top of page

5 Cara Investasi Emas Beserta Keuntungan dan Kerugiannya


Cara investasi emas agar untung - Bagi Anda yang sudah memiliki sebuah penghasilan tetap, bukan berarti masa depan Anda sudah terjamin. Anda masih perlu melakukan banyak hal untuk menjamin masa depan Anda tersebut. Salah satunya untuk bisa menjamin masa depan Anda agar menjadi lebih baik sebaiknya Anda mulai melakukan sebuah investasi. Dalam melakukan sebuah investasi, biasanya bisa dilakukan dalam bentuk apapun baik dengan investasi saham, tanah, maupun dengan investasi emas.


Investasi emas sendiri adalah salah satu cara dan pilihan investasi yang terbaik, terlebih lagi bagi Anda yang masih awam dengan investasi. Hal ini dikarenakan emas bukan hanya bisa digunakan untuk perhiasan, tetapi juga bisa menjadi pilihan investasi. Emas bisa jadi pilihan investasi yang baik bahkan untuk para pemula karena nilai emas cenderung naik. Harga emas bahkan juga cukup stabil, meskipun mengalami penurunan nilainya juga tidak turun terlalu drastis, jika Anda tertarik berikut adalah cara investasi emas agar untung.

Cara Investasi Emas Agar Untung, Tentukan Tujuan Dari Melakukan Investasi Emas


Sebelum Anda memulai melakukan investasi emas, pastikan Anda sudah tahu Apa tujuan Anda dalam melakukan investasi. cara investasi emas agar untung yang satu ini cukup penting. Karena dengan Anda mengetahui secara baik apa tujuan dalam investasi yang Anda lakukan. Anda jadi akan bisa memiliki sebuah target.


Memiliki target dalam sebuah investasi emas jelas menjadi hal yang baik dan sangat penting. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang tujuan tersebut seperti untuk tabungan pendidikan anak, tabungan hari tua, atau bahkan tabungan pernikahan dan lainnya. Salah satu contohnya adalah dengan memiliki target, Anda akan bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan tabungan tersebut. Serta berapa banyak tabungan tersebut akan Anda kumpulkan, dan berapa lama kiranya tabungan emas itu disimpan. Cara ini jelas menjadi sebuah cara investasi emas agar untung.

Rutin mengikuti Perkembangan Harga Emas Adalah Cara Investasi Emas Agar Untung


Cara melakukan investasi emas agar untung yang selanjutnya adalah dengan selalu update terhadap harga emas. Anda harus selalu bisa mengikuti perkembangan harga emas secara rutin. Anda bisa memantau harga emas ini melalui berbagai macam situs resmi di internet. Ada banyak situs yang akan bisa membantu memudahkan Anda untuk memantau harga emas ini.


Tujuan dari memantau harga emas ini tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai cara investasi emas agar untung. Karena meskipun harga emas cenderung stabil, ada kalanya harga emas turun. Meskipun tidak banyak, tapi jika Anda membeli emas pada saat harga sedang sangat tinggi. Hal ini jelas akan menjadi sebuah kerugian untuk Anda karena harga jualnya turun.

Sehingga, dengan mengetahui tentang informasi harga emas tersebut, tentunya Anda juga akan bisa memiliki keleluasaan yang jauh lebih baik untuk menambah emas ataupun untuk menjual emas yang sudah Anda kumpulkan. Karena membeli emas di harga yang turun, kemudian menjualnya saat harga naik jelas menjadi cara pintar dalam melakukan investasi.

Hanya Beli Emas Di Tempat Yang Terpercaya


Ada banyak sekali tempat yang menjual emas di pasaran. Tetapi, jika ingin melakukan investasi sebaiknya hanya beli di toko resmi yang sudah terjamin, dan ini adalah salah satu cara investasi emas agar untung. Anda harus membeli emas di tempat yang memang resmi dan berkualitas, serta memiliki sertifikat resmi atau identitas dari emas tersebut. Dengan melakukan transaksi di tempat resmi, hal ini bisa jadi salah satu cara investasi emas agar untung.


Salah satu tempat yang bisa saya rekomendasikan adalah di Galeri 24. Galeri 24 ini adalah sebuah toko emas yang merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero Indonesia. Sebagai salah satu toko retail emas yang sudah terpercaya dan juga resmi, galeri 24 tentunya memiliki emas yang berkualitas. Bukan hanya itu, di toko emas ini jug tersedia banyak pilihan emas baik logam mulia ataupun perhiasan.


Selain itu, galeri 24 juga memiliki banyak outlet yang sudah tersebar di seluruh Nusantara. Selain membeli perhiasan di toko offline Galeri 24. Andai juga bisa membeli emas di toko onlinenya ataupun website resmi yang dimilikinya. Di sini, mereka juga selalu memiliki sertifikat dan juga identitas untuk setiap perhiasan yang dijual.

Pilih Tempat Penyimpanan Yang Aman Untuk Emas Anda


Cara investasi emas agar untung yang selanjutnya adalah terkait dengan tempat penyimpanan. Biasanya setelah Anda melakukan sebuah pembelian emas untuk digunakan investasi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari tempat yang aman untuk menyimpan emas yang kita miliki. Untuk itu, Anda bisa memulainya dengan menggunakan tempat penyimpanan yang Anda anggap aman. Anda bisa menggunakan sebuah tempat penyimpanan yang aman seperti brankas ataupun sebuah safety box.


Karena emas adalah hal berharga yang bisa saja hilang ataupun dicuri. Memastikan barang tersebut aman juga merupakan cara investasi emas agar untung yang perlu diperhatikan. Selain menyimpannya di sebuah brankas ataupun safety box, jika Anda merasa bahwa hal tersebut dirasa belum aman. Maka Anda bisa mencoba metode penyimpanan lain seperti pada safe deposit box yang biasanya ditawarkan oleh pihak bank ataupun menyimpannya di pegadaian.

Fokus Dengan Tujuan Investasi Anda Untuk Masa Depan


Cara investasi emas agar untung yang terakhir adalah Anda bisa melakukan investasi yang berfokus untuk masa depan. Hal ini dikarenakan harga emas yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Oleh karena hal itu, kamu harus bisa berfokus untuk melakukan investasi emas dalam jangka panjang demi masa depan. Durasi dari investasi ini bisa untuk jangka waktu 10 tahun sampai dengan waktu 15 tahun ke depan.


Selain dengan mengetahui cara investasi emas agar untung, Anda juga perlu tahu apa saja keuntungan dan juga kerugian dari melakukan investasi emas ini. Salah satu keuntungan dari melakukan investasi emas adalah sebagai berikut:


• Dapat dicairkan dengan mudah.


Keuntungan melakukan investasi emas yang pertama adalah emas bisa dicairkan dengan mudah. Hal ini dikarenakan, emas merupakan barang yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Artinya adalah emas tersebut bisa dengan mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika diperlukan sewaktu-waktu. Hal ini tentunya akan berbeda dengan berbagai investasi lain seperti tanah ataupun rumah.


• Investasi emas juga bisa melindungi kekayaan.


Dikarenakan harganya yang terbilang stabil dan cenderung sering mengalami kenaikan, maka jika suatu saat nanti terjadi sebuah inflasi ataupun krisis ekonomi. Harga dari emas ini justru akan mengalami kenaikan. Hal ini tentunya akan sangat berbeda jika Anda hanya menyimpan uang yang Anda miliki dalam bentuk tunai. Karena itu pula, emas menjadi pilihan investasi yang banyak digunakan.

Sedangkan untuk Kekurangan dari investasi emas ini adalah:


• Emas yang disimpan dirumah akan memiliki resiko hilang bahkan dicuri.


Dikarenakan emas adalah barang berharga, bukan tidak mungkin jika barang tersebut dicuri atau bahkan hilang. Hal ini tentunya sangat merugikan, sehingga perlu keamanan ekstra untuk menyimpannya.


• Investasi emas harus sangat sabar jika ingin mendapatkan keuntungan karena merupakan investasi jangka panjang.


Karena emas termasuk dalam investasi jangka panjang, maka jika Anda ingin menjual emas beberapa bulan setelah membeli, mungkin keuntungan yang Anda dapatkan belum maksimal.

Sekian artikel saya, terima kasih.


Pastikan ya, beli emas online dan offline di tempat terpercaya seperti Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


21 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua