top of page

4 Cara Investasi Emas Kekinian yang Bisa Kamu Coba


Saat ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi semakin meningkat. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mulai mencari-cari cara menjalankan berbagai jenis investasi, salah satunya yaitu cara investasi emas kekinian. Investasi emas begitu digemari karena metodenya yang mudah dan nilai jualnya yang cenderung naik dari waktu ke waktu.

Keunggulan dari Investasi Emas


· Emas adalah Aset Berwujud


Jika Anda membeli emas fisik, Anda dapat langsung memegangnya di tangan Anda. Hal ini tentu berbeda dengan sebagian besar investasi lainnya. Emas yang asli tidak bisa dihancurkan oleh waktu, air, bahkan api. Dan tidak seperti jenis investasi lainnya, emas tidak membutuhkan pemeliharaan khusus.


Ada keuntungan lain dari emas sebagai aset berwujud, yaitu jenis investasi ini tidak dapat diretas atau dihapus. Tidak seperti rekening online, mata uang kripto, dan layanan pembayaran seperti kartu kredit, emas batangan berada di luar jangkauan peretas dan pencuri identitas.


Di dunia sekarang ini, mungkin ide yang bagus untuk memiliki sebagian kekayaan Anda dalam wujud aslinya. Jika internet tidak tersedia atau dunia online mulai dimasuki oleh para peretas, emas yang Anda miliki tidak akan terpengaruh. Bahkan, dalam skenario itu, mereka bisa menjadi penyelamat. Hal ini terjadi karena emas fisik tidak bisa diretas atau dihapus oleh para peretas.

· Emas Tidak Memiliki Risiko dari Pihak Lain


Jika Anda memegang emas batangan, tidak diperlukan kontrak kertas untuk membuatnya utuh. Tidak ada perantara atau pihak lain yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban kontrak. Itu karena emas adalah satu-satunya aset keuangan yang tidak sekaligus menjadi kewajiban entitas lain.


Ini penting karena emas akan menjadi aset terakhir yang bertahan saat kekacauan ekonomi meletus atau krisis melanda. Itu adalah aset yang ampuh untuk dimiliki dalam portofolio Anda ketika ada masalah di negara atau ekonomi. Ini juga berarti nilai emas tidak akan menjadi nol. Itu tidak pernah terjadi dalam ribuan tahun sejarahnya.


Emas akan selalu memiliki nilai dan Anda selalu dapat menjualnya jika Anda membutuhkan uang tunai. Emas fisik sebagai instrumen investasi juga tidak bisa bangkrut atau kehilangan nilainya.


· Emas Bersifat Rahasia


Berapa banyak aset yang bisa Anda pilih di dunia saat ini? Jika Anda menginginkan sedikit privasi, emas fisik adalah salah satu dari sedikit aset yang dapat mewujudkannya. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah Anda masih harus melaporkan keuntungan apa pun atas pajak penghasilan Anda.


Emas adalah salah satu dari sedikit investasi yang dapat anonim. Jika Anda memilih ini, maka tidak ada pihak lain yang tahu Anda memilikinya. Hampir semua investasi lain yang mungkin Anda lakukan tidak memiliki manfaat ini. Implikasi Oleh karena itu jika Anda menginginkan investasi pribadi atau rahasia, emas adalah salah satu dari sedikit aset yang dapat menawarkan ini.

· Emas itu bersifat likuid dan portabel


Emas juga dikatakan sebagai jenis investasi yang ideal karena mudah dijual, dan dapat dibawa ke mana pun Anda pergi. Selain itu, emas juga sangatlah likuid. Anda dapat menjualnya ke toko emas terdekat atau secara online. Singkatnya, emas selalu dapat dijual dengan uang tunai atau ditukar dengan barang. Prosesnya seringkali lebih cepat daripada menjual saham di rekening perantara Anda. Hal ini terjadi karena emas selalu memiliki basis pembeli yang besar.

· Emas Mudah Disimpan dengan Biaya Perawatan dan Penyimpanan yang Rendah


Satu pertanyaan yang muncul berkenaan dengan cara investasi emas kekinian adalah biaya penyimpanannya. Meskipun jasa penyimpanan profesional memang dikenakan biaya, namun biaya penyewaan brankas biasanya rendah. Hal ini cukup berbeda dengan jenis investasi lainnya yang membutuhkan biaya perawatan yang besar seperti investasi properti.


Tentu saja Anda selalu dapat menyembunyikan atau menyimpan emas di rumah Anda juga. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penyimpanan emas dapat dilakukan dengan perawatan yang mudah, biaya rendah, dan membutuhkan sedikit ruang penyimpanan.

· Emas akan Melindungi Portofolio Anda di Saat Krisis


Salah satu keuntungan terkuat emas adalah dapat melindungi investasi Anda dan bahkan standar hidup Anda selama periode krisis ekonomi, moneter, atau geopolitik. Tergantung pada sifat krisis, sifat emas dapat berubah dari alat defensif ke alat penghasil keuntungan yang ofensif.


Ketika krisis menyerang dan mendorong rasa takut yang lebih tinggi, entah itu dari investor yang khawatir tentang pasar saham atau peristiwa besar yang memengaruhi kehidupan semua warga negara, emas adalah tempat berlindung yang aman. Kekhawatiran adalah faktor yang mendorong orang dalam krisis, jadi semakin besar kekhawatiran semakin banyak emas yang dicari dan semakin tinggi harganya.

Cara Investasi Emas Kekinian


Setelah membaca tentang keunggulan investasi emas di atas, pasti banyak di antara Anda yang langsung tertarik untuk berinvestasi emas, bukan? Nah Anda sudah tidak perlu khawatir karena cara investasi emas sangatlah mudah dilakukan. Bahkan, investor pemula sudah dapat melakukan cara investasi emas kekinian dalam waktu yang singkat. Berikut adalah langkah-langkah dan cara investasi emas kekinian:


1. Memperhatikan naik turunnya harga emas di pasaran


Cara investasi emas kekinian yang pertama adalah dengan memperhatikan naik turunnya harga emas di pasaran. Cara investasi emas kekinian yang satu ini tentu sangat mudah dilakukan karena Anda dapat melihat harga emas di situs yang terpercaya seperti Antam atau Pegadaian. Apabila Anda ingin membeli emas, maka sangat disarankan untuk membelinya ketika harga sedang turun.

2. Membeli emas


Cara investasi emas kekinian yang kedua adalah membeli emas. Dalam cara Cara investasi emas kekinian yang satu ini, Anda dapat membeli emas di toko emas fisik atau toko emas online yang sudah terverifikasi seperti Galeri24. Galeri24 sendiri sudah memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia sehingga Anda dapat membeli emas secara aman dan nyaman di Galeri24 terdekat di kota Anda.


Dalam cara investasi emas kekinian, Anda dapat memilih jenis emas Antam yang Anda inginkan berdasarkan beratnya. Saat ini berat emas Antam bervariasi mulai 0,5 gram hingga 1 kilogram.

3. Menyimpan emas


Cara investasi emas kekinian yang ketiga adalah menyimpan emas. Setelah membeli emas, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan emas sebagai instrumen investasi Anda. Anda dapat memilih metode penyimpanan yang berbeda seperti penyimpanan emas di bank atau di rumah Anda sendiri. Dalam hal penyimpanan emas hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah sisi keamanannya.

4. Menjual emas pada waktu yang tepat


Cara investasi emas kekinian yang terakhir adalah dengan menjual emas pada waktu yang tepat. Untuk dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual emas antam Anda, Anda dapat memantau pergerakan harga emas melalui situs terpercaya. Ketika harga emas sedang tinggi dan jauh dibandingkan ketika Anda membelinya, maka ini bisa menjadi patokan waktu yang tepat bagi Anda untuk menjualnya.

Akhir Kata


Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai cara investasi emas kekinian yang dapat Anda coba. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa cara investasi emas sangatlah mudah dilakukan dan tidak memerlukan keahlian khusus. Oleh karena itu investasi emas bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan diversifikasi portofolio investasi.


Kemudian ingat, kalau Anda akan beli emas online, belilah di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua