top of page

Apakah Medali Emas Bisa Dijual di Toko Emas?


apakah medali emas bisa dijual
sumber: kemenpora.go.id

Berhasil mendapatkan medali emas tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan bagi para atlet. Selain karena berhasil mengharumkan nama bangsa, nama para atlet pemenang medali emas pun akan ikut meroket. Karena itulah, medali emas menjadi sebuah barang yang dinilai paling berharga dari segi sejarahnya. Lalu, bagaimana dengan nilai finansialnya? Apakah medali emas juga akan dihargai sedemikian rupa?


Kebanyakan orang menganggap bahwa mendapatkan medali emas adalah hal yang sangat membanggakan dan berharga. Dan hal itu memang benar adanya, tapi tidak jarang pula yang menanyakan harga jual dari medali tersebut. Apakah medali emas tersebut akan bisa dijadikan sebuah Investasi jangka panjang karena terbuat dari emas. Atau itu hanya bisa digunakan untuk kenang-kenangan dari hasil jerih payah sang atlet?

Medali Emas Dapat Dijual Seperti Perhiasan Emas


Seperti yang diketahui bahwa medali emas tentunya memiliki kandungan emas. Karena memiliki kandungan emas, artinya medali emas juga dapat dijual seperti perhiasan yang terbuat dari emas yang lainnya. Anda masih bisa menjual medali emas yang Anda miliki di toko Emas karena memang memiliki kandungan emas didalamnya. Sayangnya, harga dari medali emas tersebut tidak akan bisa semahal yang Anda bayangkan.


Meskipun diketahui memiliki kandungan emas, tetapi medali emas tidak terbuat dari emas murni. Sudah sejak lama, medali emas tidaklah terbuat dari emas murni melainkan emas campuran dimana kandungan emas murninya hanya sebesar 6 gram. Sejak tahun 1912, sudah ditetapkan bahwa medali emas tidak boleh terbuat dari emas murni, melainkan campuran dengan tembaga. Dalam sebuah medali emas, sebesar 93% dari kandungannya adalah tembaga.

Harga Emas Batangan Lebih Mahal Dari Medali Emas


Seperti yang diketahui jika kandungan emas yang terdapat di dalam sebuah medali emas hanyalah sebesar 6 gram, dimana sisanya yang 93% atau sebesar 494 gramnya adalah sebuah tembaga. Dengan demikian, apabila Anda ingin menjual medali emas yang Anda miliki, harganya pun juga akan sangat murah. Berbeda dengan emas murni yang memang terbuat dari emas tanpa campuran, emas di medali tidaklah demikian. Harga Medali Emas juga sangat murah apabila di jual di toko emas karena yang dihargai hanyalah kandungan emasnya saja yaitu 6 gram.


Apabila emas tersebut dilebur, maka harganya adalah sekitar 11,4 juta rupiah. Hal ini tentunya terbilang murah jika dilihat secara finansial, karena dengan harga 11 juta sekian tersebut, Anda masih belum bisa membawa pulang sebuah motor matic baru, bahkan dengan harga yang termurah sekalipun. Tetapi, biasanya para atlet memang tidak menjual medali emas mereka ke toko emas karena nilai sejarah dan juga perjuangan yang ada di baliknya. Sekalipun mereka ingin menjualnya, biasanya mereka akan menjualnya kepada para kolektor karena akan dihargai lebih mahal.

Melakukan Investasi Emas Jauh Lebih Menguntungkan


Setelah mengetahui tentang harga jual dari medali emas perlombaan, mungkin Anda akan mulai berfikir dan membandingkan hal tersebut dengan harga emas murni. Hal ini tentunya sangat berbeda dan tidak sepadan, karena medali emas memiliki nilai berharga dilihat dari segi sejarahnya. Sedangkan, emas seperti perhiasan dan batangan untuk investasi memang ditujukan untuk nilai finansial. Apabila Anda ingin melakukan sebuah investasi untuk masa depan, maka melakukan investasi dalam bentuk emas tentu menjadi solusi.


Selain lebih mudah, investasi emas juga dinilai paling aman dan minim resiko terutama bagi para pemula. Untuk melakukan investasi emas ini, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum benar-benar memulai investasi. Hal tersebut diantaranya adalah dari segi tempat Anda akan membeli emas, sampai dengan alur dari jual beli emas tersebut nantinya. Jika ingin melakukan investasi dalam bentuk emas dan mulai membeli secara online, maka belilah hanya di toko yang sudah resmi untuk menghindari adanya penipuan.

Beli Emas Hanya Di Galeri 24


Melakukan investasi untuk masa depan memang merupakan hal yang perlu dilakukan mulai dari sekarang. Salah satu cara untuk melakukan investasi yang mudah adalah dengan membeli emas online. Emas saat ini sudah menjadi barang investasi yang cukup terkenal dan banyak digunakan. Selain dinilai memiliki nilai jual yang cukup tinggi, emas juga dinilai sebagai barang investasi yang minim resiko.


Tetapi, membeli emas terlebih lagi apabila Anda melakukannya dengan cara online untuk investasi, perlu lah memastikan tempat yang Anda tuju. Belilah emas hanya di toko emas yang resmi dan terpercaya seperti di Galeri 24. Toko emas yang satu ini, bukan hanya melayani pembelian offline tetapi juga online yang terpercaya. Sebagai anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero yang ada di Indonesia, Galeri 24 tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, terlebih di sini mereka juga menyediakan berbagai macam produk emas baik perhiasan model terbaru sampai dengan emas dalam bentuk bayangan.


Setelah membaca terkait dengan artikel di atas, tentunya Anda bisa lebih tahu tentang emas. Sekian artikel yang bisa saya tuliskan, semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan bisa memberikan manfaat.

188 tampilan1 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page