Beli Perhiasan Vintage, Mengapa Tidak?


Tren fashion memang selalu didaur ulang. Fashion perhiasan pun tidak luput dari nasib itu. Kini, perhiasan vintage pun kembali dicari oleh para penggemarnya yang masih berusia muda-muda dan ingin tampil menarik. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal mengenai perhiasan lawas satu ini.

1) Perhiasan Vintage, Seusia Orangtua Kita

Yang disebut perhiasan vintage sebenarnya adalah perhiasan berumur 20-50 tahun lebih. Di atas 100 tahun, sebuah perhiasan sudah masuk istilah klasik. Jadi, bisa dibilang perhiasan vintage adalah perhiasan yang seusia dengan orangtua Anda.

Perhiasan vintage mulai banyak diburu lagi karena menyajikan model dan kualitas yang tidak ada pada perhiasan buatan zaman sekarang. Selain itu, ada value lebih dari peralihan era semi-modern yang membuatnya sangat bernilai di mata kolektor.


2) Memiliki Nilai Historis

Selain cantik, perhiasan vintage juga diminati karena bisa memiliki nilai historis. Nilai ini bisa bersifat personal, seperti perhiasan custom yang didesain oleh kakek Anda untuk nenek Anda. Atau bahkan memiliki signifikansi global, seperti cincin berlian solitaire yang mengitari safir Ceylon 12 karat buatan Garrand; pertanda pernikahan Lady Diana dan Pangeran Charles pada 1981 lalu.

Adanya nilai tambahan ini bisa membuat kolektor berani memberikan harga yang tinggi. Belum lagi, hallmark alias emblem di tubuh perhiasan bisa menjadi tolok ukur sejarah dunia pengrajin perhiasan dunia. Ada forum khusus orang yang mencari perhiasan dari Tiffany’s keluaran 1980, atau Swarovski yang masih berlogo bunga Edelweiss.


3) Kualitasnya Tidak Diragukan

Satu hal yang wajib dikagumi dari perhiasan vintage: awet. Bayangkan, selama 20-50 tahunan perhiasan ini tetap awet dan utuh; kalau bukan terlihat makin mengkilat seiring waktu. Inilah yang menakjubkan dari seni perhiasan zaman dahulu. Menggunakan ketelitian mata dan kecekatan tangan yang hanya melibatkan alat seadanya, mereka bisa menghadirkan perhiasan yang cantik dan awet dipakai, cocok untuk kondisi apa pun.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menerapkan perawatan dasar seperti cuci tiap beberapa kala. Juga, jangan lupa untuk melepasnya saat hendak melakukan kerja berat.


4) Ramah Lingkungan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa proses pembuatan berlian memerlukan material yang tidak sedikit. Dampaknya, keseimbangan biota alam dan keanekaragaman hayati pun terganggu. Cukup banyak hutan dan rawa alami yang harus tergerus karena pembangunan tambang emas dan berlian.

Jika Anda adalah orang yang environment conscious, tidak ada salahnya membeli perhiasan vintage. Ini berarti Anda memilih untuk menggunakan perhiasan yang sudah ada dan tidak berkontribusi pada kenaikan demand pasar, biarpun sedikit.


5) Memberi Sentuhan Personal

Jumlah perhiasan vintage yang masih awet di dunia ini dan dijual di pasaran tidak banyak. Jika tidak disimpan sebagai pusaka keluarga, masuk museum. Nah, mengenakan perhiasan yang terhitung langka dan tidak dimiliki orang banyak bisa memberikan sentuhan personal untuk penampilan Anda.

Padu padankan perhiasan vintage Anda dengan setelan simpel dan sepatu monokrom. Dijamin, semua mata akan tertuju pada Anda sebagai pemilik penampilan yang klasik tapi tidak ketinggalan zaman. Jika perhiasan vintage yang Anda miliki kebetulan bertipe simpel, padukan dengan outfit dengan motif atau warna berani seperti biru-emas, merah darah, atau bahkan hijau cemara.

Bagaimana? Masih ragu membeli perhiasan vintage?

Jika Anda menginginkan perhiasan dengan desain vintage, tidak ada tempat yang lebih baik dibanding Galeri24. Menjual ragam perhiasan dengan desain menarik dan harga bersaing, Galeri24 berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan gaya Anda secara profesional. Tersedia lebih dari 50 outlet di seluruh Indonesia.

Galeri24 juga menjual logam mulia tipe ANTAM dan UBS. Anda bisa mengecek galerinya di galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥