©2019 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥

5 Tujuan Lain Investasi Selain Mengejar Keuntungan

Ada alasan mengapa investasi bukan hanya cara berbisns kini, melainkan gaya hidup. Beberapa orang bahkan mengklaimnya sebagai kebutuhan. Rupanya, kegiatan berinvestasi memiliki dimensi lain yang membuatnya punya banyak tujuan lain selain mengejar keuntungan. Apa saja?



1. Menjaga Harta Anda dari Inflasi

Pertumbuhan inflasi rupiah cukup mengkhawatirkan. Jika Anda tidak bersiap menghadapinya, harta yang Anda tabung mentah-mentah bisa kehilangan nilainya dalam beberapa tahun. Nah, berinvestasi bisa membuat Anda menghindari tekanan inflasi yang tiap tahun terjadi. Caranya? Dengan membuat uang Anda bertumbuh.

Untuk membuat nilai uang Anda bertumbuh sepanjang waktu, uang tersebut harus meraup tingkat suku bunga yang cukup setelah dipotong pajak yang tentunya lebih tinggi dari tingkat inflasi. Sayangnya, rata-rata tingkat suku bunga tabungan terbilang rendah dan sulit. Jadi, mengapa tidak berinvestasi?


2. Perencanaan Hari Besar

Ada momen-momen dalam hidup di mana Anda butuh merencanakan hari-hari besar dan spesial. Menyelenggarakan pernikahan? Hari jadi pernikahan? Atau bahkan bekal naik haji? Hal-hal tersebut membutuhkan banyak uang untuk menyelenggarakannya, sehingga Anda pun terpikir untuk menabung.

Dan bila Anda memutuskan untuk menabung dari sekarang untuk 5 tahun ke depan, misalnya, boleh saja Anda kehilangan 15% nilai uang Anda dan malah membuatnya semakin sulit terkumpul. Karena nilai uang akan semakin turun. Sebaliknya, dengan berinvestasi sedini mungkin dari sekarang, ada compounding effect yang akan mendongkrak nilai uang Anda ke depannya.

Uang Anda akan jadi selalu tumbuh. Dan bila keuntungan yang didapat diinvestasikan kembali, Anda bisa membuat bunga keuntungan kembali menghasilkan bunga keuntungan sehingga keuntungan investasi Anda pun semakin berlipat-lipat.


3. Biaya Pendidikan

Baik untuk diri sendiri maupun keturunan, pendidikan selalu merupakan investasi yang berharga. Beberapa perusahaan bahkan mewajibkan karyawannya mempunyai jenjang pendidikan tertentu untuk memperoleh promosi jabatan.

Nah, hal ini tidak boleh luput dari perencanaan finansial Anda dari sekarang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pendidikan tidak pernah murah.

Maka dari itu, pertimbangkan untuk berinvestasi demi membantu Anda mempersiapkan biaya pendidikan mulai dari sekarang. Perlahan tapi pasti bila Anda rutin berinvestasi, manfaat investasi akan membawa buah manis yang tidak Anda sangka-sangka.


4. Mencapai Financial Freedom

Mungkinkah kita mencapai financial freedom? Mungkin saja. Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, Anda telah memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhan untuk hidup tanpa harus aktif bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Jika Anda telah mencapai financial freedom, aset yang Anda miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidup Anda. Dengan kata lain, Anda bsia hidup sesuka Anda tanpa banyak waswas.

Nah, investasi bisa menjadi batu loncatan yang menyenangkan untuk mencapai hal itu. Apalagi bila Anda berhasil mendapatkan penghasilan pasif yang memiliki jangka panjang hingga hari tua.

Jadi, apa lagi yang menghalangi Anda mulai berinvestasi sedini mungkin?

Salah satu instrumen investasi yang akan menguntungkan jangka panjang untuk Anda adalah berinvestasi emas. Triknya, Anda pastikan untuk memilih mitra niaga terpercaya demi bisa memperoleh emas dengan kadar karat yang pasti kredibel.

Galeri 24 bisa melayani kebutuhan ini. Menjual ragam batu mulia, emas antam dan UBS, juga perhiasan-perhiasan yang katalognya selalu mengikuti tren dan selera masyarakat, Anda bisa mendapati gerai Galeri 24 di lebih dari 50 kata di seluruh Indonesia. Atau, cek websitenya di galeri24.co.id

4 views