Berkenalan dengan Kilau Warna-Warni Berlian Menurut Tingkatannya


Tidak seperti emas, berlian punya ukuran sendiri untuk mengetahui kualitasnya. Dan untuk itu, Anda harus berkenalan terlebih dahulu dengan istilah 4 C (Clarity, Color, Cut, dan Carat). Berlian yang sempurna adalah berlian yang memiliki angka solid pada kesemua empat standar tersebut.



Meski begitu, tidak selalu yang terbaik adalah yang paling dipilih. Yang membuat berlian unik adalah ragam kilaunya yang berbeda-beda, membuat orang-orang baik dari kawula muda maupun tua berlomba untuk mendapatkan berlian yang dipandang paling mewakili diri masing-masing. Atau, sekadar untuk koleksi.


Mengulik Color, Salah Satu Faktor Penentu Strata Berlian

Pada kesempatan kali ini, ada baiknya kita membahas strata berlian menurut warnanya. Kita bisa menggunakan acuan dari buku tulisan Mahardi Paramita, penggagas lembaga sertifikasi berlian di Indonesia, Adamas Gemological Laboratory of Indonesia (AGL).

Di situ ditulis, “Semakin bening suatu berlian semakin tinggi nilainya. Berlian terbaik adalah berlian yang tanpa warna.”

Sama seperti clarity, untuk menunjukkan kualitas, warna berlian juga memiliki skala. Dan semakin besar nilai skala warna berlian itu, semakin rendah pula harganya. Nah, skala warna berlian ini terbagi menjadi tingkatan-tingkatan berikut.


Kelas #1: Berlian Tidak Berwarna (D, E, F)

Inilah kelas warna berkualitas paling tinggi yang bisa ditempati berlian. Berlian berwarna D sangat langka dan memancarkan kecemerlangan yang tak tertandingi, sehingga menjadi kesayangan para kolektor.

Karena meiliki secercah warna yang sangat kecil, berlian dengan nilai E atau F juga tidak kalah. Pancaran dan tingkat kecemerlangan, juga kilaunya sangat tinggi.


Kelas #2: Berlian Nyaris Tidak Berwarna (G, H, I, j)

Agak lebih di bawah, berlian G atau H terlihat berwarna hanya jika dibandingkan dengan nilai warna yang lebih tinggi. Tapi sebenarnya, kualitas berlian selevel ini pun sudah sangat baik.

Berlian I atau J-color biasanya tampak tidak berwarna oleh mata awam. Tetapi, pancaran sinar yang kuat akan membuat Anda bisa mendeteksi beberapa bias warna selain putih pada berlian tipe ini. Meski sangat samar, apalagi bagi mata awam.


Kelas #3: Berlian Pucat Kekuningan (K, L, M)

Pada tipe berlian ini, warna kuning samar terlihat pada berlian. Tapi bahkan dengan pancaran warna tersebut, nilai-nilai berlian ini dapat memancarkan cahaya dan kecantikan.

Pertimbangkan untuk memilih warna yang lebih rendah ketika membeli perhiasan emas kuning karena warnanya kurang keluar.


Kelas #4: Berlian Berwarna

Yang ini lebih tepat dibilang kelas khusus. Sebab meski warnanya pekat, kepopuleran dan kualitasnya tidak kalah dengan berlian kualitas atas. Berlian yang menunjukkan warna selain kuning muda atau coklat, juga berlian yang memiliki warna kuning atau cokelat dengan intensitas lebih dominan daripada peringkat warna 'Z', dianggap sebagai berlian warna mewah atau fancy color.

Namun, berlian yang memiliki warna-warni alami dan masuk kategori ini sangatlah langka. Faktor terpenting dalam menentukan nilai berlian berwarna alami adalah kekuatan warnanya. Nilai berlian berwarna mewah meningkat dengan intensitas rona paling menonjol di dalam batu. Salah satu contoh berlian tipe ini yang sukses dijual dengan harga fantastis adalah blood pigeon.

Ketika mencari berlian yang tepat, penting untuk menemukan elemen-elemen yang paling banyak mempengaruhi keindahan dan warna berlian. Ketika Anda telah memilih bentuk dan potongan berlian Anda, aspek seperti warna berlian ini dapat dipertimbangkan.

Nah, luar biasa ya, fakta tentang berlian.

Bagaimana? Tergerak punya berlian milik Anda sendiri? Apalagi jika digabungkan dengan rangka perhiasan cantik untuk menemani acara-acara formal Anda. Segeralah buka katalog galeri24.co.id, dan jemput perhiasan impian Anda. Tersedia aneka emas antam dan ubs juga untuk investasi

0 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥