top of page

Berikut Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Wajib Diketahui


Cara membedakan emas asli dan palsu merupakan salah satu hal yang wajib Anda perhatikan agar Anda tidak mengalami kerugian karena telah membeli emas palsu. Hal ini karena terdapat banyak risiko dalam membeli emas, karena telah banyak emas palsu yang kini telah beredar di sekitar Anda.


Mengenai hal tersebut Anda harus bisa membedakan karakteristik atau ciri-ciri dari emas asli dan emas palsu agar Anda tidak salah dalam membeli emas. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi risiko tindakan kecurangan dari oknum yang tidak bertanggung jawab yang telah menjual emas palsu kepada masyarakat.


Pada Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara untuk membedakan bentuk dan ciri-ciri dari emas asli dan emas palsu yang wajib Anda ketahui agar Anda tidak mengalami kerugian ketika membeli emas. Bagaimana cara untuk membedakan antara emas asli dan emas palsu? Mari Anda simak informasinya di bawah ini


Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu agar Anda Tidak Keliru


Berikut ini Cara membedakan emas asli dan palsu agar dapat mengetahui ciri-ciri dari emas yang asli dan untuk mencegah terjadinya kerugian dalam membeli emas di bawah ini :


Melihat Fisik Emas dan Menggosoknya


Cara membedakan emas asli dan palsu yang pertama yaitu Anda dapat melihat bentuk fisik dari emas asli dan emas palsu terlebih dahulu.


Ciri-ciri dari bentuk emas asli memiliki tanda-tanda khusus yang menunjukkan kadar dari emas asli tersebut. Biasanya tanda asli tersebut dapat dilihat dengan menggunakan satuan yang disebut dengan finenes atau stian karat dalam bentuk angka, seperti 10 karat, 18 karat dan 24 karat.


Setelah menentukan apakah emas tersebut adalah emas asli atau palsu, kemudian Anda dapat menggosok emas tersebut dengan cara yaitu Anda dapat memegang emas dengan baik dan benar, kemudian Anda dapat menggosokkan permukaan emas tersebut menggunakan telapak tangan atau jari telunjuk secara perlahan-lahan.


Apabila setelah digosok emas tersebut, warna nya tidak memudar, maka emas tersebut adalah emas asli, sedangkan apabila warna nya telah pudar, maka emas tersebut adalah emas palsu. Anda dapat menggunakan cara sederhana ini terlebih dahulu untuk memastikan apakah emas tersebut asli atau palsu.

Disimpan Bersama magnet dan Menggigit Emas


Cara membedakan emas asli dan palsu yang kedua yaitu Anda dapat mengecek tekstur dari emas yang merupakan logam mulia yang berbentuk lunak dan mudah sekali dibentuk menjadi beberapa macam bentuk yang diinginkan.


Apabila terdapat penjual yang menawarkan emas dengan kadar yang tinggi yaitu 24 karat, Anda dapat melakukan pengecekkan tekstur emas tersebut dengan lebih mudah. Hal ini karena semakin tinggi kadar karat emas tersebut, maka tekstur emas menjadi semakin lunak dan mudah dibentuk.


Untuk mengecek kadar tekstur emas yang lunak atau tidak lunak, Anda dapat menggigit bagian permukaan emas untuk mengecek kadar tekstur emas tersebut.


Apabila setelah Anda menggigit emas tersebut, dan menemulan bekas gigitan yang tertinggal, maka emas tersebut adalah emas yang asli.


Namun cara ini Anda dapat mempertimbangkannya terlebih dahulu, karena juga terdapat logam timah yang biasa digunakan untuk membuat emas palsu karena bertekstur lunak.


Selanjutnya Anda dapat meletakkan magnet di samping emas, apabila emas tersebut tidak dapat ditarik oleh magnet, maka emas tersebut adalah emas yang asli. Apabila emas tersebut tertarik oleh magnet, maka emas tersebut adalah palsu.


Namun cara ini juga tidak bisa memberikan jaminan yang mutlak untuk mendeteksi emas asli atau palsu, karena masih banyak jenis logam yang dapat dibuat menjadi emas palsu yang bersifat tidak dapat ditarik oleh magnet.


Menggoreskan Smas ke keramik atau kertas


Cara membedakan emas asli dan palsu yang ketiga yaitu Anda dapat menggoreskan emas ke bagian keramik atau kertas. Apabila emas tersebut digoreskan ke bagian keramik atau kertas tidak menimbulkan bekas, maka emas tersebut adalah emas yang asli. Namun cara ini juga memiliki risiko dapat merusak emas, sehingga Anda perlu mempertimbangkan cara ini terlebih dahulu.


Melakukan Uji Densitas


Cara membedakan emas asli dan palsu yang keempat yaitu Anda dapat melakukan uni densitas atau yang biasa disebut sebagai uji kepadatan logam, namun cara ini cukup rumit untuk mengetahui keaslian emas. Nilai kepadatan emas asli dengan satuan 24 karat memiliki nilai kepadatan berkisar 19,3 g/ml. Anda dapat menggunakan cara tersebut dengan menggunakan praktik menghitung volume kepadatan emas dengan rumus tertentu. Hal ini merupakan cara yang efektif namun cukup rumit untuk Anda lakukan.


Apabila Anda ingin membeli emas dengan kualitas terjamin keasliannya secara online Anda dapat membelinya melalui situs website http://www.galeri24.co.id. Yuk saatnya Anda dapat membeli emas dengan lebih mudah dan terjamin keasliannya bersama Galeri 24.


Apalagi emas di Galeri 24 jenisnya banyak dan berkualitas. Segera beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


1 tampilan0 komentar