Kabar Emas
27 Mei 2024

Apakah Emas Masih Bisa Menjadi Alat Transaksi pada Saat Ini?

Bagikan
article-cover-images/80eee7ac5709b2da10bdc41198002cc0

Manfaat emas sebagai alat transaksi, baik alat tukar (barter) atau alat pembayaran sudah ada sejak zaman dulu. Penggunaan emas tersebut karena emas adalah logam mulia yang memiliki nilai tinggi, stabil, bersifat universal dan tidak lekang oleh zaman.  

Namun, emas yang merupakan logam mulia alami terbatas mulai ditinggalkan sebagai alat transaksi langsung. Mata uang modern sudah menggantikan fungsi emas tersebut. Meski demikian, emas masih memiliki relevansi sebagai aset lindung nilai dan investasi. 

Relevansi Emas Sebagai Aset Investasi dan Cadangan Nilai 

Popularitas emas memang berhasil bertahan selama bertahun-bertahun. Emas menjadi salah satu logam mulia yang jadi favorit masyarakat untuk tabungan atau investasi masa depan, alasannya: 

1. Lindung Nilai 

Masyarakat dapat memanfaatkan emas sebagai aset lindung nilai (hedging) untuk mengantisipasi kondisi pasar yang memiliki volatilitas tinggi seperti sekarang. Secara historis, emas adalah aset yang kebal terhadap berbagai kondisi ekonomi.  

Misalnya, saat kondisi ekonomi diguncang oleh pandemi pada tahun 2020 lalu, emas melambung mencapai harga US$ 2.000 per troy ounce. Ketika terjadi inflasi dan nilai mata uang Rupiah melemah, harga emas cenderung meningkat.  

Emas merupakan salah satu aset lindung nilai yang baik terhadap resesi. Logam mulia ini secara konsisten memiliki permintaan tinggi di seluruh dunia sehingga resesi kemungkinan besar tidak mempengaruhi nilai emas global.  

Keperkasaan emas ini juga ditunjukkan saat kondisi ekonomi sedang baik tanpa ada ketegangan atau krisis ekonomi. Bisa dilihat dari historis harga emas dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, tidak sedikit masyarakat yang memandang emas sebagai logam berharga yang layak untuk dimiliki. 

2. Diversifikasi Portofolio 

Manfaat emas tidak hanya untuk lindung nilai (proteksi) aset di masa depan, tetapi juga bisa untuk diversifikasi portofolio. Seperti yang Anda ketahui bahwa investasi hanya dalam satu instrumen investasi sangat berisiko.  

 Apalagi jika Anda hanya berinvestasi pada aset yang memiliki risiko tinggi seperti saham. Untuk menyeimbangkan risiko tersebut, penting sekali untuk melakukan diversifikasi.  

Salah satu alternatif untuk mengamankan investasi Anda adalah diversifikasi portofolio dengan investasi emas. Logam mulia ini memiliki risiko yang lebih rendah dibanding saham dan obligasi.  

Ketika ada salah satu investasi Anda yang merosot, Anda masih memiliki investasi lain yang dapat mengamankan aset Anda. Emas juga menjadi pilihan investasi yang tidak akan dikenai biaya bunga atau potongan-potongan sejenisnya. 

Anda bisa melakukan diversifikasi portofolio dengan melibatkan emas sesuai profil risiko. Ada banyak pilihan investasi emas yang dapat dipilih, mulai dari perhiasan emas, emas batangan, koin, hingga emas digital

3. Keamanan dan Ketenangan Pikiran karena Nilai Stabil 

Berbeda dengan aset lain seperti saham dan obligasi yang berfluktuasi cepat dan sangat terpengaruh oleh fluktuasi ekonomi. Emas memiliki nilai yang cenderung stabil dan tahan terhadap inflasi maupun resesi.  

Karakteristik emas yang unik ini membuat investasi emas dianggap lebih aman daripada investasi lain. Fluktuasi harga emas juga tidak se-ekstrem fluktuasi harga saham maupun cryptocurrency. Jadi, Anda akan lebih tenang untuk berinvestasi pada emas.  

Tidak perlu analisis khusus atau memantau pergerakan harga terus menerus, Anda bisa membeli emas dengan mudah untuk investasi maupun cadangan aset di masa depan.  

Manfaat emas untuk investasi juga dapat memberikan ketenangan karena Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan isu-isu ekonomi yang muncul. Fluktuasi nilai emas tidak seperti saham yang mudah terpengaruh oleh isu-isu tersebut. 

4. Potensi Kenaikan Nilai Aset 

Dengan nilai yang cenderung stabil, menyimpan aset dalam bentuk emas memberikan rasa aman dan tenang. Bukan hanya stabil, harga emas bahkan cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.  

Menyimpan emas memang tidak memberikan return cash flow secara cepat seperti saham dan mata uang kripto. Namun dalam jangka panjang, manfaat emas yang bisa Anda dapatkan adalah capital gain yang menguntungkan di masa depan.  

Tidak sedikit orang yang mendapatkan keuntungan besar setelah menjual emas yang dibelinya beberapa tahun atau bahkan belasan tahun silam. Semakin tua usia emas, biasanya menawarkan harga buyback yang semakin menguntungkan.  

Mengutip detikFinance (9/3/2020), kenaikan nilai emas dari Februari 2010 ke Maret 2020 adalah sebesar 153,37%, ini berarti rata rata kenaikan harga emas pertahun sudah lebih dari 15% . Jadi ketika menjual kembali, pemilik emas bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari saat membeli emas tersebut. 

5. Likuiditas 

Emas masih relevan untuk dijadikan investasi dan cadangan aset. Salah satu alasannya adalah emas memiliki likuiditas yang selalu tinggi. Artinya, emas sangat mudah dicairkan menjadi uang tunai tanpa perlu proses klaim yang panjang.  

Hal ini berbeda dengan investasi lain yang tidak likuid atau cenderung sulit untuk dicairkan. Emas menawarkan keleluasaan yang lebih bagi para pemiliknya jika tiba-tiba butuh uang cepat. Dengan likuiditas yang tinggi, emas cocok untuk dijadikan dana darurat.  

Menabung emas hampir sama seperti halnya Anda menabung secara konvensional. Semakin rajin menabung emas, dapat memperkuat finansial Anda di masa mendatang. Emas dapat dijadikan sebagai sumber darurat atau bahkan persiapan dana pensiun Anda. 

Fungsi Emas 

Emas memang sudah lama tidak menjadi mata uang dalam sistem moneter global. Namun, emas masih memiliki popularitas karena segudang fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi emas dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Investasi 

Manfaat emas yang paling umum adalah sebagai instrumen investasi yang aman dan minim risiko. Nilai aset ini jarang mengalami perubahan dan cenderung naik sehingga menarik untuk dijadikan investasi, termasuk bagi pemula.  

Pembelian dan penjualan emas juga bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan toko emas lokal maupun toko online untuk transaksi tersebut. Banyak toko emas yang sudah menyediakan aplikasi atau toko online untuk memudahkan pelanggan yang ingin jual-beli emas.  

Kemudahan ini yang menjadi keunggulan investasi emas. Modal untuk investasi emas pun relatif terjangkau sehingga tidak lagi menjadi halangan bagi Anda yang modalnya terbatas. Memiliki emas sebagai salah satu aset investasi dapat dilakukan sesuai kemampuan Anda sendiri. 

2. Perdagangan Komoditas 

Selain sebagai instrumen investasi, emas merupakan salah satu jenis komoditas yang banyak diperdagangkan di seluruh dunia. Permintaan akan logam berharga ini hampir selalu tinggi sehingga perdagangan emas dunia bisa dikatakan tidak pernah sepi.  

Manfaat emas lainnya adalah menjadi salah satu komoditas unggulan yang berkontribusi besar bagi ekonomi negara. Cadangan emas di Indonesia berada di peringkat ke-6 di dunia yang berkontribusi sekitar 5% untuk cadangan dunia.  

Menariknya, Indonesia memiliki tambang emas terbesar di dunia yakni MIND ID. Tambang emas yang dimiliki perusahaan holding BUMN ini termasuk PT Freeport dan PT Aneka Tambang (ANTM).  Investasi pada komoditas emas ini pun cukup bergairah dengan harga emas dunia yang sempat menyentuh 2.100 Dollar AS per troy ounce pada tahun 2023. Sedangkan emas di dalam negeri seperti Antam dihargai Rp 1,12 juta per gram dan terus naik. 

3. Perhiasan 

Penggunaan emas yang paling umum adalah diolah menjadi perhiasan. Anda bisa menemukan berbagai perhiasan emas dengan desain dan ukuran yang beragam. Perhiasan emas seperti kalung, anting, cincin dan gelang banyak dipakai untuk mempercantik diri.  

 Selain itu, manfaat emas dalam bentuk perhiasan ini juga kerap dipakai sebagai mas kawin untuk acara pernikahan. Produk emas ini dibuat dengan mencampurkan beberapa logam lain dan kemudian dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan.  

 Perhiasan emas ada yang modelnya polos dan ada juga yang diberi tambahan permata, baik itu batu permata asli maupun sintetis. Perhiasan emas berlapis batu permata asli seperti berlian tentu harganya lebih mahal, tetapi memberikan kesan keindahan yang khas dan elegan. 

4. Cadangan Keuangan 

Fungsi lain dari emas adalah sebagai cadangan keuangan yang bisa dicairkan jika terjadi krisis moneter. Bank Indonesia (BI) juga memiliki cadangan devisa dalam bentuk emas moneter. Selain itu, emas dipakai untuk lindung nilai (hedging) apabila nilai tukar mata uang merosot.  

Sebagai cadangan keuangan negara, emas moneter dapat dipakai untuk jaminan pada lembaga pinjaman atau lembaga keuangan internasional. Bank-bank sentral di seluruh dunia juga memiliki cadangan emas mereka masing-masing.  

The Fed atau bank sentral Amerika yang tercatat memiliki cadangan emas terbesar di dunia. Emas yang dijadikan cadangan keuangan oleh bank-bank sentral ini bertujuan untuk menjaga kestabilan nilai mata uang dan emas itu sendiri. 

5. Penggunaan Industri 

Emas digunakan untuk beberapa kegiatan industri seperti bahan pembuatan pesawat. Logam ini memiliki sifat konduktor yang baik sehingga digunakan sebagai salah satu bahan dasar pesawat luar angkasa NASA.  

Manfaat emas untuk bahan pembuatan pesawat juga bertujuan sebagai pelapis yang dapat menghalau radiasi saat pesawat diluncurkan. Industri elektronik tidak ketinggalan memanfaatkan emas sebagai bahan dasar produk elektrik.  

Biasanya produk elektronik yang membutuhkan sifat konduktor panas dapat menggunakan emas. Kartu SIM HP yang Anda gunakan mungkin juga menggunakan emas pada bagian chip-nya.  

Di industri konstruksi, emas dimanfaatkan sebagai material bangunan. Biasanya penggunaan emas untuk memberikan desain yang akan menjadi ciri khas dari bangunan. Anda bisa melihat contoh penggunaan emas sebagai material bangunan pada Masjid Kubah Emas di Depok dan tugu Monumen Nasional di Jakarta.  

Penggunaan emas juga merambah pada industri kecantikan. Emas murni sudah lazim dipakai dalam produk-produk perawatan wajah. Emas dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen wajah untuk mengembalikan elastisitas kulit. 

6. Hadiah dan Penghargaan 

Dalam kehidupan sehari-hari, emas bisa dijadikan sebagai hadiah untuk orang-orang spesial. Misalnya, Anda memberikan emas suvenir untuk hadiah ulang tahun anak, orang tua atau lainnya.  

Material emas juga kerap dipakai untuk medali penghargaan. Jika Anda bisa memenangkan juara satu pada Olimpiade atau perlombaan, Anda bisa mendapatkan medali emas.  

Emas yang digunakan sebagai pelapis medali ini biasanya menggunakan emas murni. Standar dari IOC, emas yang digunakan untuk medali minimal adalah 6 gram. 

Kesimpulan 

Saat ini, emas tidak lagi digunakan sebagai alat transaksi langsung dan sudah digantikan dengan mata uang kertas dan logam. Bank sentral yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan dan mengatur produksi mata uang.  

Dibandingkan dengan emas yang terbatas, mata uang modern lebih mudah untuk dijadikan alat tukar atau alat transaksi. Namun, hal tersebut tidak membuat popularitas emas surut karena fungsi emas yang terus berkembang.  

Emas bisa dipakai untuk perhiasan maupun produk-produk kebutuhan sehari-hari. Manfaat emas yang tidak kalah penting adalah bisa dijadikan simpanan yang aman untuk sumber dana darurat Anda di masa depan.