5 Faktor Penyebab Emas Anda Dibeli Murah Oleh Toko Perhiasan

Kalau ditanya investasi apa yang mudah dicairkan, tentu jawabannya adalah emas. Emas tergolong aset liquid yang gampang dijual dan dikonversikan menjadi uang tunai. Kemudahan ini membuat banyak orang berbondong-bondong memburu emas. Namun, sayangnya pada saat semangat menabung emas, produk ini malah dijual atau dibeli dengan harga murah oleh toko perhiasan atau gerai resmi lain penjualan emas. Apa penyebab emas Anda dibeli murah oleh toko perhiasan?


Baik emas batangan maupun perhiasan sama-sama memiliki nilai jualnya sendiri. Emas batangan tentunya mengikuti faktor harga jual emas semisal dari yang ditetapkan PT. Aneka Tambang (Antam). Sementara, perhiasan emas harga jualnya mengikuti kadar dan kandungan serta kondisi perhiasan tersebut. Maka, bila Anda ingin berinvestasi emas, sebaiknya ketahui penyebab harga emas anjlok atau murah. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab emas Anda dibeli murah oleh toko perhiasan.


- Emas Dijual dengan Kadar Rendah

Emas dengan kadar rendah biasanya dikenal dengan istilah emas muda. Sekarang ini banyak sekali produsen yang membuat emas dengan kadar rendah berkisar 35%. Jika Anda ingin menjual kembali emas dengan kadar rendah, harganya pasti juga sangat rendah. Oleh karenanya, emas dengan kadar rendah kurang tepat dijadikan objek investasi. Emas ini lebih cenderung cocok sebagai pelengkap penampilan saja.


- Emas Patah

Harga emas baik perhiasan emas atau emas batangan bisa turun jika Anda menjualnya dalam keadaan patah. Hal ini tentu sangat merugikan Anda. Sangat mungkin toko emas akan membeli perhiasan tersebut dengan harga rendah karena beralasan ada biaya lebih untuk memperbaiki emas. Jadi, jangan kaget bila harga perhiasan Anda bisa lebih rendah dari perkiraan harga pasaran.


- Jual Emas Terburu-Buru

Seperti diketahui, emas merupakan jenis investasi yang nilai pertambahan cukup lambat. Jadi, membeli emas hari ini dan langsung dijual esok hari, maka harga yang Anda dapat bisa lebih rendah. Sebabnya, toko emas akan menetapkan potongan harga untuk setiap gram emas yang Anda jual. Maka dari itu, sebaiknya tidak menjual emas yang baru dibeli bila memang Anda tidak dalam keadaan mendesak.


- Tidak Memiliki Surat atau Sertifikat

Umumnya, kelengakapan surat atau sertifikat akan mempengaruhi nilai jual emas tersebut. Jika Anda tidak memiliki surat pembelian atau emas batangan Anda tidak memiliki sertifikat maka kemungkinan harga jualnya sangat rendah. Terlebih untuk emas batangan, tanpa sertifikat Anda justru bisa dicurigai oleh toko emas karena dianggap memiliki emas hasil curian.


Sertifikat emas batangan sendiri akan memuat penjelasan tentang berat, ukuran, kadar, dan nomor ID. Hal tersebut tentu akan menjamin investasi emas batangan supaya saat melakukan jual-beli, emas batangan tetap memiliki nilai terbaik.


- Perhiasan Terlalu Banyak Permata

Harga saat Anda membeli dan menjual perhiasan emas sudah pasti berbeda.

Ketika Anda membeli perhiasan emas yang memiliki batu permata, maka batu permata tersebut dihitung sebagai bagian dari bobot emas. Tetapi, sebaliknya saat Anda akan menjual perhiasan emas tersebut, toko emas tidak akan menghitung batu permata sebagai bagian dari bobot perhiasan. Oleh karenanya, semakin banyak permata pada perhiasan Anda, maka semakin rendah harga jualnya.


Tips Untung Investasi Emas

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan supaya berinvestasi emas lebih mudah dan menguntungkan. Diharapkan selama berinvestasi emas, Anda bisa mendapatkan selisih harga yang menguntungkan.


Berikut cara mudah dan menguntungkan berinvestasi emas.


1. Tentukan Tujuan Investasi

Apa tujuan Anda berinvestasi emas? Ingin mendapat keuntungan cepat atau sebagai investasi jangka panjang? Maka sebaiknya, Anda lebih dulu menentukan tujuan awal dari rencana investasi ini. Perlu diketahui, bahwa investasi emas adalah investasi jangka panjang. Keuntungannya baru bisa dirasakan selama waktu 5 tahun ke atas. Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan tujuan investasi ini agar apa yang sudah diinvestasikan tidak sia-sia.


2. Pantau Selalu Harga Emas

Cara mudah dan menguntungkan berinvestasi emas adalah selalu memantau pergerakan harga emas di pasaran. Anda bisa mempelajari pergerakan emas sebagaimana tren kenaikan atau penurunan harga. Misalnya, harga emas hari ini berkisar Rp 900.000, maka lihat grafik harga di hari-hari sebelumnya. Jika terus mengalami kenaikan harga, tidak ada salah kalau Anda membeli emas saat itu juga. Berinvestasi emas yang menguntungkan adalah mampu membeli emas di saat harga murah dan menjualnya ketika harga tinggi. Hal ini hanya sebagai pengetahuan untuk menentukan waktu terbaik kapan harus membeli emas.


3. Merawat Perhiasan Emas

Supaya perhiasan dengan kadar emas muda yang dimiliki senantiasa berkilau dan bikin nilai tetap bagus, Anda wajib merawatnya. Salah satunya dengan detergen dan soda. Bagaimana caranya? Campur kedua bahan ini pada suatu wadah dan diaduk rata. Baru kemudian masukkan perhiasan emas muda ke dalam cairan tersebut.


Biarkan selama 10-20 menit sebelum akhirnya angkat kembali perhiasan tersebut dan gunakan sikat dengan bulu lembut, agar cepat kering dan bersih. Sebelum disimpan kembali, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih serta dikeringkan dengan kain lembut agar tidak menggores permukaan emas muda, terutama jika menggunakan lapisan rhodium pada emas putih.


Cara lain merawat perhiasan emas supaya tidak dibeli murah oleh toko emas adalah dengan cairan alkohol. Yap, Anda bisa membersihkan liontin-liontin emas, gelang bahkan cincin yang terkena noda lemak atau lilin secara mudah menggunakan alkohol. Sebagai senyawa kimia, Anda harus merendam perhiasan dalam waktu singkat saja, sebelum akhirnya diangkat, dibilas dan dikeringkan.




6,841 views0 comments