©2019 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥

5 Cara Cerdas Membedakan Berlian Asli dan Palsu



Mungkinkah membedakan berlian asli dan palsu? Tanpa bantuan alat canggih gemologist, hal ini hampir mustahil. Satu-satunya petunjuk bagi Anda adalah melihat sertifikat berlian tersebut. Tapi sebenarnya, tergantung kadar si berlian palsu menurut skala Mohs, sebenarnya Anda bisa juga mendeteksinya melalui beberapa tes dan pengamatan sederhana.

Kemampuan ini bisa jadi berguna mengingat banyaknya barang palsu di luar sana. Daripada Anda atau rekan Anda terjebak bahaya penipuan berlian palsu, ada baiknya Anda mengenali beberapa cara cerdik di bawah ini.


1. Fog Test

Fog test merupakan cara menyenangkan untuk membuktikan keaslian berlian Anda. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sifat asli berlian asli. Jika berlian yang Anda beli mampu menyimpan atau menahan panas, maka bisa dipastikan berlian tersebut adalah palsu karena partikel berlian tidak bisa ditembus panas.

Begini cara melakukan fog test alias tes embun: embuskan napas ke arah berlian seperti sat Anda meniup cermin. Berlian imitasi yang akan berembun selama beberapa saat, sementara berlian asli akan mampu membuat embun menghilang sangat cepat. Berlian asli mampu menghasilkan konduktivitas panas dengan sangat baik.


2. Uji Gores

Berlian adalah batu permata yang paling keras. Bahkan dari semua material di alam, berlian adalah salah satu yang paling keras dan hampir mustahil untuk mengirisnya. Meskipun Anda memukulnya dengan keras, atau bahkan membantingnya, berliann tidak akan cepat cacat.

Namun, berbeda halnya dengan berlian imitasi. Berlian imitasi akan mudah tergores jika terbentur dengan benda lain, apalagi jika terbuat dari bahan yang lebih lunak.


3. Lihat Harga

Meski bisa dibuat oleh manusia di laboratorium, tetap saja berlian sangat sulit dibentuk dan membutuhkan proses yang tidak sebentar. Sebab itulah sampai saat ini harga berlian masih mahal. Nah, ciri-ciri yang paling mudah untuk mengetahui apakah berlian yang Anda beli adalah palsu atau tidak dengan melihat harganya.

Berlian imitasi memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding berlian asli. Jadi, jika ada berlian dengan ukuran yang besar dan memiliki tampilan yang sangat bersih tanpa ada cacat, tapidijual dengan harga yang sangat murah, Anda wajib meragukan keasliannya.


4. Lihat Kilauannya

Berlian asli memang berkilau, tapi berlian imitasi biasanya terlihat lebih menyilaukan sampai hampir tidak wajae. Beberapa di antaranya bahkan memiliki kilau dalam warna-warni pelangi.

Contohnya saja adalah Cubic Zirconia. Tiruan berlian paling sempurna ini apabila disandingkan dengan berlian asli, maka berlian tiruan ini akan memperlihatkan kilau yang lebih berwarna. Sementara, berlian asli hanya memancarkan warna putih terang.


5. Amati Apabila Terlalu Bersih

Berlian imitasi atau palsu seringkali terlihat lebih bersih dibanding berlian asli. Ini karena berlian tiruan memang didesain untuk tidak memiliki cacat, baik di bagian luar maupun bagian dalam batu. Lain halnya dengan batu berlian asli yang pasti memiliki cacat. Mengapa bisa memiliki cacat?

Karena berlian asli dibentuk di perut Bumi dengan panas dan tekanan yang tinggi. Bahkan meski di laboratorium pun, tekanannya hampir tak bisa dicampuri oleh tangan manusia. Proses pembentukan inilah yang membuat berlian memiliki “tanda lahir” berupa cacat di bagian dalam (inclusion/ inklusi) dan cacat di bagian permukaan.

Nah, itu dia 5 trik yang boleh Anda coba untuk mendeteksi berlian palsu.

Tapi paling amannya, agar Anda memiliki berlian yang benar-benar asli di tangan, selalu belanja batu mulia di tempat terpercaya. Seperti Galeri 24 yang melayani penjualan baik di toko Online maupun Offline. Harganya bersaing, kualitasnya pun terjamin.

Anda juga bisa menemukan ragam perhiasan yang sesuai dengan selera Anda di Galeri 24. Cek katalognya hanya di galeri24.co.id.







10 views