• Galeri24

5 Syarat Tunangan, Nomor 1 Wajib Ada!

Setiap pasangan tentu menginginkan hubungannya akan berakhir hingga pelaminan. Perjalanan menuju tahap tersebut boleh jadi berbeda-beda, salah satunya adalah dengan cara bertunangan terlebih dahulu. Tunangan memang jadi prosesi tersendiri yang dilakukan dua insan sebelum sampai tahap pernikahan.


Apa itu Tunangan?

Tunangan merupakan serangkaian proses untuk mengikat janji setia hingga menuju ke jenjang pernikahan. Tunangan lebih kepada kesepakatan untuk menjadi suami istri. Proses tersebut pun berbeda dengan lamaran. lamar atau melamar merupakan proses sakral untuk meminta atau meminang seseorang untuk menjadi pengantinnya. Dalam agama dan budaya masyarakat Indonesia, proses lamaran lebih kuat perihal kesepakatan dari laki-laki yang kelak menjadikan seorang perempuan sebagai calon istri.


Meskipun sedikit berbeda arti, akan tetapi kegiatan pertunangan boleh saja dilakukan oleh setiap pasangan. Nah, bagi yang ingin melangsungkan pertunangan, berikut ada beberapa syarat yang wajib diketahui.

  1. Punya Pasangan Syarat pertunangan pertama adalah memiliki pasangan. Bagi laki-laki maupun perempuan wajib memiliki calon pasangan masing-masing. Kalian boleh mencari dimanapun, yang terpenting sama-sama saling mencintai dan memiliki tujuan serius. Jangan sampai sudah berniat dan menyiapkan semuanya, tapi anda bingung ingin bertunangan dengan siapa. Oleh karenanya, ini syarat pertama tunangan yang wajib dimiliki, ya.

  2. Status Sama-Sama Lajang Syarat wajib kedua pertunangan adalah sama-sama dalam status lajang. Yup, syarat ini tentunya berlaku mutlak bagi pihak laki-laki maupun perempuan. Jangan sampai anda berkomitmen dengan orang yang telah berkeluarga. Di samping itu, jika salah satu di antara kedua pihak pernah menikah, maka pastikan statusnya telah resmi single. Mereka yang telah sah berstatus janda atau duda, diperbolehkan melangsungkan pertunangan dengan pasangan barunya, ya.

  3. Disaksikan Keluarga Inti Pada umumnya, proses tunangan dilangsungkan dengan menghadirkan keluarga dari kedua belah pihak. Anda bisa menghadirkan keluarga inti, seperti orang tua, saudara kandung, kakek dan nenek, paman, bibi, serta saudara dekat lain. Keluarga inti nantinya menjadi saksi atas keseriusan anda dan pasangan untuk menuju ke tahap pernikahan.

  4. Membawa Seserahan Membawa seserahan untuk diberikan kepada pasangan saat tunangan sangat diperbolehkan. Umumnya, seserahan dibawa pada proses lamaran. Namun begitu, tidak ada salahnya bila anda membawa seserahan agar pihak laki-laki tidak perlu membawa lagi seserahan saat pernikahan.

  5. Cincin Tunangan Syarat wajib terakhir dalam proses pertunangan adalah membawa cincin. Acara pertunangan selalu identik dengan tukar cincin antara kedua pasangan. Makna tukar cincin sendiri dianggap sebagai bentuk ikatan atau komitmen antara kedua pasangan ke pernikahan. Jadi, jangan sampai anda tidak membawa cincin saat ke rumah calon tunangan.

Tips Pilih Cincin Tunangan

  • Tentukan Budget

Sebelum membeli cincin tunangan, sebaiknya Anda menghitung ulang budget yang Anda miliki. Besarnya budget atau dana akan menentukan cincin seperti apa yang akan Anda dapatkan. Jika memang budget yang dipersiapkan tidak terlalu besar, maka Anda tidak perlu memaksakan membeli cincin tunangan yang mewah. Ingat, terpenting dalam proses tunangan adalah keseriusan dan komitmen Anda kepada pasangan. Cincin yang dibeli dengan hasil keringat dan perjuangan Anda sendiri tentu sangat bernilai di mata pasangan Anda.


  • Tentukan Band yang Tepat

Menentukan bentuk Band sangat penting sebelum membeli sebuah cincin pertunangan. Band sendiri bagian cincin yang biasanya terbuat dari emas, perak atau platinum. Bagian cincin ini melingkar pada jari tangan. Jadi pastikan bentuk band yang dipilih sudah tepat agar pasangan Anda tidak kecewa.

  • Ukur Lingkar Jari Pasangan

Tips selanjutnya sebelum memilih cincin adalah mengetahui lingkar jari pasangan. Coba bayangkan jika Anda sudah membeli cincin mewah dengan harga mahal tapi tidak cocok dengan lingkar jari pasangan. Sudah pasti sangat kecewa. Tentu, ada cara untuk mengetahui ukuran lingkar jari pasangan.


Pertama, Anda bisa bertanya langsung dengan pasangan atau membelinya bersama-sama, Kedua, kalau Anda ingin memberinya kejutan, coba tanyakan ukuran lingkar jari kepada orang tua atau saudaranya. Mereka bisa memberikan informasi atau contoh cincin yang muat di jari pasangan Anda. Setelah itu, baru Anda pilih cincinnya sendiri dan buat dia kejutan.

Agar hari tunangan Anda semakin sempurna, pilihlah perhiasan yang sudah dikurasi dari koleksi terbaik oleh Galeri24, anak perusahaan PT.Pegadaian. Anda bisa langsung mengunjungi gerainya yang tersebar di 50 kota di sepenjuru nusantara, atau melihat-lihat katalog cantiknya di galeri24.co.id. Juga, Galeri24 menjual logam mulia untuk keperluan investasi dengan merek Antam dan UBS. Sudah terverifikasi OJK, lho!

60 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥