Kabar Emas
13 Feb 2024

Bagaimana Cara Membeli Emas?

Bagikan
article-cover-images/458dbaacaa0b3340bbcfe423f5c7c236

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak dilakukan oleh para investor pemula maupun investor yang sudah berpengalaman. Banyak sekali ahli yang merekomendasikan investasi emas karena cara membeli emas yang mudah sehingga para investor tidak perlu mempersiapkan strategi investasi yang rumit untuk memulainya.

Apakah Emas Investasi yang Baik?

Emas adalah investasi yang baik bagi mereka yang ingin mendiversifikasi portofolio yang ada. Kinerja emas memang terkadang berlawanan dengan investasi yang memiliki konsep tradisional seperti investasi saham dan obligasi. Saat aset-aset ini berkinerja negatif, maka nilai emas umumnya meningkat. Hal ini telah membuat banyak investor menganggap investasi emas adalah investasi yang aman, dibarengi lebih jauh mengamati pentingnya emas dalam portofolio investasi yang berbeda. Contoh bagus dari tren ini dapat dilihat dengan melihat nilai emas sepanjang tahun 2021 yaitu ketika emas mencapai harga tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Banyak investor baru menghindari emas, karena tidak menghasilkan arus kas yang konsisten seperti investasi tanah atau saham. Apa yang tidak banyak diketahui adalah bahwa emas sebenarnya sangat likuid, Artinya, dapat dibeli dan dijual relatif cepat karena tingginya permintaan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi investor untuk memperhatikan cara beli emas yang sesuai.

Mengapa Para Investor Menyukai Emas?

Investor yang sudah berpengalaman biasanya tertarik pada emas sebagai cara untuk melakukan diversifikasi, dan sebagai cara untuk melindungi portofolio mereka yang ada. Seperti disebutkan di atas, emas biasanya melakukan kebalikan dari saham atau obligasi. Ini membuat investasi emas menjadi peluang yang cukup dilirik bagi mereka yang ingin mengurangi risiko dalam hal investasi. Berikut beberapa alasan lain mengapa investor memilih emas:

1. Likuiditas: Meskipun merupakan aset berwujud, emas masih sangat likuid. Biasanya, itu dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai.

2. Value Stores: Emas memungkinkan investor untuk menyimpan nilai dalam aset fisik. Sifat nyata emas dapat menarik karena investor dapat melakukan diversifikasi.

3. Pengembalian: Emas terbukti memiliki nilai pengembalian tinggi secara historis. Meskipun tidak selalu mengungguli kelas investasi lainnya, namun secara keseluruhan tetap menawarkan pengembalian yang menarik.

4. Perlindungan: Karena kinerja emas tidak sama dengan saham atau obligasi, biasanya nilainya meningkat selama periode penurunan ekonomi. Hal ini selanjutnya memungkinkan investor untuk menggunakan emas untuk mengurangi risiko portofolio.

Keunggulan Investasi Emas dengan Cara Membeli Emas yang Tepat

· Dapat Melindungi Terhadap Risiko Inflasi

Ketika berbicara tentang investasi, inflasi adalah satu hal yang perlu Anda pahami karena dapat menurunkan nilai investasi Anda dalam jangka panjang. Inflasi adalah suatu kondisi di mana uang kehilangan nilainya selama bertahun-tahun. Mempertimbangkan faktor ini, Anda tidak boleh memiliki investasi tunai karena akan terdepresiasi nilainya terutama dalam ekonomi yang sedang tumbuh seperti Indonesia. Oleh karena itu dalam hal ini investasi emas dengan cara beli emas yang tepat dapat dijadikan pilihan terbaik.

Investasi emas terbukti dapat melindungi terhadap risiko inflasi karena harga emas yang memiliki kecenderungan untuk naik dari waktu ke waktu, sedangkan nilai uang cenderung menurun. Dalam hal ini, berinvestasi emas dengan cara beli emas yang tepat dapat melindungi nilai aset Anda.

· Cara Menjual dan Cara Membeli Emas yang Mudah

Cara membeli emas sangatlah mudah karena Anda dapat dengan mudah membeli emas dari toko perhiasan mana pun di lingkungan Anda. Namun, masuk akal untuk membelinya dari toko perhiasan terpercaya yang dapat memberikan sertifikat jaminan pada produk. Perhatikan bahwa bahkan bank menjualnya dan Anda dapat dengan mudah mendapatkan koin emas dari mereka. Keuntungan terbesar membeli emas di toko yang terpercaya adalah Anda akan mendapatkan kualitas asli tanpa risiko apa pun dan Anda juga akan memiliki tanda terima yang tepat untuk referensi Anda di masa mendatang.

Anda dapat memeriksa harga emas hari ini dari sumber terpercaya dan membelinya dari sumber tersebut. Dalam hal penjualan, Anda dapat memilih toko perhiasan lokal karena mereka akan menjadi sumber termudah dalam hal ini. Ingatlah bahwa emas selalu diminati dan Anda tidak perlu khawatir untuk melikuidasi aset Anda dalam bentuk emas. Anda akan mendapatkan uang tunai langsung saat Anda menjualnya di pasar melalui toko perhiasan atau pedagang lokal.

Jika Anda tidak ingin menjualnya, Anda bahkan dapat menjaminkannya dan mengambil pinjaman dari berbagai lembaga keuangan. Kebanyakan orang akan memilih opsi seperti jika mereka memiliki emas dalam bentuk perhiasan serta biasanya mereka membelinya kembali ketika memang menurut mereka memiliki cukup uang di masa depan.

· Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Bagian terbaik tentang berinvestasi dalam emas adalah tidak memerlukan perawatan dari pihak Anda dan Anda dapat dengan mudah menyimpannya di tempat yang aman selama ratusan tahun. Bayangkan jika Anda telah menginvestasikan uang di sebuah properti, Anda harus menjaganya dengan baik dan ini bisa sangat melelahkan jika Anda sibuk dengan pekerjaan Anda. Di sisi lain, Anda dapat membeli emas dengan aman dan menyimpannya selama bertahun-tahun tanpa perlu perawatan apa pun. Sebelum Anda membelinya dari pasar, hal yang harus Anda lakukan pertama-tama adalah memantau perkembangan harga sehingga Anda tahu tentang harga emas terbaru di pasar.

· Stabilitas Harga adalah Keuntungan Tambahan

Jika dibandingkan dengan opsi lain di pasar, harga emas agak stabil dan tidak turun dengan margin besar bahkan selama krisis. Faktanya, setiap ada kasus krisis di pasar keuangan, investor akan beralih ke investasi emas yang mana harganya akan melonjak dalam waktu yang singkat. Jika Anda membandingkan ini dengan pasar ekuitas, harga saham apapun bahkan bisa mencapai nol ketika ada berita negatif tentang perusahaan tersebut. Ini tidak akan pernah terjadi dengan emas dan akan selalu memiliki nilainya di pasar.

Cara Membeli Emas untuk Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi emas, maka Anda sudah tidak perlu khawatir karena cara untuk membeli emas sangatlah mudah. Namun, Anda tetap harus melakukan cara membeli emas yang sesuai agar hasilnya memuaskan. Berikut adalah cara membeli emas untuk pemula yang bisa Anda lakukan:

1. Cara membeli emas yang pertama adalah dengan memantau emas. Untuk cara membeli emas yang satu ini, Anda hanya perlu mengakses situs informasi harga emas yang kredibel seperti Antam atau Pegadaian. Dalam cara membeli emas, memang sangat disarankan untuk membeli emas ketika harganya sedang turun.

2. Cara membeli emas yang kedua adalah dengan mengunjungi toko emas yang sudah terverifikasi. Dalam hal ini, Anda dapat membeli emas online di toko emas seperti Galeri24 yang memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia.

3. Cara membeli emas yang ketiga adalah dengan menyimpan emas di tempat yang aman dan terus memantau naik turunnya harga emas. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk menjual emas.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai keunggulan investasi emas dan cara membeli emas yang mudah bagi pemula. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa investasi emas sampai saat ini masih banyak dilirik oleh para investor karena nilai jualnya yang tinggi serta cara membelinya yang mudah. Namun ketika membeli emas, pastikanlah selalu bahwa Anda hanya membeli emas di toko emas terpercaya seperti Galeri24.

Beli emas tanpa was-was!