Awas, Jangan Sampai Terjebak Investasi Bodong! Berikut Cirinya


Dewasa ini, semakin banyak orang memilih investasi emas. Nilainya yang terus naik, stabil, awet, dan dijamin menguntungkan membuat banyak investor tergiur. Apalagi, investasi emas kini tidak mempersyaratkan modal banyak. Tak heran, banyak yang memanfaatkan celah ini dan membuat perusahaan investasi bodong.


Apa itu Investasi Bodong?

Dulu, instrumen investasi berupa logam mulia populer hanya di antara kalangan konglomerat. Karena untuk menjalankannya, Anda harus membeli emas dalam ukuran tertentu. Minimal 0,25 gram. PT. Pegadaian mengubah permainan dengan menyodorkan opsi berinvestasi dengan modal kecil—tidak sampai sepuluh ribu rupiah. Dan langkah ini kemudian diikuti oleh berbagai firma lain.

Dengan sendirinya, pasar investasi logam mulia semakin diminati. Sayangnya, minat masyarakat yang tinggi ini kemudian dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan. Berbagai tawaran pun dilancarkan, mulai dari iming-iming keuntungan super besar dalam waktu singkat sampai skema sistem yang luar biasa mudah. Maka, tak heran banyak yang tergiur, lalu tertipu.

Kejahatan semacam itu disebut investasi bodong. Jumlahnya banyak, dan Anda bisa saja jadi salah satu korbannya. Mengkhawatirkan? Memang. Tapi dengan berbekal sedikit ketelitian, kami akan membantu Anda terhindar dari masalah dengan paparan berikut.

Ini dia empat ciri-ciri investasi bodong:


Ciri Investasi Bodong #1 Biaya Administrasi yang Tidak Jelas

Pelaku investasi bodong biasa bermulut manis. Dengan banyak janji, Anda akan diarahkan untuk membayar banyak biaya selain investasi itu sendiri; bahkan sebelum investasi dimulai. Trik ini biasanya berkedok administrasi seperti dokumentasi, formulir, dan sebagainya. Jumlahnya mungkin mula-mula kecil, tapi terus berulang-ulang hingga mencapai angka yang fantastis bila ditotal.

Dan bila sudah begitu, Anda akan terpaksa mengikuti alur permainannya sampai semakin tercekik. Sementara, laba yang dijanjikan belum tentu akan sampai di tangan.


Ciri Investasi Bodong #2 Legalitasnya Meragukan

Anda ditawari investasi emas oleh perusahaan yang tidak pernah Anda dengar sebelumnya? Pikir dulu. Meski bisa jadi itu tulus, Anda harus selalu waspada akan pelaku kejahatan. Tanamkan uang Anda hanya pada deretan perusahaan yang termuat di website Investor Alert Portal (IAP) milik OJK. Atau bila ragu, bisa juga hubungi langsung di nomor telepon 1500-655, atau email konsumen@ojk.go.id dan waspadainvestasi@ojk.go.id.

Namun paling amannya, percayailah anak langsung dari perusahaan seperti PT Pegadaian yang sudah teruji dan terpercaya bertahun-tahun. Hal ini sangat penting karena bukan hanya raib, uang Anda bisa jadi disalahgunakan untuk kepentingan kurang terpuji seperti pencucian uang, penggelapan, bahkan terorisme.


Ciri Investasi Bodong #3 Untung Tinggi dan Cepat, tapi Nol Resiko

Untung berlimpah dalam waktu sekian bulan saja, siapa tidak tergiur? Sayangnya, demikian adalah salah satu dari ciri-ciri investasi bodong.

Betul bahwa emas adalah instrumen investasi yang mudah dan berisiko rendah. Tapi pelaku investasi emas biasa baru mendapat untung yang signifikan pasca beberapa tahun. Bicara realistisnya, jangka waktu yang relatif lama adalah risiko itu sendiri.

Banjir laba di awal adalah lampu merah bahwa perusahaan yang menawari Anda bisa jadi merupakan pelaku skema Ponzi. Pengelolaan dananya tidak masuk akal karena memang berputar di antara para nasabah lama dan baru. Jangan tertipu janji ini.


Ciri Investasi Bodong # 4 Banyak Pilihan Jenis Investasi

Seperti penjahat yang putus asa untuk menarik nasabah sebanyak mungkin, perusahaan investasi bodong biasa mengemas paket-paket investasinya dengan beragam jenis yang menggiurkan. Pada praktiknya, ada beragam paket yang bisa dipilih. Dan semakin besar paket yang Anda pilih, semakin besar pula keuntungan yang “katanya” akan Anda peroleh nanti.

Ini berkebalikan dengan praktik perusahaan legal yang lebih jelas dan terukur. Perusahaan legal biasa membedakan investasi murni dari berat emasnya saja. Simpel, dan tidak memusingkan calon nasabah. Hitung-hitungannya pun masuk akal.


Kini setelah Anda mengetahui ciri-ciri investasi bodong, bagaimana?

Paling bijaknya, percayakanlah emas Anda pada perusahaan-perusahaan yang sudah jelas terpercaya. Galeri24 sebagai anak langsung dari PT. Pegadaian misalnya, adalah pilihan tepat bagi Anda. Teruji dan serius menangani, outletnya tersebar hingga 50 cabang di seluruh Indonesia.

Galeri24 menangai logam mulia antam (aneka tambang) dan UBS. Temukan pula beragam jenis katalog termutakhir di Galeri24.co.id.

10 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥