top of page

3 Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula


Secara sederhana, investasi emas dapat diartikan sebagai jenis investasi yang menggunakan emas (biasanya emas batangan) sebagai instrumen investasinya. Dalam hal melakukan investasi emas, caranya sangatlah mudah karena investor hanya perlu membeli emas, menyimpannya, dan menjualnya kembali apabila harganya mengalami peningkatan. Investasi emas banyak diminati oleh investor pemula dan investor berpengalaman karena memiliki beberapa keunggulan.

Keunggulan dari Investasi Emas


1. Memberikan Perlindungan Keuangan dari Inflasi


Ketika Anda berinvestasi, Anda harus mengingat dampak inflasi terhadap pengembalian Anda. Investasi emas bertindak sebagai pelindung nilai terhadap inflasi. Inflasi merupakan suatu kondisi di mana harga barang dan jasa mengalami peningkatan, sementara nilai uang menurun. Ketika terjadi inflasi, nilai emas tetap aman bahkan bisa mengalami peningkatan. Oleh karena itu emas bisa dijadikan pilihan instrumen investasi yang tepat untuk menghindari dampak buruk inflasi.

2. Ada Beberapa Pilihan untuk Dipilih


Investasi emas tidak harus dilakukan dengan cara membeli emas fisik. Anda juga bisa memilih untuk berinvestasi emas virtual secara online. Terlepas dari pilihan investasi fisik dan virtual, ada beberapa kelas aset untuk investasi emas. Ketika Anda berencana untuk membeli emas dalam bentuk fisik, pilihannya dibedakan berdasarkan beratnya. Jika Anda ingin berinvestasi emas secara online, pilihan Anda adalah investasi emas digital atau tabungan emas.


Setiap pilihan investasi memiliki kelebihannya masing-masing. Anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan selera risiko, kebijakan investasi, dan tabungan Anda. Namun sekarang ini banyak orang yang memilih untuk membeli emas secara online karena menghilangkan masalah keamanan dan kemurnian yang sering ditemukan ketika membeli emas fisik sebagai investasi.

3. Membantu Diversifikasi Portofolio Anda


Portofolio yang terdiversifikasi mengurangi risiko investasi Anda. Ketika Anda membuat rencana tabungan Anda, sertakan produk yang tidak berkorelasi erat satu sama lain dalam portofolio Anda. Investasi dalam emas mengurangi volatilitas dan risiko portofolio Anda secara keseluruhan.

4. Likuiditas Tinggi


Likuiditas tinggi adalah keuntungan lain dari investasi emas. Baik Anda membeli dan berinvestasi emas secara online maupun membelinya dalam bentuk fisik, menjual kembali emas tidaklah sulit yang kalian kira. Saat Anda membutuhkan dana dengan cepat, menjual aset fisik seperti properti mungkin merupakan tantangan tersendiri. Hal serupa tidak berlaku pada investasi emas karena Anda dapat menemukan pembeli dengan mudah untuk emas fisik dan emas dalam bentuk digital.

Beberapa Aspek yang Perlu Diingat ketika Berinvestasi Emas


Meskipun investasi emas menawarkan berbagai jenis keuntungan yang dibahas di atas, Anda harus mengingat beberapa hal saat memilih untuk berinvestasi emas:


1. Perhiasan emas bukanlah pilihan yang baik untuk tujuan investasi. Ketika Anda ingin menjual perhiasan emas, Anda mungkin mendapatkan harga yang lebih rendah karena penurunan kualitas (kotor, rusak), dan biaya pembuatan perhiasan yang tidak selalu diganti. Ini akan menurunkan laba atas investasi Anda. Oleh karena itu dalam berinvestasi emas, sangat disarankan untuk membeli emas batangan seperti emas antam.

2. Investasi emas tidak menawarkan aliran pendapatan yang stabil. Hal ini terjadi karena emas merupakan bentuk investasi jangka panjang. Anda baru bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dari investasi emas apabila Anda menyimpannya dalam jangka waktu tertentu.

3. Emas dianggap sebagai investasi yang relatif aman. Namun, seperti semua investasi, berinvestasi dalam emas juga datang dengan beberapa risiko yang melekat. Oleh karena itu, Anda perlu memilih metode pembelian dan penyimpanan emas yang sesuai dengan pertimbangan keamanan sebagai hal yang utama.

3 Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula


Setelah membaca tentang keunggulan investasi emas di atas, pasti banyak di antara Anda yang langsung tertarik untuk berinvestasi emas, bukan? Anda sudah tidak perlu khawatir karena cara investasi emas antam sangatlah mudah dilakukan. Saking mudahnya, investor pemula pun dapat menguasai cara investasi emas antam dalam waktu singkat. Secara umum ada 3 cara investasi emas antam, di antaranya yaitu:


1. Membeli Emas Antam Secara Langsung


Cara investasi emas antam yang pertama adalah dengan membeli emas secara langsung. Sesuai dengan namanya, cara investasi emas antam yang satu ini dapat dilakukan dengan cara mengunjungi toko emas terpercaya dan membeli emas antam sesuai dengan preferensi Anda. Secara umum pilihan emas antam dibedakan berdasarkan beratnya, yakni mulai dari 0,5 gram hingga 1 kilogram.


Ada satu hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika Anda memilih cara investasi emas antam dengan membeli secara langsung, yaitu Anda harus membelinya di toko emas yang sudah terverifikasi. Salah satu rekomendasi toko emas terpercaya saat ini adalah Galeri24. Galeri24 merupakan toko jual beli emas antam yang memiliki jaringan di seluruh Indonesia, sehingga Anda dapat membeli emas antam dengan mudah dan aman di toko Galeri24 terdekat di kota Anda.

2. Membeli Emas Antam secara Online


Cara investasi emas antam yang kedua adalah dengan membeli emas antam secara online. Sekilas, membeli emas secara online memang terdengar lebih mudah jika dibandingkan cara investasi emas antam yang pertama (membeli emas secara langsung). Hal ini terjadi karena ketika Anda memilih cara investasi emas antam dengan membeli emas secara online, maka Anda sudah tidak perlu mengunjungi toko emas secara langsung.


Cara investasi emas antam yang satu ini tentu sangat memberikan kemudahan terutama bagi investor yang memiliki tempat tinggal yang jauh dari toko emas. Namun sama seperti ketika Anda membeli emas secara langsung, Anda juga perlu memperhatikan tempat Anda membeli emas antam secara online. Dalam hal ini, Anda dapat membeli emas di situs jual beli emas yang terpercaya seperti Galeri24. Ya, Galeri24 tidak hanya memberikan layanan penjualan emas secara langsung saja, melainkan juga secara online.


Anda sudah tidak perlu khawatir ketika membeli emas secara online di Galeri24 karena di toko ini Anda bisa mendapatkan emas dengan jaminan kadar yang baik dengan harga bersaing. Selain itu, di Galeri24 Anda tidak hanya bisa membeli emas batangan saja melainkan juga perhiasan emas dan emas sebagai hadiah.

3. Membuka Tabungan Emas


Cara investasi emas antam yang terakhir adalah dengan membuka tabungan emas. Tabungan emas pada dasarnya sama dengan tabungan pada umumnya, namun yang Anda simpan bukanlah uang melainkan emas. Ketika Anda membuka tabungan emas, maka Anda akan diberikan informasi secara rutin mengenai pergerakan harga emas dan total nilai tabungan yang sudah tersimpan di rekening Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambah saldo emas dan menariknya dalam waktu tertentu.


Salah satu rekomendasi tabungan emas terbaik saat ini adalah tabungan emas Pegadaian. Tabungan emas Pegadaian memiliki berbagai keunggulan yaitu jaminan kualitas, biaya administrasi yang ringan, serta harga jual yang kompetitif.

Akhir Kata


Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai keunggulan investasi emas dan cara investasi emas antam. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa cara investasi emas sangatlah mudah dilakukan dan memberikan banyak sekali keunggulan untuk jaminan keuangan Anda. Oleh karena itu bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi emas, Anda dapat memilih salah satu cara investasi di atas yang disesuaikan dengan preferensi Anda.


Kemudian pastikan, kalau Anda hendak beli emas online, beli emas di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


16 tampilan0 komentar