Apa Benar Ada Berlian 30 Karat di Indonesia?

Berlian atau intan merupakan benda mewah yang sering dikemas dalam sebuah perhiasan. Berlian memiliki kandungan mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Berlian termasuk batu permata istimewa dengan harga jual super fantastis. Belakangan ini batu berlian justru ramai diperbincangkan karena konon seorang selebritis Indonesia memiliki berlian berukuran 30 karat. Dia menyebut harga berlian tersebut mencapai miliaran rupiah. Lalu, seperti apa sebenarnya berlian 30 karat itu?


Terlepas dari pro dan kontra berlian 30 karat yang dimiliki selebritis tersebut, nilai sebuah berlian sebetulnya tak hanya ditentukan oleh karatnya, tetapi masih ada faktor lain. Faktor-faktor ini dikenal dengan 4C, yaitu carat (karat), clarity (kejernihan), color (warna), dan cut (potongan). Keempat sama-sama mempengaruhi nilai berlian. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan tantang 4C dari berlian.


Untuk lebih mengenal karakteristik ini para pecinta berlian sering membaginya dengan 4C yakni Color (warna), Cut (potongan), Carat (karat), Clarity (kejernihan). Keempat hal tersebut mesti Anda pahami jika ingin berinvestasi pada berlian. Karakteristik tersebut bisa menjadi prinsip dasar investasi.


- Colour

Colour atau warna berlian akan menentukan nilai keindahan dan harganya.


- Clarity

Clarity atau kejernihan sebuah berlian sangat mempengaruhi nilai jual berlian itu sendiri. Kejernihan yang dimaksud adalah berlian tidak rusak, lecet, atau tergores.


- Carat

Carat atau satuan berat berpengaruh pada nilai berlian itu sendiri. Namun, satuan ukuran ini bukan dalam karat seperti pada emas. Karat pada emas menunjuk kemurniannya sedangkan berlian semakin besar ukurannya, maka semakin tinggi karatnya, dan harganya semakin mahal.


- Cut

Cut dalam istilah di pecinta berlian adalah potongan berlian itu sendiri. Potongan berlian akan berpengaruh dengan bagaimana berlian tersebut memantulkan cahaya sehingga menghasilkan pesonanya.


Berlian 30 Karat


Jika berbicara tentang berlian 30 karat tentu harus didasarkan pada prinsip 4C yang sudah dijelaskan. Karat pada berlian merujuk pada ukuran, berbeda halnya karat emas yang menunjukan kemurniannya. Maka semakin tinggi karatnya, akan semakin besar ukuran berliannya. Seorang pengamat berlian, mengatakan bahwa jarang sekali ada orang yang memiliki berlian 30 karat di Indonesia. Jika melihat berlian yang dikenakan selebritis tersebut, semestinya berukuran super jumbo, karena pastinya bentuknya akan lebih besar.


Berlian sendiri perhiasaan mewah yang memiliki harga jual tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda memilikinya dengan kondisi utuh agar nilainya tetap tinggi. Hal ini terkait juga dengan karakteristik berlian itu sendiri. Tapi, jangan samakan berat berlian dengan emas.


Dalam proses memilih sebuah berlian, akan ada perbedaan harga yang cukup jauh antara berlian yang sudah dipotong dengan berlian yang masih utuh. Harga berlian 30 karat pasti jauh lebih mahal dibandingkan dengan nilai karat dibawahnya.


Namun, bila ingin dijadikan investasi, lebih baik mencari berlian yang sudah menjadi perhiasaan dengan ukuran yang cukup. Selebihnya, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Penting diketahui, jika berat berlian sudah berkurang atau dikurangi, maka toko perhiasaan akan menjual kalung berlian dengan harga terjangkau.


Berlian Termahal di Dunia

Terlepas dari benar atau tidaknya berlian 30 karat yang dimiliki selebritis Indonesia tersebut, nyatanya terdapat sejumlah berlian dengan harga fantastis. Bahkan, ada berlian yang tak ternilai harganya karena berkualitas tinggi dan memiliki nilai sejarah. Berikut, beberapa berlian termahal di dunia.


1. Koh i Noor

Koh-i-Noor atau yang memiliki arti “Gunung Cahaya” merupakan berlian dengan ukuran 105 karat yang berasal dari Golconda, Andhra Pradesh, India. Berlian ini memiliki sejarah panjang dan disebut-sebut selalu berpindah tangan karena pergantian kekuasaan mulai dari Sikh, Mughal, hingga Persia.

Pada akhirnya di tahun 1850, British India Company menyita berlian Koh-I-Noor. Berlian yang memiliki warna putih cemerlang ini kemudian menjadi salah satu properti Kerajaan Inggris dan dipamerkan di Menara London. Konon, berlian ini tak ternilai harganya. Namun, ada yang menyebut nilainya mencapai lebih dari 1 miliar euro atau setara Rp15,9 triliun.


2. Sancy

Sancy merupakan berlian yang berasal dari Perancis dengan ukuran 55,23 karat. Nama berlian ini diambil dari seorang tentara dan diplomat Prancis, Nicolas de Harlay, seigneur de Sancy, pada abad ke-16. Berlian ini memiliki warna kuning pucat dan menjadi berlian pertama yang dipotong secara simetris.

Sancy memiliki sepasang mahkota di masing-masing sisi. Berlian ini cukup unik karena tak memiliki paviliun. Konon berlian ini termasuk berlian yang tak ternilai harganya. Saat ini, Sancy, menjadi koleksi permata Kerajaan Perancis dan dipamerkan di Museum Louvre.