• Galeri24

Begini Ciri-Ciri Emas Palsu yang Mudah Diketahui

Melambungnya harga emas di masa pandemi membuatnya semakin diburu oleh masyarakat. Namun, di tengah emas yang sedang naik daun muncul masalah baru. Banyak emas palsu beredar di pasaran. Ciri-ciri emas palsu sendiri sebenarnya mudah dibedakan dengan emas asli. Hal ini penting diketahui supaya calon pembeli tidak dirugikan.


Sebagai alat investasi, emas memang cukup menggiurkan untuk mendatangkan keuntungan. Bila kita mau bersabar mengikuti pergerakan harga emas yang terus menanjak tentunya keuntungan yang diharapkan akan terwujud. Namun begitu, bagi orang awam jangan asal saat membeli emas. Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri emas palsu. Alih-alih dijadikan alat investasi, justru kerugian besar menanti bila anda membeli emas palsu. Oleh karena itu, berikut ada beberapa ciri-ciri emas palsu yang bisa diketahui.


  1. Harga Lebih Murah Melihat harga merupakan cara pertama mengetahui ciri-ciri emas palsu. Mengapa harga? Yup, harga emas yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga pasaran justru mesti dicurigai. Bila anda menemui penjual yang membandrol harga emas terlampau murah patut anda waspadai. Umumnya, harga emas sendiri selalu mengikuti harga terkini. Anda bisa memperoleh harga terkini melalui website resmi Antam, Galeri 24, atau informasi dari portal berita terpercaya.

  2. Lebih Ringan Ciri-ciri emas palsu berikutnya adalah mengetahui dari beratnya. Jika anda menemukan emas lebih ringan dibandingkan dengan ukurannya, boleh jadi itu adalah emas palsu. Pasalnya, meskipun emas berbentuk kecil tapi tetap terasa berat. Emas asli akan terasa padat meskipun bentuknya kecil. Di sisi lain, bila anda merasa kurang yakin dengan beratnya cobalah untuk menimbang emas tersebut. Gunakanlah alat penimbang yang memang direkomendasikan untuk pengujian. Di samping itu, cobalah membuat pembanding dengan emas lain yang asli agar anda yakin emas yang anda beli bukan barang palsu.

  3. Emas Asli Tidak Mempengaruhi Warna Kulit Ada yang beranggapan kalau ciri-ciri emas palsu dapat mempengaruhi warna kulit. Bagaimana caranya? Cobalah untuk memakai emas perhiasan beberapa menit, lalu lihat apakah warna kulit berubah atau tidak. Emas palsu disebut akan mengubah warna kulit menjadi kehijau-hijauan atau sedikit gelap. Cara uji emas palsu dengan melihat pengaruhnya terhadap kulit ini merupakan cara ilmiah. Emas palsu akan memberikan reaksi kimia pada kulit saat dikenakan. Namun, pada emas asli tidak akan menimbulkan reaksi kimia sama sekali. Meski begitu, bila masih kurang yakin dengan keasliannya, maka anda mencoba cara yang lain, ya.

  4. Emas Asli Berbunyi Nyaring Lewat bunyi anda bisa mengetahui emas tersebut asli atau palsu, lho. Emas asli akan menghasilkan bunyi cukup nyaring dan panjang ketika diketuk dengan koin. Sementara, emas palsu saat dilakukan cara yang sama justru menghasilkan hasil sebaliknya. Meskipun hanya dengan suara, namun cara ini tidaklah dilakukan sembarangan. Pendengaran anda haruslah peka dan cermat untuk mendengarkan suara dari emas.

  5. Emas Palsu Menghasilkan Warna Hitam saat Digoreskan Cara membedakan emas asli dan palsu berikutnya dengan dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas. Jika digoreskan dengan keramik atau kertas terdapat warna hitam, maka emas tersebut adalah palsu. Jika tidak meninggalkan goresan maka emas tersebut adalah asli.

  6. Mengeluarkan Warna bila Dicampurkan Cairan Zat Asam Ciri-ciri emas palsu lainnya adalah mengeluarkan warna saat dicampurkan cairan asam. Untuk pengujian ini anda bisa gunakan cairan Nitric Acid. Sebagai langkah awal yakni teteskan cairan asam Nitric Acid pada emas. Jika emas asli, tidak akan ada reaksi apa-apa. Namun, bila berubah warna menjadi kehijau-hijauan, berarti emas mengandung logam besi. Bila menunjukkan warna susu, artinya mengandung perak. Sedangkan, jika bereaksi menimbulkan warna emas, besar kemungkinan emas yang diuji mengandung bahan logam kuningan. Emas asli tidak akan mengalami perubahan setelah diteteskan asam nitrat.


Dimana Beli Emas Asli?

Mau beli emas asli untuk investasi? Mudah kok caranya. Anda enggak perlu takut tertipu emas palsu. Sebab, saat ini ada gerai resmi penjualan emas seperti keluarkan emas Antam. Beli emas murah dan mudah bisa didapatkan lewat Galeri 24. Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.




15 views0 comments