Alternatif Batu Permata untuk Cincin Tunangan Selain Berlian

Berlian adalah pilihan nomor satu bagi sebagian besar pasangan yang akan membeli cincin pertunangan. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki personaliti kuat, berlian mungkin saja tidak cocok. Atau mungkin pasangan Anda kurang menyukai kesan royal pada berlian. Kalau sudah begitu, harus bagaimana?


Cincin Tunangan Tidak Harus Berlian

Kabar baiknya, cincin tunangan tidak harus menggunakan berlian meski sebagian besar orang menggunakannya. Keluarga Kerajaan Inggris bahkan menggunakan batu permata lain; sebuah pilihan yang inkonvensional, tapi cocok.

Duchess Of Cambridge alias Kate Middleton misalnya, mendapatkan cincin tunangan berbatu safir besar yang sewarna dengan matanya: biru. Pangeran William mendapatkan cincin ini dari mendiang sang ibu, Princess Diana. Diketahui, Sarah, Duchess of York, juga menggunakan batu ruby untuk pertunangannya.

Jadi meskipun bukan berlian, mengapa tidak? Pada kesempatan kali ini, mari kita simak jenis-jenis batu permata lain yang mungkin pas untuk kepribadian Anda atau pasangan Anda.


Batu Cincin Tunangan #1 Cubic Zirconia

Didapuk sebagai pengganti berlian nomor satu, cubic zirconia dapat memancarkan kilau setara berlian walau Anda hanya perlu membayar hampir sepersepuluhnya. Kilaunya bening dan terang, hampir seperti berlian asli. Jadi jika Anda hanya punya budget terbatas tapi menginginkan cincin berlian yang lebih berkesan delicate, yang satu ini sangat bisa dipilih.

Kekurangan cubic zirconia hanyalah satu, yaitu cukup mudah tergores atau retak. Untuk menyiasatinya, pilihlah cincin dengan setting “berpelindung” seperti chanel atau bezel. Perhatikan pula cut atau potongannya, karena kedalaman yang kurang atau tidak pas akan membuat cubic zirconia kurang berkilau.


Batu Cincin Tunangan #2 Moissanite

Banyak perdebatan di antara para ahli tentang moissanite. Keberadaannya di alam cenderung langka, karena bahannya adalah silikon karbida alih-alih karbon murni berlian. Susunan molekulnya lebih rumit daripada berlian. Selain itu, pancaran kilaunya pun tidak kalah, sehingga banyak yang berpendapat mossanite seharusnya lebih berharga dari berlian.

Memang, dari segi kilau, moissanite bisa menyaingi berlian. Satu-satunya kekurangan hanyalah tingkat kekerasannya sedikit di bawah berlian, jadi bila ketahanan bukanlah prioritas nomor satu Anda, moissanite sangat bisa dipilih sebagai alternatif.


Batu Cincin Tunangan #3 Ruby

Menilik dari tingkat kekerasan, ruby hanya setingkat di bawah moissanite atau berlian. Kecantikannya pun tidak kalah. Dengan warna merah manyala dengan varian gradasi merah muda hingga hitam kemerahan pekat, rubi banyak disukai dan menjadi pilihan bagi wanita-wanita dengan karakter pendobrak.

Ruby juga jauh dari kata murahan. Salah satu variannya, “Dove’s Blood”, sukses terjual di pelelangan dengan harga super fantastis baru-baru ini.


Batu Cincin Tunangan #4 Safir

Safir (sapphire) adalah salah satu korundrum yang kebetulan berwarna biru. Kilaunya adem dan cantik, cocok untuk perempuan dengan karakter teduh dan menenangkan. Batu safir dengan potongan persegi lebih mahal daripada pir atau oval, yang jarang dibuat karena bentuk kristal safir yang sedikit prismatic.


Batu Cincin Tunangan #5 Opal

Batuan yang satu ini sedikit unik. Kilapnya tidak menyilaukan, tapi konstan, dengan efek watery yang sedikit mistis. Sejatinya, opal seperti batu berupa air yang dibekukan bersama silika. Hasilnya adalah semacam kaca dengan taburan warna-warna cerah yang membanjir secara acak di semua sisi batuan satu ini.

Paling mahal adalah jenis cat’s eye opal, jenis opal yang seperti membentuk mata kucing di bagian tengahnya. Atau jenis opal hitam yang memiliki efek pelangi ketika diterpa cahaya matahari. Bagi Anda yang memiliki personaliti unik, opal benar-benar pilihan cincin tunangan yang lebih pas bagi Anda alih-alih berlian.

Pilihan-pilihan selain berlian menarik, bukan?

Jika Anda berminat, segeralah datang ke toko perhiasan kepercayaan Anda. Kami sarankan, pilihlah toko dengan legalitas yang jelas. Toko-toko semacam ini menyertakan sertifikat yang menyatakan spesifikasi, tipe, dan informasi-informasi mengenai perhiasan yang Anda beli.

Salah satunya adalah Galeri24 yang menyediakan cincin tunangan serta perhiasan emas dan berlian lainnya. Tidak hanya itu, Galeri24 yang merupakan anak perusahaan PT.Pegadaian ini juga menyediakan logam mulia untuk keperluan investasi Anda.

Segera kunjungi gerai Galeri24 di berbagai tempat di kota Anda, atau di beberapa cabang Pegadaian terdekat. Atau, Anda juga bisa membeli emas melalui online di website resmi www.galeri24.co.id

58 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥