• Galeri24

5 Cara Berbelanja di Toko Perhiasan Online yang Aman

Berbelanja perhiasan adalah kegemaran kaum perempuan. Bahkan membeli di toko perhiasan online sekalipun berani mereka lakukan. Padahal, berbelanja model seperti ini rawan scam atau penipuan.

Sudah banyak tindakan penipuan mengatasnamakan jual beli perhiasan online. Efeknya ialah, calon pembeli mendapatkan kerugian yang besar. Apalagi jika uang sudah ditransfer, penjualnya malah kabur tanpa jejak.


Toko Perhiasan Online

Toko perhiasan online adalah toko yang membuka pelayanan jual beli perhiasan seperti cincin, gelang, anting dan perhiasan jenis yang lainnya. Sesungguhnya dari segi produk yang dijual, sama dengan toko konvensional biasa. Perbedaannya hanya terletak pada sistem berniaganya saja.

Sistem berbelanja di lapak perhiasan online adalah pembeli melakukan pembelian melalui internet. Artinya, mereka tidak perlu mendatangi tokonya langsung, melainkan memesan via smartphone android, komputer dan laptop.

Jika pembeli sudah melakukan transfer uang lewat ATM, si penjual baru akan mengirimkan perhiasan yang dipesan pelanggan dengan memanfaatkan jasa pengiriman seperti pos, Tiki, JNE dan selainnya. Pelanggan tinggal menunggu barang tersebut sampai di tangannya.

Cara Belanja Di Toko Perhiasan Online




Jika melihat definisi perhiasan dijual online di atas, tentu risiko penipuannya sangat besar. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati ketika ingin bertransaksi dengan sistem ini.

Di bawah akan dijelaskan beberapa cara belanja di toko perhiasan dunia maya yang menurut kami cukup aman dan menenangkan. Silakan diterapkan, ini dia tips dan cara yang dimaksud:


1. Lakukan Penilaian Terhadap Kualitas Penjual

Cara yang pertama adalah menilai kualitas penjual dengan detail. Simak dengan baik keseriusannya dalam mempromosikan perhiasan yang dijualnya. Dari sini akan terlihat dengan jelas, apakah si penjual amanah atau sebaliknya.

Yang termasuk ke dalam penilaian reputasi penjual perhiasan online adalah adanya komentar dan testimoni dari pembeli. Ini perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pembayaran kepada penjual.

Jika pembeli responsif dalam menjawab komentar serta ada banyak pujian (testimoni) dari pelanggan, berarti reputasi penjual tersebut memang baik. Tak hanya itu, cermati juga foto perhiasan yang di-publish di internet. Jika meragukan lebih baik pindah ke toko yang lain saja.

2. Lakukan Survey Harga Secara Menyeluruh

Jika Anda tertarik dengan satu produk perhiasan yang dijual secara online hanya karena fotonya cantik, maka cegahlah untuk membayarnya sebelum melakukan survei harga. Karena terkadang harga yang diberikan tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan produk yang dijual.

Kalau Anda merasa barang tersebut asli dan bermutu, silakan cari produk yang sama dengan kualitas setara di situs yang lain. Lihat harga di sana lalu jadikan perbandingan apakah banderol memang logis atau tidak.


3. Beli Perhiasan Di Lapak Online Resmi



Cara berbelanja di toko perhiasan online yang aman selanjutnya adalah membeli perhiasan di lapak atau toko online resmi. Di internet banyak platform semacam ini yang bisa dicoba. Di platform jual beli, pembeli tidak perlu takut akan ditipu oleh penjual. Karena biasanya ada opsi “Uang Kembali” termasuk penukaran barang, jika tidak sesuai dengan gambar atau rusak.

Justru sangat riskan jika berbelanja perhiasan pada situs yang tidak jelas. Apalagi domain yang digunakan gratisan, tentu risiko scam sangatlah besar. Terutama bagi Anda yang tidak paham dengan identitas toko perhiasan di internet yang terpercaya.

Bila masih kurang yakin Anda bisa membeli di situs galeri24.co.id. Galeri 24 merupakan bagian dari PT. Pegadaian yang menjadi unit bisnis resmi penjualan logam mulia Antam dan perhiasan lainnya. Galeri 24 menyediakan pembelian secara offline maupun online.

Sebagai bagian dari outlet Pegadaian, Galeri 24 melayani pembelian emas secara tunai, kredit, atau melalui program tabungan emas yang bisa dicicil. Namun, di sini tidak melayani jasa penitipan emas seperti halnya yang ada di Pegadaian. Tentunya, jika membeli emas batangan ataupun perhiasan, Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan yang ada di toko-toko emas.

Memilih situs pembelian emas yang benar-benar terpercaya dan merupakan representatif resmi dari toko emas adalah hal penting bagi pembeli. Galeri 24 menjamin keaslian produk seperti sertifikat asli dan sebagainya. Galeri 24 juga sering memberikan promo harga menarik kepada customer. Anda bisa lihat juga melalui instagram @galeri24.id. Jadi, jangan ragu membeli emas untuk kebutuhan ataupun investasi jangka panjang.

4. Periksa Ketentuan dan Syarat Jual Beli Sebelum Bertransaksi

Umumnya di setiap pedagang produk online memiliki ketentuan dan syarat jual beli yang diberlakukan. Ini semacam perjanjian awal sebelum transaksi dijalankan. Nah, bagi pembeli sendiri, alangkah baiknya menyimak ketentuan ini terlebih dahulu sebelum membayar.

Sistem ini tidak jauh berbeda dengan toko emas online. Bahkan ketentuan dan syaratnya jauh lebih ketat dibandingkan kios online yang lainnya. Sebab, harga produk yang diperjualbelikan bernilai mahal.

Tujuan Anda menyimak ketentuan dan syarat-syarat tersebut semata untuk mengetahui pola transaksinya seperti apa. Termasuk jika perhiasan yang dibeli rusak, pengiriman lambat, perhiasan tidak sesuai gambar dan selainnya.

5. Pilih Jenis Transaksi yang Bisa Bayar di Tempat

Saat ini, pembayaran untuk transaksi online tidak semata melalui sistem transfer via ATM. Tetapi juga sudah ada pola pembayaran bayar di tempat ketika barang sudah sampai.

Nah, jika ingin berbelanja perhiasan secara online, silakan gunakan sistem pembayaran semacam ini. Sehingga pembeli tidak perlu khawatir, uang hilang dan perhiasan tidak juga dikirimkan.

Selain itu, dengan pola pembayaran di tempat semacam ini, pembeli bisa mengecek terlebih dahulu perhiasan yang sudah dipesan. Apakah memang sesuai dengan gambar dan review atau tidak.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli cincin di internet, silakan terapkan cara berbelanja di toko perhiasan online di atas. Pastikan penerapannya dilakukan dengan sabar dan teliti serta tidak terburu-buru dalam bertransaksi.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥