Bukan Hanya Karena Bertambah Gemuk, Ini Penyebab Ukuran Jari Anda Berubah


Cincin terasa sesak di jari, pertanda sudah waktunya diet? Jangan buru-buru! Berlawanan dengan pendapat umum, ada juga beberapa faktor yang membuat jari Anda bisa tiba-tiba terasa membengkak atau malah menyusut bagi cincin. Dan mengenali tanda-tanda ini berarti juga mengenal diri Anda dengan lebih baik.

Apa saja faktor yang mempengaruhi ukuran jari bagi cincin Anda? Yuk disimak!


1. Kandungan Air dalam Tubuh

Fenomena ini juga kerap disebut water retention, dan merupakan hal yang umum terjadi. Apalagi bila Anda aktif mengonsumsi garam. Jika selain cincin sesak Anda juga merasa sering kembung dan bengkak, kemungkinan water retention lah penyebabnya.

Solusinya? Jangan diet. Cukup kurangi konsumsi garam. Ini juga untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan edema, sebuah gejala di mana cairan berkumpul di area kaki, tangan, pergelangan, wajah, dan tentunya, jemari.


2. Reaksi Tubuh Terhadap Temperatur

Pernah dengar vasokonstriksi dan vasodilatasi? Itu adalah fase ketika tubuh menyesuaikan diri dengan temperatur sekitar. Akibatnya, terjadi sedikit perubahan di sana-sini, termasuk ukuran jari.

Vasokonstriksi adalah ketika temperatur sekitar sedang sangat dingin. Akibatnya, tubuh menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi aliran darah pada kulit supaya diri kita tetap hangat. Pada fase ini, wajar jika kemudian pembuluh darah di sekitar jemari jadi turut menyempit. Akibatnya, jadilah jemari kita seolah menyusut.

Beda lagi dengan ketika temperatur sedang panas-panasnya. Pembuluh darah akan melebar karena berusaha melepaskan semua panas melalui pori-pori kulit, yang lalu menghasilkan keringat yang kita kenal. Fase ini disebut vasodilatasi menurut ilmu kesehatan. Akibatnya? Tubuh kita pun terasa “mengembang”, dan sebagai gantinya terjadilah ilusi seolah-olah jari kita menggendut.


3. Sehabis Berolahraga

Ini pun penyebab yang umum. Seringnya, kita merasa seolah sepatu kita kesempitan, cincin kita kekecilan, dan sebagainya pasca berolahraga keras. Wajar, karena pada saat itu semua otot dan pembuluh darah telah dipompa habis-habisan sehingga akibatnya jemari pun ikutan “menggendut”. Ini tidak ada hubungannya dengan berat badan Anda. Jadi, tidak usah panik.


4. Sindrom Lorong Karpal alias Carpal Tunnel Syndrome

Waspadalah jika Anda pelaku profesi yang banyak menggunakan jari. Apabila sesak di area cincin ini dibarengi ngilu atau kebas kadang-kadang, bisa jadi Anda terserang carpal tunnel syndrome. Tanda-tanda lainnya adalah kesemutan, kelemahan, dan berkedut-kedut tanpa henti.

Yang harus waspada pada penyakit ini adalah hairdresser, tukang ketik, Anda yang biasa bekerja di kebun untuk memangkasi tanaman, desainer grafis, dan penjahit. Bengkak di area cincin bisa jadi serius jika Anda mengalami hal-hal di atas. Sebelum terlambat, segeralah periksakan diri Anda pada ahli kesehatan terdekat.


5. Kehamilan

Jika terjadinya pembengkakan di area cincin ini disertai tubuh yang terasa melunak di mana-mana, Anda mungkin sebaiknya memeriksa kalender menstruasi Anda. Bisa jadi, Anda sedang hamil. Memasuki trimester pertama, tubuh wanita akan mulai melunak karena produksi air berlebih.

Ya! Kegendutan selama masa hamil sebenarnya adalah hal yang natural. Selama masa kehamilan, 75% dari isi tubuh kita benar-benar hanya berisi air untuk mempersiapkan diri bagi kelangsungan si bayi. Jadi, jika inilah penyebab dari gemuknya jemari Anda, tak usah risau.

Nah, tidak khawatir lagi, kan?

Sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan, tapi lemak dan kegendutan tidak selalu merupakan antagonis untuk semua indikasi perubahan. Selalu kenali tubuh Anda, dan buat janji dengan pekerja kesehatan profesional serutin mungkin.

Selain itu, dalam memilih cincin Anda patut mengetahui mana yang terbaik bagi Anda. Toko perhiasan yang mumpuni biasa bisa memilihkan sesuai dengan gaya, preferensi, dan ukuran jemari Anda dengan ramah dan sabar. Untuk itu, kami sarankan, pilihlah outlet terpercaya yang akan menerbitkan sertifikat legal atas perhiasan dan investasi Anda.

Galeri24 adalah anak perusahaan PT.Pegadaian yang menjadi toko perhiasan terlengkap, aman dan berkualitas. Galeri24 menyediakan ragam emas seperti logam mulia untuk investasi, perhiasan emas dan batu mulia seperti berlian.

Segera kunjungi website www.galeri24.co.id untuk melihat katalog terbaru dan berbelanja online. Selain itu, Anda juga dapat menemukan distro Galeri24 terdekat di kota Anda jika ingin berbelanja emas secara langsung.

86 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥