Apa Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Pernikahan?



Budaya pernikahan di Indonesia melangsungkan pertunangan dan pernikahan secara terpisah. Ini berarti, tak jarang pasangan pengantin jadi memiliki dua cincin dari occasion yang berbeda. Yang lucu, tidak sedikit yang belum mengetahui karakter dan sejarah dari keduanya. Sebenarnya, apa perbedaan cincin tunangan dan cincin pernikahan?


1. Cincin Tunangan

Dalam hal ini, kultur Indonesia sebenarnya mengadopsi budaya barat. Dua orang melangsungkan pertunangan saat keduanya setuju untuk saling menunggu sampai ke jenjang pernikahan. Ketika keduanya mencapai persetujuan, saat itulah pria akan menyematkan cincin yang melingkar di jari pihak perempuan. Cincin tunangan hanya dikenakan oleh wanita, sedangkan pria tidak mengenakannya.

Berbeda dengan yang terjadi di Indonesia, ada dua cara berbeda. Pasangan sama-sama menyematkan cincin tunangan saat acara berlangsung dan disaksikan oleh masing-masing keluarga. Meski begitu, ada pula cincin yang hanya disematkan di jari piha wanita saja. Cincin tunangan memiliki makna sebagai lambang bahwa sepasang kekasih telah terikat atau berkomitmen untuk tetap bersama hingga hari pernikaha.

Selain itu, ini juga bisa menunjukkan pada orang bahwa mereka tidak lama lagi akan menikah.

2. Cincin Nikah

Cincin yang diberikan oleh pria kepada wanita dan wanita kepada pria saat melangsungkan pernikahan disebut cincin pernikahan. Memiliki fungsi sebagai simbol pengikat janji sehidup semati antar dua mempelai, cincin pernikahan memiliki nilai simbolisme yang kuat.

Cincin pernikahan biasanya memiliki desain polos tanpa hiasan berlian besar dan terbuat dari perak ataupun emas. Meski demikian, seiring perkembangan zaman kini banyak juga pasangan yang meletakkan permata atau berlian pada cincin pernikahannya.

3. Tren Stacking Cincin Tunangan dan Cincin Pernikahan

Nah, masalahnya, cincin nikah dan pertunangan sama-sama dikenakan pada jari manis di tangan kiri.


Untuk menyiasatinya, banyak pengantin wanita yang melepas cincin tunangan dan menggantikan dengan cincin pernikahan. Akan tetapi sekarang tren baru sedang berlangsung dalam mengenakan cincin. Tren tersebut dikenal dengan kata stacking atau penumpukan.

Banyak pengantin wanita memilih untuk mengenakan kedua cincin bersamaan, yakni cincin tunangan dan cincin nikah pada jari tengah dan jari manis. Ada pula yang mengenakan dengan menyatukan pada satu jari dengan cara dipatri dan dikenakan bersamaan. Namun, ada baiknya jika mengenakannya pada satu jari di masing-masing tangan bagi Anda yang ingin mengenakan keduanya.


Nah, itulah ulasan terkait perbedaan antara cincin nikah dengan cincin tunangan. Sudah tidak bingung lagi, kan?


Bagi Anda yang ingin mendapatkan berbagai model cincin nikah maupun cincin tunangan, maka Anda bisa memperolehnya melalui Galeri 24.

Sebagai anak perusahaan dari PT.Pegadaian yang khusus menangani penjualan emas, Galeri 24 menyuguhkan katalog perhiasan paling cantik dan bersertifikat legal yang bisa Anda pilih. Tersedia pula informasi mengenai emas dan batu mulia yang dikurasi dengan profesional. Segera akses di galeri24.co.id.



0 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥