Awas Tertipu, Ini 5 Tempat Pembelian Logam Mulia yang Paling Aman


Emas menjadi produk investasi abadi bagi banyak masyarakat. Emas dianggap investasi paling menguntungkan di Indonesia. Tentu saja, investasi emas terbilang cukup mudah dalam mengelolanya dan telah banyak dilakukan oleh investor sukses di awal memulai investasi.


Sudah banyak investor yang mengatakan, jika emas dalam bentuk logam mulia atau emas batangan dan juga perhiasaan memiliki resiko investasi paling kecil. Dibandingkan membeli sebuah kendaraan dengan harga mahal, tentu nilainya akan terus turun seiring waktu.


Investasi logam mulia sama halnya dengan memiliki rumah dan tanah, meskipun pertambahan nilainya tidak langsung menjulang tinggi tetapi relatif lebih stabil di tengah inflasi. Selain itu, logam mulia juga bisa dibeli dengan harga murah.


Modal yang harus dikeluarkan tidak perlu terlalu besar di awal jika hanya untuk membeli logam mulia dengan berat terkecil yakni 0,5 gr atau 1 gr. Emas bisa mudah dibeli dan dijual kembali jika sewaktu-waktu membutuhkan dana cepat.


Bagi yang ingin berinvestasi emas, Anda harus tahu tempat membelinya yang paling aman. Membeli emas tentu tidak boleh ditempat sembarangan, karena produk ini harus disertai tanda surat dan sertifikat tertentu.


Hal ini penting sebab sertifikat dan tanda surat lain akan menjadi bukti otentikasi lisensi emas sehingga mudah dijual kembali.


Berikut rekomendasi tempat paling aman untuk membeli emas batangan atau logam mulia


1. Pegadaian





Pegadaian merupakan salah satu tempat paling aman membeli emas batangan atau logam mulia. Pegadaian sendiri adalah bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipercaya untuk melakukan transaksi penjualan emas. Pegadaian memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli emas dengan sistem tunai atau kredit.


Lewat Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan emas dengan. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT. Pegadaian Persero.


Puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda. Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat.


Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT. Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT. Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.


2. Gedung Antam


Gedung perusahaan Antam di Jl. Simatupang, Jakarta Selatan memang menjadi pusat resmi penjualan emas Antam. Di sini terdapat butik emas yang melayani transaksi jual beli emas bagi masyarakat. Namun, harga yang ditawarkan di sini akan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan harga di unit bisnis Antam.


Tetapi jangan khawatir, di gedung Antam proses transaksi terkadang lebih cepat karena kondisi yang memang tidak terlalu ramai masyarakat yang datang. Anda justru bisa jual beli emas tanpa antrian panjang di sini.


3. Unit Bisnis Antam




Selain di gedung pusat, logam mulia Antam juga bisa Anda dapatkan di unit bisnis Antam yang berada di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Namun, jika ingin bertransaksi di sini, Anda harus siap-siap dengan antrian panjang. Pasalnya, harga yang ditawarkan akan lebih murah dari pasaran. Dengan kondisi seperti itu, unit bisnis ini jauh lebih ramai pengunjung dibanding di gedung pusat.


Tingginya minat transaksi di tempat ini, membuat aturan pembelian menjadi dibatasi hanya 150 orang per hari. Selain itu, pemeriksaan keamanan bagi pengunjung juga lebih ketat. Setiap orang yang datang, wajib melakukan registrasi dan mengambil nomor antri di pos satpam.


Sementara itu, bagi Anda yang berdomisili di luar Jakarta tidak perlu khawatir mencari lokasi penjualan emas. Antam juga memiliki cabang dan Butik emas yang tersebar di beberapa daerah seperti kota Surabaya, Bandung, Makassar, dan Palembang.


Soal harga tentu akan berbeda dengan yang dijual di Jakarta. Selain cabang Antam, outlet Pegadaian dan Galeri 24 juga melayani transaksi jual beli emas di wilayah luar Jakarta.


4. Marketplace




Di zaman digital seperti ini, mencari barang lebih mudah melalui online. Salah satu platform pendukung transaksi jual beli emas adalah marketplace. Anda bisa dengan mudah mencari penjual logam mulia di marketplace Indonesia.


Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat bertransaksi emas lewat online. Pastikan reputasi penjual dan keterangan produk emas yang diberikan seperti kelengkapan kwitansi pembelian dan sertifikat. Jangan mudah tergoda dengan harga murah, tetap waspadai penipuan.


5. Bank Syariah





Bank kini juga memberikan layanan pembelian emas bagi masyarakat. Dalam hal ini, model bank syariah melayani penjualan emas dengan prinsip syariah. Sistem pembayarannya dapat dilakukan dengan tunai maupun kredit. Jikalau sedang membutuhkan dana, Bank Syariah juga melayani gadai emas dengan nilai mengikuti harga pasar.


6. Butik Emas Mobile


Salah tempat penjualan emas yang aman adalah di Butik Emas Mobile. Butik Emas Mobile merupakan outlet yang dimiliki perusahaan Antam. Tapi jangan salah, Butik Emas Mobile ini bukan layanan penjualan emas melalui online atau dengan mobil keliling.


Butik Emas Mobil menjual logam mulia dengan gerai-gerai yang tersebar di tempat-tempat keramaian seperti di dalam mal. Harga yang ditawarkan di Butik Emas sama dengan yang ada di gedung pusat Antam.


Untuk jam buka, sebaiknya Anda mengecek lewat situs Antam lebih dulu. Disarankan untuk datang lebih awal jika ingin melakukan pembelian, karena emas yang dijual lewat Butik Emas Mobile biasanya akan cepat habis.




©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥