• Galeri24

Cara Jitu Dapat Untung Besar dari Investasi Emas

Kilau harga emas di tahun 2020 semakin membuat masyarakat tertarik berinvestasi pada instrumen tersebut. Harga emas dunia bahkan mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sehingga berdampak pada harga logam mulia di tanah air. Lantas bagaimana cara jitu mendapatkan untung besar dari investasi emas di kemudian hari? Apa yang harus dilakukan oleh investor khususnya para pemula? Nah, penjelasan berikut mungkin bisa menjadi gambaran cara tepat investasi emas tahun 2021.


Proyeksi Harga Sebelum Investasi Emas

Sebelum Anda investasi emas, ada baiknya mengetahui proyeksi harga emas di masa yang akan datang. Dilansir dari laman Cnbcindonesia, naik dan turunnya harga logam mulia di dalam negeri cukup dipengaruhi harga emas dunia. Oleh karenanya, proyeksi harga emas dunia bisa menjadi acuan bagi harga emas di Indonesia.


Pada tahun 2011 diketahui harga emas dunia pernah mencetak rekor tertinggi pada US$ 1.920.3/troy ons. Baru di tahun 2020 atau satu dekade berikutnya rekor tersebut akhirnya terpecahkan. Dalam perjalanannya, harga emas dunia juga pernah anjlok pada posisi US$ 1.045,85/troy atau menurun 45,54% di tahun 2015. Melihat hal ini maka bukan tidak mungkin harga emas bisa mencapai titik terendah.


Pada saat itu, bila dianalisa apa yang menjadi penyebab turunnya harga emas, jawabannya adalah kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) serta kebijakan moneter yang diambil oleh bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed). Negeri Paman Sam tersebut nyatanya menjadi faktor atas pergerakan harga emas mulai turun ke rekor harga terendah sampai melambung pada rekor harga tertinggi.


Resesi ekonomi di AS telah memicu krisis finansial global sehingga membuat The Fed memangkas suku bunga hingga 0,25%. Tidak hanya itu, The Fed juga mengambil program pembelian aset (obligasi pemerintah dan surat berharga lainnya) atau yang dikenal dengan istilah quantitative easing (QE). Cara itupun kini dilakukan AS di tengah kondisi resesi dan pandemi Covid-19 yang melanda dunia.


Tips Jitu Investasi Emas yang Tepat

Jika beberapa tahun ke belakang, resesi ekonomi AS telah banyak mempengaruhi harga emas, maka di tahun 2020 ini faktor pandemi virus Covid-19 telah menentukan proyeksi harga emas ke depan. Sampai saat ini, AS mengalami peningkatan kasus Covid-19, sehingga pemulihan ekonominya terancam berjalan dengan lambat. Namun, jika ekonomi AS bangkit maka sangat mungkin harga emas akan menukik kembali. Selain itu, gejolak politik pasca Pilpres AS yang belum menunjukan kepastian tentu membuat harga emas masih relatif stabil .


Faktor eksternal tersebut sebenarnya hanya sedikit gambaran bagi para investor emas. Bila Anda ingin investasi emas, hal-hal lain juga mesti diperhatikan sehingga investasi yang dilakukan memberikan keuntungan besar. Bagi yang ingin mulai investasi emas, berikut ada beberapa tips yang mesti diketahui.


  1. Perhatikan Waktu Saat Menjual Emas Sampai saat ini nilai emas cenderung stabil bahkan mengalami kenaikan. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda. Akan tetapi, sudah jadi rahasia umum bahwa emas merupakan komoditas yang tergolong ke dalam investasi jangka panjang. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menjual emas dengan tergesa-gesa. Bila Anda baru satu tahun membeli emas, tentu hasil jualnya akan kurang menguntungkan. Dengan kata lain, semakin lama Anda menyimpan emas tersebut maka akan semakin besar keuntungan anda saat menjualnya nanti.

  2. Pantau Terus Harga Emas Cara mudah dan menguntungkan berinvestasi emas adalah selalu memantau pergerakan harga emas di pasaran. Anda bisa mempelajari pergerakan emas sebagaimana tren kenaikan atau penurunan harga. Misalnya, harga emas hari ini berkisar Rp 900.000, maka lihat grafik harga di hari-hari sebelumnya. Jika terus mengalami kenaikan harga, tidak ada salah kalau Anda membeli emas saat itu juga. Berinvestasi emas yang menguntungkan adalah mampu membeli emas di saat harga murah dan menjualnya ketika harga tinggi. Hal ini hanya sebagai pengetahuan untuk menentukan waktu terbaik kapan harus membeli emas.

  3. Jual dan Beli di Tempat yang Sama Sudah jadi rahasia umum kalau menjual emas akan lebih untung di tempat Anda membeli emas tersebut pertama kali. Di toko emas tersebut Anda bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih menjanjikan dibandingkan toko emas lainnya. Namun, jangan lupa untuk menyertakan surat pembelian emas. Simpan surat pembelian setiap kali Anda membeli emas agar harga emas yang dijual jatuh terlalu murah.

  4. Survei Harga Emas di Toko Perhiasan Tips investasi emas selanjutnya adalah membandingkan harga emas antara toko perhiasan. Sebelum memutuskan untuk menjual di satu toko tertentu termasuk toko pertama kali Anda membeli emas, ada baiknya Anda melakukan survei harga emas juga di beberapa toko lain. Bandingkan harga antara toko satu dengan yang lainnya. Pilih toko emas yang menawarkan harga tertinggi sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan. Di samping itu, Anda juga tak perlu ragu untuk mencari informasi soal harga emas dari rekan-rekan Anda yang memang sudah terjun di dunia investasi emas. Pengalaman mereka setidaknya bisa membuat langkah investasi emas Anda menjadi lebih tepat.

  5. Pilih Jenis Emas Sebelum memulai investasi emas, sebaiknya tentukan jenis emas. Jenis emas akan menentukan kemudahan dan keuntungan Anda dalam berinvestasi emas. Ada beragam jenis emas yang bisa diperjualbelikan di pasaran. Semua jenis emas tersebut tentu memiliki nilai masing-masing dan pangsa pasar sendiri. Oleh karena itu, rencanakan jenis emas apa yang ingin Anda investasikan.

  • Logam Mulia Logam mulia adalah emas murni 99.9% yang berbentuk batangan atau kepingan. Dalam setiap pembelian logam mulia akan selalu disertai sertifikat keaslian dan berat emas. Anda bisa mendapatkannya melalui Galeri24, gedung Antam, Pegadaian, atau Bank Syariah.

  • Perhiasaan Emas Perhiasan emas cukup menarik dijadikan investasi. Perhiasaan sangat digemari terlebih oleh kalangan wanita. Perhiasan dapat dijadikan koleksi dan juga untuk investasi jangka panjang. Namun, perhiasan emas sering sekali mengalami penurunan harga saat dijual. Jadi pastikan Anda menunggu momen yang pas sebelum menjualnya kembali. Salah satu tempat resmi yang bisa dijadikan rekomendasi pembelian perhiasaan emas adalah Galeri24. Anda bisa temukan semua produk emas batangan maupun perhiasaan emas bersertifikat resmi di sini.

  • Koin Emas Koin emas bisa dijadikan pilihan investasi emas. Koin emas memiliki banyak jenis seperti koin emas cetakan, koin emas mata uang, koin emas kuno, dan masih banyak lagi. Sedangkan di Indonesia sendiri investasi koin emas yang populer adalah koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin emas dinar produksi PT Antam.



61 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥