• Galeri24

Awas Tertipu, Inilah Ciri-Ciri Berlian Palsu yang Harus Diketahui

Rasa-rasanya kalau bicara soal berlian, tentu yang terlintas adalah batu permata indah, berkilau dan punya harga mahal. Memang benar. Tak ada yang bisa menolak pesona berlian. Batu mulia satu ini bahkan diburu sampai dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk mengenalkan berlian palsu.


Seperti namanya, berlian palsu adalah sebuah benda imitasi yang dibuat luar biasa menyerupai berlian. Namun sekalipun tampak sangat asli, berlian imitasi jelas memiliki perbedaan mencolok asalkan Anda memperhatikan keduanya dengan tepat. Hanya saja tak semua orang punya ketelitian dalam menentukan berlian itu asli atau palsu.


Tentu akan menjadi masalah jika sudah menggelontorkan uang cukup banyak, tapi ternyata yang diperoleh berlian imitasi. Kecewa? Sudah pasti! Karena itulah supaya bisa lebih bijaksana dalam membeli berlian, ada baiknya Anda tahu ciri-ciri berlian imitasi. Dengan begitu Anda bakal lebih bijaksana sebelum berbelanja berlian.


5 Ciri Berlian Palsu atau Imitasi

Dengan proses pengolahan dan pengasahan yang luar biasa lama dan kompleks dari batuan intan menjadi berlian, harga jual berlian memang jauh di atas logam-logam mulia termasuk emas. Mereka para kolektor berlian bahkan tak segan menggelontorkan uang dalam jumlah besar asalkan memperoleh berlian idaman.


Kondisi ini dimanfaatkan betul oleh pihak yang cuma mau mencari kesempatan dalam kesempitan, dengan menjual berlian imitasi yang diakui asli. Supaya tidak tertipu, berikut ini adalah ciri-ciri berlian palsu yang harus Anda waspadai:


1. Tampak Sangat Bersih

Mengira berlian yang tampak sangat bersih, berpotongan sempurna dan hampir-hampir tak ada cacat adalah yang terbaik? Maka itu keliru. Karena ternyata batu berlian asli justru mempunyai cacat. Kenapa bisa begitu? Semua terjadi karena proses pembentukan intan yang akan diolah jadi berlian, membutuhkan waktu lama.


Berada di dalam perut bumi selama jutaan tahun, batuan intan yang berasal dari karbon alami ini harus berada pada tekanan ribuan kilobar. Hal inilah yang akhirnya membuat batu intan yang terkena panas dan tekanan amat sangat tinggi, mempunyai cacat khas yang dianggap sebagai ’tanda lahir’, dan tidak ditemukan di berlian palsu.


2. Kemampuan Menyimpan Panas

Satu cara termudah untuk menguji keaslian berlian adalah dengan melakukan tes embun atau fog test. Anda bisa menghembuskan nafas ke arah berlian seperti menghembuskan nafas ke cermin. Jika embun itu bertahan cukup lama, maka artinya batu tersebut bisa menyimpan atau menahan panas.


Batu yang diklaim berlian dan mampu menyimpan panas sudah pasti berlian imitasi. Karena berlian yang asli akan membuat embun dan panas menghilang secara cepat. Karena memang berlian yang benar-benar asli, bisa menjadi konduktor panas yang sangat baik.


3. Gampang Tergores

Dengan proses pembentukan yang luar biasa sulit dan lama, tak heran kalau batu intan dan yang akhirnya diolah jadi berlian itu sangat keras. Tingkat kekerasan berlian bahkan mencapai 10 skala Mohs yang membuatnya tidak mudah tergores. Memang ada berlian imitasi yang dibuat sangat keras, tapi tetap tak bisa menandingi kekuatan yang asli.


4. Harga Murah tak Masuk Akal

Sama seperti logam mulia, berlian juga dijual dengan ukuran karat. Hanya saja dalam berlian, ukuran karat ini justru mengacu pada berat batu tersebut. Sementara karat pada emas berkaitan dengan kadar kemurniannya. Semakin tinggi kandungan emas, maka artinya emas itu adalah 24K.


Tentunya semakin besar karat berlian, harganya pun makin mahal. Sehingga kalau Anda ditawarkan berlian yang diklaim asli dengan ukuran cukup besar tapi sangat murah tak masuk akal, ada baiknya Anda tidak membeli. Apalagi kalau batu itu disebut berlian asli, berukuran besar, luar biasa bersih tanpa cacat, sudah pasti berlian palsu.


5. Kilau Berlebihan

Dalam penentuan harga berlian, clarity menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Makin jernih kilauan berlian, memang artinya harga makin mahal. Hanya saja untuk berlian-berlian imitasi, mereka justru mempunyai kilau yang berlebihan dan lebih bewarna. Contohnya seperti Cubic Zirconia yang punya kilau mempesona.


Sekadar informasi, Cubic Zirconia berbeda dengan berlian asli karena memang dibuat dari zirkonium dioksida. Biasanya tak berwarna dan relatif sempurna, Cubic Zirconia sangat cocok jadi imitasi berlian.


Jika Anda sudah memahami seperti apa ciri-ciri berlian imitasi, maka tentu bisa membeli batu permata yang satu ini dengan lebih bijaksana. Supaya lebih yakin, pastikan membeli berlian hanya di toko yang terpercaya.


Pentingnya Membeli Berlian di Toko yang Terpercaya

Mencoba memberikan yang terbaik bagi semua konsumen, Galeri24 pun menjamin semua perhiasan berlian yang ditawarkan benar-benar terjamin. Anda tak perlu cemas atas keberadaan berlian palsu, karena semua berlian yang dijual Galeri24 benar-benar asli dan punya desain yang memikat hati banyak orang.


Salah satunya adalah perhiasan dari seri Dinamic yang menonjolkan batu permata berlian sebagai fokus utamanya. Bagi Anda yang menambakan kesan mewah tapi tetap elegant yang berkelas, Dinamic jelas bisa jadi pilihnan terbaik karena emas dipilih tampak disempurnakan oleh berlian yang ada.


Dinamic sendiri memang dirilis sangat eksklusif, dan siap menonjolkan sisi inner beauty setiap orang. Karena bagaimanapun juga, Dinamic yakin bahwa semua orang itu memang menawan dari dalam. Karena itulah tak heran setelah dirilis, Dinamic menjadi salah satu seri unggulan yang ditawarkan Galeri24.


Untuk Anda yang memang berburu kualitas, janganlah mudah tergiur dengan iming-iming berlian palsu. Membeli perhiasan berlian di tempat yang sudah pasti terjamin seperti Galeri24 justru akan membuat Anda jauh lebih tenang, nyaman dan pastinya sebagai bentuk investasi di masa depan nanti.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥