Agar Perhiasan Emas Kembali Berkilau, Bersihkan Dengan Cara Berikut


Perhiasan emas adalah jenis investasi yang unik dan menyenangkan. Anda bisa menyimpannya sekaligus menunggu harganya naik, dan juga bisa memakainya untuk mempercantik diri. Sayangnya, penggunaan yang sering juga akan membuat perhiasan emas lama-lama kusam dan tampak pudar. Adakah cara untuk mengembalikan kilaunya?


Kabar baiknya, rupanya Anda bisa mengembalikan kembali kilau emas. Tanpa perlu keluar rumah atau merogoh kocek dalam-dalam, bahkan. Yang perlu Anda lakukan hanya menyiapkan sedikit peralatan bersih-bersih sederhana dan meluangkan waktu. Apa saja? Mari, ikuti paparan cara membersihkan perhiasan emas berikut:


1. Siapkan Bahan-Bahan untuk Membuat Larutan Pembersih

Larutan ajaib untuk mengembalikan keindahan emas ini sebenarnya sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan mangkuk, lalu teteskan sedikit sabun cuci piring atau deterjen cair. Lalu, tuang air soda bebas sodium. Sifat soda dikenal bisa membantu melonggarkan debu dan kotoran yang terlanjur menempel lama pada perhiasan. Tapi jika tidak ada, air hangat suam-suam kuku pun cukup.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan air panas, terutama jika perhiasan Anda mengandung batu mulia. Suhu teramat tinggi bisa membuat permata cepat retak atau rapuh. Air dingin juga ditengarai bisa membuat kotoran semakin membandel. Sehingga, air hangat adalah kompromi yang paling tepat.


2. Rendam Perhiasan Anda dalam Larutan Pembersih

Setelah mengaduk-aduk cairan hingga tercampur sempurna, masukkan perhiasan Anda. Lalu, rendam dan biarkan selama 15-30 menit. Ini untuk membuat kotoran dan debu yang keburu membandel di sela-sela perhiasan mengelupas dengan sendirinya. Dan selama menunggu, Anda bisa mengambil sikat berbulu halus atau melakukan kegiatan lain. Jangan terlalu lama, karena perendaman berlebihan juga bisa membuat emas bereaksi dan melonggar.


3. Gosok-Gosok Lembut dengan Sikat Halus

Menggosok perhiasan tidak boleh dengan sikat yang terlalu kasar. Karena, jalinan perhiasan bisa lepas. Pun diketahui, proses penyikatan yang terlalu bersemangat bisa mengikis emas di badan perhiasan. Hasilnya? Bisa-bisa, perhiasan Anda berakhir jadi lebih kusam dari sebelumnya.

Bukan jarang pula, bebatuan di badan perhiasan jadi lepas karena Anda tak sengaja menggoyang logam penyokongnya. Dan bila sudah demikian, Anda jadi harus keluar biaya ekstra untuk memperbaikinya ke pengrajin emas terdekat.

Jadi, jangan gunakan sikat berbulu kaku. Dan berhati-hatilah. Jika Anda masih khawatir, gunakanlah kuas lukis yang tidak terpakai untuk meminimalisir risiko.


4. Bilas Baik-Baik

Jika Anda membilasnya di wastafel, pastikan katup bawah sudah ditutup agar ketika jatuh, perhiasan tidak ikut hanyut bersama air yang mengalir. Jangan pula mencuci perhiasan di bawah keran yang dinyalakan terlalu besar karena kekuatan air bisa merusak batu mulia pada perhiasan Anda. Juga, gunakan air bersuhu netral atau hangat.

Periksa baik-baik, dan bilas hingga sisa-sisa sabun benar-benar terangkat. Karena, bekas sabun yang tersisa juga bisa menjadi sumber kusam baru bila Anda tak teliti membilasnya.


5. Keringkan dan Biarkan di Handuk Lembut

Gelar handuk kering di meja, lalu letakkan perhiasan Anda di sana. Biarkan hingga kering. Tempat menjemur itu sebaiknya jangan sampai terkena sinar matahari langsung, karena terlalu lama terekspos sinar matahari yang intens bisa membuat kusam warna emas.

Juga, bersabarlah untuk tidak segera memakainya kembali sampai benar-benar kering. Sisa basah bisa saja mengendap di kulit Anda, yang lalu berkembang menjadi jamur atau iritasi ringan. Ingat, kesabaran adalah kunci dari mendapatkan kembali warna emas perhiasan Anda.

Nah, bagaimana? Sudah tidak risau lagi jika perhiasan emas Anda mulai kotor, bukan?

Perhiasan emas adalah investasi yang berharga. Selain bisa menaikkan prestis, Anda bisa menjual ulang kapan saja dengan nilai yang akan selalu naik per tahunnya. Sebab itu, investasi perhiasan emas selalu diminati baik oleh pria maupun wanita, kaum muda maupun tua.

Tapi ingat, selalu beli perhiasan emas Anda di tempat yang sudah pasti menerbitkan sertifikat legal. Galeri24 contohnya, outlet terkemuka yang menyediakan beragam jenis emas dan batu mulia, logam Antam serta UBS. Anda bisa mengakses katalog atau mencari tahu lokasi gerai-gerainya di galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥