• Galeri24

5 Mahkota Emas Paling Populer di Kerajaan Silla

Kalau bicara mengenai mahkota emas, tentu identik dengan para bangsawan setingkat raja dan ratu di kerajaan-kerajaan kuno. Emas memang sudah jadi rahasia menjadi simbol kekayaan dan keagungan yang membuat para petinggi kerajaan menggunakannya. Seperti yang menjadi tradisi dalam kerajaan Silla.


Bagi Anda yang begitu tertarik dengan sejarah Korea, nama kerajaan Silla tentu bukan hal asing. Dalam salah satu periode sejarah Korea, ada masa Tiga Kerajaan Korea yang menguasai kawasan Korea saat itu yakni Baekje, Goguryeo (yang kemudian menjadi Goryeo, nama modern Korea) dan Silla. Ketiga kerajaan besar ini menduduki kawasan Semenanjung Korea.


Dianggap sebagai salah satu kerajaan terkuat, Silla bahkan berkuasa di Korea selama lebih dari 850 tahun lamanya sebelum akhirnya terpecah-pecah dan takluk di bawah kekuasaan Dinasti Goryeo. Kini Silla memang cuma menjadi sejarah, tetapi peninggalannya begitu membuat orang terpukau, termasuk mahkota-mahkota emas yang dipakai raja dan ratunya.


Digali di kawasan Gyeongju yang merupakan ibukota kerajaan kuno Silla, mahkota-mahkota emas yang ditemukan membuktikan bahwa pengrajin emas Silla punya pengetahuan tingkat lanjut dalam pengerjaan emas. Bahkan bisa dibilang cukup canggih yang membuat mahkota kerajaan Silla berbeda dengan mirip Baekje atau Goryeo sekalipun.


5 Mahkota Emas Paling Populer Peninggalan Kerajaan Silla


1. Mahkota Emas Geumgwanchong

Inilah mahkota terbesar peninggalan Silla yang terbuat dari emas yang pernah ditemukan. Ditetapkan sebagai Harta Nasional Korea ke-87 pada 12 Desember 1962, mahkota ini punya tinggi hingga 44 cm dan diameter 19 cm. Mahkota Geumgwanchong terdiri dari dua bagian yakni bagian luar dan dalam.


Bagian luar yang ditemukan di dalam kompleks makam kerajaan ini berbentuk bak tiga ranting bercabang yang masing-masing bercabang tiga pula. Sementara bagian dalam mahkota yang ditemukan di luar makam punya bentuk seperti dua tanduk rusa di sisi kanan dan kiri. Ada bagian menjuntai dari mahkota yang merupakan dua rantai emas berhias giok.


2. Mahkota Emas Cheonmachong

Tersimpan nyaman di Museum Nasional Gyeongju, mahkota Cheonmachong ini ditetapkan sebagai Harta Nasional Korea ke-188 pada 7 Desember 1978. Mahkota yang diyakini milik Raja Soji atau Raja Jijeung ini memiliki tinggi 32.5 cm. Mahkota bersepuh emas ini juga punya dua rantai dengan bentuk daun menggantung dan bagian mirip tanduk rusa.


3. Mahkota Emas Hwangnamdaechong

Berada di Museum Nasional Korea, mahkota Hwangnamdaechong terpilih sebagai Harta Nasional Korea ke-191 pada 12 Desember 1978. Punya tinggi 27.5 cm, yang unik dari mahkota ini adalah memiliki Suhasik dengan panjang 13-30.3 cm yang merupakan rantai dan liontin emas yang menjuntai.


4. Mahkota Emas Geumnyeongchong

Geumnyeongchong adalah mahkota paling kecil dan sederhana milik Silla karena bahkan terbuat dari emas saja, tanpa hiasan giok. Harta Nasional Korea ke-338 ini tersimpan di Museum Nasional Korea. Punya tinggi 27 cm dan diameter 15 cm, mahkota Geumnyeongchong juga punya bagian menjuntai, sementara ada lima tanduk menjulang di sekeliling mahkota.

5. Mahkota Emas Seobongchong Tumulus


Harta Nasional Korea ke-339 ini sekarang sudah tersimpan di Museum Nasional Gyeongju. Dengan tinggi 30.7 cm dan diameter 18.4 cm, mahkota Seobongchong Tumulus ini memiliki lima cabang tanduk di sekeliling mahkota yang dihiasi dengan bentuk daun serta giok. Juntaian mahkota Seobongchong Tumulus ini menyerupai anting-anting panjang mewah.

Bagaimana? Sungguh luar biasa sekali kan mahkota-mahkota emas peninggalan kerajaan Silla ini? Tentu saja ini membuktikan kalau emas memang sudah lazim dipakai oleh kalangan bangsawan sejak masa kuno, untuk menunjukkan statusnya.


Beli Perhiasan Emas di Galeri 24

Mau beli aksesoris perhiasan untuk momen spesial seperti hari ulang tahun atau lainnya cukup mudah sekarang. Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas dan perhiasan menarik. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor serta perhiasan cantik untuk keperluan investasi jangka panjang ataupun hadiah.


Galeri 24 menjual perhiasan emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.


130 views0 comments