top of page

Bahan Perhiasan Mewah, Ini Perbedaan Emas Putih dan Palladium



Emas putih dan palladium merupakan dua logam mulia yang kerap dipakai untuk membuat perhiasan dan investasi. Keduanya berasal dari keluarga logam mulia yang sama, namun terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antar kedua jenis logam ini.


Sekilas tentang Emas Putih


Emas putih merupakan logam mulia yang terbentuk dari campuran emas dengan logam lain seperti nikel, palladium, dan platinum. Warna putihnya yang lebih putih daripada emas kuning membuatnya sangat populer untuk dipakai sebagai bahan perhiasan seperti anting, cincin, dan gelang. Emas Putih juga dikenal sebagai emas berlapis, karena lapisan logam lainnya yang melekat dipermukaan logam emas sebagai lapisan pelindung.


Sekilas tentang Palladium


Palladium adalah salah satu dari logam transisi yang memiliki sifat lunak, berwarna putih keperakan dan lebih ringan daripada platinum. Selain digunakan sebagai bahan perhiasan, palladium juga digunakan untuk berbagai peruntukkan lain seperti peralatan medis.


Perbedaan Emas Putih dan Palladium


Meski terlihat sama, emas putih dan palladium memiliki sisi perbedaan yang cukup berbeda antara satu dengan yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Harga


Pertama, harga emas putih dan palladium berbeda. Emas putih biasanya lebih mahal daripada palladium karena harga emas lebih tinggi. Menurut World Gold Council, emas putih adalah salah satu dari empat logam mulia yang paling mahal di dunia dan memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada palladium.


Tingginya harga emas putih dibandingkan dengan palladium karena emas putih lebih langka dan lebih sulit untuk diproduksi daripada palladium. Emas putih mengandung campuran logam lain seperti perak, paladium dan nikel. Emas putih juga memiliki nilai estetika yang dianggap lebih tinggi daripada palladium. Itulah mengapa jumlah permintaan emas putih juga lebih tinggi dibandingkan dengan palladium.


2. Komposisi


Emas putih adalah logam emas yang dicampur dengan nikel, palladium, dan aluminium untuk dengan jumlah komposisi terdiri dari 75 persen emas dan 25 persen logam campuran. Sedangkan palladium biasanya berisi 95-97 persen palladium dan 3-5 persen logam campuran lainnya, seperti nikel dan kromium.

3. Ketahanan


Ketahanan palladium dianggap lebih unggul daripada emas putih. Palladium lebih kuat daripada emas putih, dengan komposisi 95-97 persen palladium dan 3-5 persen logam campuran lainnya. Palladium juga lebih tahan terhadap oksidasi dan korosif daripada emas putih. Itulah mengapa palladium lebih sulit untuk dibentuk karena palladium lebih keras dan memiliki titik lebur yang lebih tinggi.


4. Pembuatan Perhiasan


Sama-sama digunakan sebagai bahan perhiasan, emas putih dan palladium memiliki preferensi yang juga berbeda. Emas putih biasanya digunakan untuk membuat berlian, permata, dan berbagai jenis cincin. Palladium ini lebih sering digunakan untuk membuat perhiasan berharga seperti gelang, cincin, dan anting-anting.


5. Keuntungan Investasi


Dalam hal investasi, emas putih dan palladium memiliki beberapa perbedaan. Emas putih dianggap sebagai salah satu logam mulia yang paling stabil dan paling banyak diinvestasikan. Palladium dianggap sebagai investasi berisiko sedang, karena harganya cenderung berfluktuasi lebih tinggi daripada emas putih. Ini berarti bahwa jika harga emas putih turun, investor dapat menggunakan palladium sebagai alternatif untuk mengurangi risiko dan membuat investasi yang lebih aman.


Kesimpulannya, emas putih dan palladium adalah dua jenis logam mulia yang banyak digunakan. Mereka memiliki beberapa perbedaan penting, termasuk harga, komposisi logam, dan tingkat kekerasan. Emas putih digunakan untuk membuat perhiasan berharga, sementara palladium lebih sering digunakan untuk investasi berisiko sedang. Keduanya bisa menjadi investasi yang menguntungkan jika Anda tahu cara memanfaatkannya dengan benar.


Maka dari itu, penting untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang kedua logam mulia ini sebelum membuat keputusan investasi. Dengan mempelajari perbedaan antara keduanya, Anda dapat membuat keputusan investasi yang tepat dan memaksimalkan potensi investasi Anda.


Jangan lupa untuk pastikan pembelian perhiasan dari logam mulia ini dilakukan di tempat terpercaya, seperti di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, bisa beli emas tanpa was-was!

80 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua