5 Masalah Umum Perhiasan dan Cara Mengatasinya


Ada saja masalah pada perhiasan yang sudah dibeli. Apalagi, jika kita mengenakannya terus menerus dan agak serampangan saat menyimpannya. Daripada kebingungan dan langsung berpikir untuk membeli baru, yuk baca beberapa tips untuk mengembalikan masalah perhiasan ini seperti semula.


Masalah Umum Perhiasan #1: Alergi Pada Logam Tertentu

Yang ini cukup umum, tapi jarang ada yang menyadarinya. Ketika Anda mengenakan perhiasan, daerah kulit yang terkena perhiasan terasa gatal-gatal. Tak jarang pula sampai menyisakan bekas memerah iritasi.

Apakah ini berarti Anda harus meyerah menggunakan perhiasan? Tidak juga. Kuncinya, pilihlah perhiasan dengan logam yang bersifat hypoallergenic seperti sterling silver atau platinum. Penjaga toko akan dengan senang hati memilihkannya untuk Anda.


Masalah Umum Perhiasan #2: Perhiasan Perak Mulai Menghitam

Gejala perhiasan perak mulai menghitam umum terjadi pada perhiasan perak yang mengandung konsentrasi tembaga tinggi dalam pencampurannya. Agar ini tidak terjadi, Anda harus rajin-rajin membersihkannya dan menjauhkannya dari gempuran suhu ekstrim. Sering-seringlah melepasnya saat tidak dipakai, dan simpan dengan dibungkus kain lembut.

Jika noda hitam sudah mulai menyebar, ada baiknya Anda memeriksakannya ke toko perhiasan tempat Anda membeli.


Masalah Umum Perhiasan #3: Batu Permata atau Berlian Perhiasan Mulai Retak

Meski keras, berlian atau permata juga bisa retak, lho. Ini bisa terjadi karena benturan keras, suhu ekstrim, atau gesekan berlebih yang mengakibatkan struktur batu perhiasan berubah. Maka, Anda harus rajin-rajin mengenali. Jika ada goresan atau garis yang sebelumnya tidak ada, segera periksakan ke pengrajin perhiasan untuk melalui cutting ulang.


Masalah Umum Perhiasan #4: Rantai Kalung Menjadi Kusut

Rantai kalung yang kusut biasa terjadi karena penyimpanan yang kurang rapi. Dan memaksa menarik-narik rantai perhiasan bisa jadi malah membuatnya patah. Solusinya? Taburkan saja beda bayi di bagian yang kusut, kemudian lepaskan pelan-pelan. Partikel lembut bedak akan membuat jalinan rantai kalung melicin. Hanya saja, ingatlah untuk tidak menaburkan terlalu banyak bedak karena bisa membuat tangan semakin licin.


Masalah Umum Perhiasan #5: Batu Perhiasan Mulai Longgar dari Rangkanya

Idealnya, Anda sebaiknya melepas perhiasan ketika akan melakukan aktivitas-aktivitas berat. Karena, guncangan atau gesekan bisa membuat batu perhiasan goyah di rangkanya. Begitu juga kontak dengan air terus-terusan.

Periksalah perhiasan Anda secara berkala, dan deteksi dini ketika batu perhiasan mulai goyang di rangkanya. Jika sudah begitu, jangan mencoba memperbaikinya sendiri dengan menekuk-nekuk logam perhiasan karena bisa membuatnya semakin parah. Bawalah ke pengrajin perhiasan atau toko emas, dan mereka akan dengan senang hati membetulkannya. Bahkan, beberapa toko tempat Anda membeli menyediakan garansi perbaikan seumur hidup!

Nah, bagaimana? Sudah tidak risau lagi jika perhiasan emas Anda mulai bermasalah, bukan?

Perhiasan emas dan batu mulia adalah investasi yang berharga. Selain bisa menaikkan pretis, Anda bisa menjual ulangnya kapan saja dengan nilai yang akan selalu naik per tahunnya. Sebab itu, investasi perhiasan emas selalu diminati baik oleh pria maupun wanita, kaum muda maupun tua.

Tapi ingat, selalu beli perhiasan emas Anda di tempat yang sudah pasti menerbitkan sertifikat legal. Galeri24 contohnya, outlet terkemuka yang menyediakan beragam jenis emas dan batu mulia, logam antam serta UBS. Anda bisa mengakses katalog atau mencari tahu lokasi gerai-gerainya di galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥