sering-Sering

Mutiara akan tetap “sehat” jika sering terkena ekspos udara luar, asal tidak terkena terik matahari secara langsung. Mutiara paling menyukai kelembapan udara yang stabil, dan paparan oksigen secara langsung.

Jadi, jika ada kesempatan, pakailah perhiasan mutiara Anda. Jangan lupa jauhkan dari lotion, hairspray, parfum, dan produk-produk berbahan kimia lain sebelum memakainya, ya.

Nah, jika Anda penggemar perhiasan seperti berlian, tentu Anda juga akan menyukai perhiasan emas maupun berlian.

Kini untuk membeli perhiasan yang asli ada Galeri24 dari PT.Pegadaian yang dapat ditemui di beberapa kota besar di Indonesia.

Sebagai menyediakan beragam perhiasan cantik, Galeri24 juga memiliki produk investasi emas logam mulia dari Antam dan UBS lho!

Tidak mau repot keluar rumah? Anda juga bisa berbelanja online di www.galeri24.co.id

9 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥