Berikut Jenis-Jenis Mutiara yang Sering Digunakan Untuk Perhiasan


Pesona batu perhiasan dari laut ini seperti tak lekang di makan zaman. Bentuknya yang bulat, kilaunya yang cantik, dan kesan royal sekaligus simpelnya tidak pernah gagal mempercantik penampilan Anda.

Wajar, bila kemudian Anda berpikiran untuk memiliki perhiasan mutiara untuk koleksi pribadi. Tapi, ada baiknya mengenal jenis-jenis mutiara sebelum membeli agar tak salah cara merawat.


Proses Terjadinya Mutiara

Tahukah Anda, bahwa sebelum ada campur tangan manusia mutiara amat jarang terbentuk di tubuh kerang?

Gumpalan batu putih ini sebenarnya merupakan kristalisasi dari zat yang dikeluarkan kerang untuk menghalau irritant. Cara kerjanya sedikit mirip zat antibodi di tubuh manusia.

Ketika irritant atau gangguan tak dikenal masuk ke tubuh tiram, mereka mulai mengeluarkan zat bernama nacre. Lapis demi lapis nacre yang berkumpul kemudian membentuk gumpalan bulat, dan inilah mutiara yang kita kenal.

Pada mulanya, mutiara terbentuk begitu saja di laut. Tapi manusia pun mulai membudidakannya, dan membuat peternakan-peternakan mutiara. Tentu, masih ada mutiara alami di luar sana. Tapi sifatnya sangat langka dan sangat mahal, hingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membelinya.


Beda Mutiara Air Asin dan Mutiara Air Tawar

Ada dua jenis tiram di dunia, yaitu tiram air tawar dan air asin. Sebagai hasilnya keduanya pun menghasilkan mutiara yang berbeda pula. Lalu, apakah keduanya sama-sama unggul?

Pasaran rupanya lebih menganggap unggul mutiara air asin. Ini karena mutiara air asin cenderung berukuran lebih besar, kilapnya pun mengilau.

Sayangnya, mutiara air asin juga cenderung mudah pecah atau rentan sehingga mempersyaratkan perawatan hati-hati. Mutiara air asin banyak diberdayakan di negara-negara laut seperti Australia, Tahiti, Thailand, dan Indonesia.

Sementara itu, mutiara air tawae berukuran lebih kecil dan lebih awet. Tetapi, kilapnya tidak berkilauan; lebih memberikan kesan matte. Proses pembuatannya pun lebih singkat, memungkinkan produksi yang melimpah. Negara-negara yang biasanya menghasilkan mutiara air tawar termasuk India, Cina, Amerika Serikat, dan Jepang.


Jenis-jenis Mutiara Terbaik untuk Kebutuhan Anda

Kini setelah Anda mengetahui tipe-tipe mutiara, Anda mulai bisa menentukan mutiara mana yang paling pas untuk kebutuhan Anda.

1. Mutiara Laut Selatan

Mutiara satu ini jarang berbentuk bulat sempurna, sehingga sangat dicari. Bentuknya besar sekitar 15-20 mm. Yang unik dari mutiara satu ini adalah selain warna putih, mutiara laut selatan yang juga biasa disebut south sea pearl ini juga punya varian berwarna emas. Membuatnya sempurna untuk bandul tunggal kalung yang akan menarik perhatian dengan kesannya yang mewah.

2. Mutiara Tahiti

Yang satu ini sedikit unik karena warnanya yang alamiah hitam. Sebenarnya, warnanya tidak benar-benar hitam; lebih seperti bias arang dengan semu hijau, biru, dan abu-abu gelap.

Kadang, bentuknya tidak beraturan, tapi justru itulah yang membuat mutiara Tahiti special. Susut-sudutnya justru membuat pantulan cahaya tidak merata dan semakin berkilauan, karena mutiara Tahiti termasuk mutiara air asin.

3. Mutiara Akoya

Sesuai namanya, mutiara yang satu ini berasal dari Jepang. Cina dan Vietnam pun memproduksi mutiara Akoya, tapi kualitasnya ditengarai tidak sebaik produksi Jepang. Sebagai varian mutiara air asin, ukurannya terhitung kecil-kecil; sekitar 7mm hingga maksimal 10 mm.

Mutiara Akoya cocok untuk kalung karena butirannya imut-imut dan sangat mengilap, membuat siapa pun yang memakainya terlihat elegan tapi tidak berlebihan.

Nah, sudah yakin tentang perhiasan mutiara mana yang ingin Anda miliki?

Jika Anda gemar memakai atau mengoleksi perhiasan, tidak ada salahnya juga untuk membeli perhiasan emas dan berlian yang juga sangat indah. Namun ingat, membeli perhiasan emas dan berlian haruslah di toko perhiasan yang aman seperti Galeri24.

Anak perusahaan dari PT.Pegadaian ini bukan hanya menyediakan perhiasan emas dan berlian, namun juga logam mulia atau emas batangan untuk investasi. Pembelian dapat dilakukan langsung dengan mengunjungi gerai Galeri24 atau online dengan mengakses ke www.galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥