• Galeri24

Begini Cara Mengukur Jari Manis untuk Cincin Tunangan

Menghadiahkan sebuah cincin kepada seseorang bukanlah hal sembarangan. Salah ukuran, bisa jadi merusak semua momen dan perjuangan anda menghadiahkan cincin tersebut. Nah, sebagian orang masih bingung bagaimana sih cara mengukur jari manis untuk cincin yang tepat. Berikut penjelasan tentang cara mengukur jari manis untuk dipasangkan cincin sebelum anda membelinya.


Cara Mengukur Jari Manis untuk Cincin


Sebelum pergi membeli cincin, ada hal yang perlu Anda ketahui yaitu ukuran cincin. Ukuran cincin menjadi faktor penting selain harga, bahan dan desain. Jika ukuran cincin Anda kekecilan tentu itu akan memberi efek tidak bagus bagi peredaran darah. Sebaliknya, jika ukuran cincin Anda terlalu longgar, cincin bisa rentan hilang atau mudah lepas dari jari Anda.


- Mengukur Jari dengan Kertas atau Pita

Jika anda ingin membelikan cincin untuk pasangan, maka ukurlah dulu jari manisnya dengan kertas atau pita. Sebelumnya, terlebih dahulu persiapkan bahan-bahan untuk mengukur jari seperti gunting, kertas berbentuk persegi panjang atau pita, pulpen, dan penggaris.


Bila bahan sudah disiapkan, mulailah untuk mengukur jari menggunakan kertas atau pita tersebut. Caranya dengan melilitkan kertas atau pita pada jari tangan. Untuk memastikan ukuran lingkar sudah pas atau belum, coba periksa apakah lilitan kertas tersebut dapat keluar dengan mudah dari jari tangan (seperti saat menggunakan cincin). Dan jangan lupa, tandai ujung gulungan kertas sesuai dengan besar diameter jari. Tanda inilah yang akan dijadikan acuan untuk menentukan ukuran cincin pada jari tangan. Setelah diukur dengan kertas, kurang lebih anda sudah tahu ukuran cincin yang dipesan nantinya. Ini akan menentukan cocok atau tidak dengan jari si pemakai. Selain itu, cincin akan bisa tergambarkan saat dipakai dan dilepas dengan mudah atau tidak dari jari tangan. Cara ini sebenarnya bisa anda terapkan diam-diam kepada pasangan, jika ingin memberikan hadiah cincin untuknya.


- Datang Langsung Ke Toko Perhiasan.

Lalu, bagaimana jika Anda belum tahu berapa ukuran cincin jari? Ada cara mudah untuk mengetahuinya. Minta pegawai toko emas untuk mengukur jari Anda menggunakan ring gauge atau finger size. Finger size ini adalah kumpulan cincin dalam berbagai ukuran. Mulai dari jari bayi hingga jari orang dewasa yang paling besar.


Anda cukup memasukkan jari ke salah satu cincin dan lihat apakah cincin yang tersemat di jari Anda pas atau belum. Karena finger size punya banyak pilihan. Cobalah untuk mencari mana yang paling cocok digunakan jari Anda. Jika sudah menemukan, lihat angka yang tertera di cincin, maka itulah ukuran cincin Anda.


Meski cara ini dinilai paling akurat, namun metode ini dianggap paling menyusahkan sebab Anda harus menyediakan waktu dan tenaga Anda untuk pergi ke toko perhiasan. Apalagi, jika Anda tengah menyiapkan cincin tunangan. Butuh waktu yang sulit buat Anda dan pasangan untuk pergi ke toko perhiasan hanya untuk mengukur jari.


Tips Memilih Cincin Tunangan

Bagi yang ingin melangsungkan pertunangan, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli cincin untuk calon pasangan. Tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih cincin tersebut. Hal ini harus dipertimbangkan dengan matang seperti kesesuaian bentuk, ukuran, dan budget yang dimiliki. Selain itu, cincin pertunangan juga bisa dibilang berbeda dengan cincin yang akan digunakan untuk pernikahan. Nah, selain ukuran, berikut hal-hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli cincin.


1. Tentukan Budget

Sebelum membeli cincin tunangan, sebaiknya Anda menghitung ulang budget yang Anda miliki. Besarnya budget atau dana akan menentukan cincin seperti apa yang akan Anda dapatkan. Jika memang budget yang dipersiapkan tidak terlalu besar, maka Anda tidak perlu memaksakan membeli cincin tunangan yang mewah. Ingat, terpenting dalam proses tunangan adalah keseriusan dan komitmen Anda kepada pasangan. Cincin yang dibeli dengan hasil keringat dan perjuangan Anda sendiri tentu sangat bernilai di mata pasangan Anda.


2. Tentukan Band yang Tepat

Menentukan bentuk Band sangat penting sebelum membeli sebuah cincin pertunangan. Band sendiri bagian cincin yang biasanya terbuat dari emas, perak atau platinum. Bagian cincin ini melingkar pada jari tangan. Jadi pastikan bentuk band yang dipilih sudah tepat agar pasangan Anda tidak kecewa.


3. Tentukan Mata Cincin

Mata cincin adalah bagian selanjutnya yang harus ditentukan saat memilih cincin pertunangan. Mata cincin akan diletakan pada band sehingga menjadi sebuah cincin yang sempurna. Posisinya pun bisa beragam yang menyesuaikan model dan selera pemakai. Kombinasi yang tepat antara mata cincin dan band akan mendapatkan hasil cincin yang menawan. Umumnya, kebanyakan perempuan tentu sangat menyukai mata cincin dari berlian dan sebagian lain ada yang memilih emas atau logam biasa.

Selain itu, pemilihan mata cincin juga bisa didasari pada karakter si pemakai. Pada bentuk ukiran dan warna akan merepresentasikan karakter perempuan. Maka dari itu, cobalah berdiskusi dengan pasangan atau mencocokkan seperti apa bentuk cincin yang diinginkan, sehingga dia merasa bahagia.


4. Buat Sendiri Cincin Tunangan

Cincin tunangan bisa Anda peroleh dengan kondisi siap pakai atau request custom. Umumnya, kebanyakan orang yang tidak ingin repot lebih memilih membeli cincin yang sudah jadi. Namun, jika pasangan Anda menginginkan bentuk yang berbeda, Anda bisa memesan sendiri cincin tunangan. Namun begitu, Anda mesti memperhatikan bagaimana hasil karya dari9v` pengrajin cincin tersebut. Supaya tidak kecewa, bisa dicek lebih dulu mengenai pengalaman, status, dan testimoni konsumen kepada pengrajin perhiasaan. Paling mudah, Anda ikut melihat proses pembuatan atau melihat hasil karya cincin yang sudah pernah dibuat.



9 views0 comments