top of page

Cara Memastikan Kualitas Emas Setelah Membelinya


Emas masih menjadi primadona masyarakat sebagai salah satu produk investasi yang sangat menguntungkan, baik sebagai perhiasan maupun berbentuk logam mulia ini. Dalam jangka panjang kurang dari 5 tahun ini, harga emas biasanya memang akan terus mengalami kenaikan. Nah sebelum benar-benar memulai sebuah investasi maka perlu sekali mengetahui dan mengenal cara memastikan kualitas emas setelah membelinya.


Penipuan dalam transaksi emas memang kerap terjadi karena saat angka permintaanya meningkat akan membuat Emas begitu dibutuhkan. Dengan mengenal cara memastikan kualitas emas setelah membelinya pasti akan dengan mudah mengetahui cara memastikan kualitasnya dengan benar. Untuk itu simak beberapa cara berikut untuk meningkatkan kemampuan mengenai cara memastikan kualitas emas setelah membelinya.


Cara Memastikan Kualitas Emas Setelah Membelinya


1. Perhatikan Fisiknya Dengan Benar

Hal yang paling mudah dalam cara memastikan kualitas emas setelah membelinya adalah dengan melihat penampakan fisik dari emas ini. Untuk melihat fisiknya memang harus dilihatnya dengan tampilannya. Logam mulia yang asli akan terlihat dengan baik kualitas dari fisiknya ini. Untuk emas terlebih pada kuning yang menyilaukan mewah, jika tidak jernih atau warna kuning cenderung keruh, pasti membuat Anda tidak menarik.


Tanda fisiknya seperti pada cap perusahaan produsen yang menunjukkan kadar karat dan menggunakan satuan fineness yang dikenal dengan menggunakan satuan dari mulai 10 karat, 18 karat hingga pada 24 karat ini.


2. Menggigit Emas

Cara paling sederhana dalam mengetahui dan cara memastikan kualitas emas setelah membelinya adalah dengan menggigitnya. Mungkin cara ini cukup familia karena beberapa atlet menggigit medali emas begitu memenangkan kejuaraan. Selain itu beberapa selebrasi memperlihatkan kejadian serupa ini. Menggigit emas untuk melihat cara memastikan kualitas emas setelah membelinya memang cukup awam saat ini.


Emas yang memiliki karakteristik unik akan dengan mudah dikenali kualitasnya. Semakin tinggi kadar emas yang terkandung maka akan semakin lunak emasnya. Tidak heran jika terdapat bekas pada emas perlu diperhatikan keasliannya. Akan tetapi cara ini tidak berlaku pada investasi emas perhiasan karena hanya akan merusak atau membuat lapisan pelindungnya rusak.


3. Menggosok Perlahan

Jika mengetahui emas adalah logam mulia yang terbentuk dari batuan kemudian dengan proses ilmiah dilakukan pencairan. Berbeda dengan emas tambahan atau palsu yang berbentuk serbuk atau mudah terkelupas karena perbedaan tekstur ketahanan nya. Untuk itu dalam cara memastikan kualitas emas setelah membelinya adalah dengan menggosok perlahan dengan permukaan tangan Anda secara berulang.


Jika Anda menemukan serbuk atau lapisan kuning keemasan yang terkelupas, perlu untuk dipertanyakan keaslian dari emas tersebut. Jika emas digosok warnanya bisa jadi memudar sehingga tidak rata, untuk itu beberapa diantaranya menempel pada tangan Anda jika digosokkan terus menerus. Untuk itu cara memastikan kualitas emas setelah membelinya efektif Anda lakukan.


4. Mendekatkan Pada Magnet

Emas merupakan logam yang tidak akan tertarik oleh magnet atau bersifat non magnetis. Sehingga dengan kekuatan sebesar apapun magnet tidak akan bisa menarik atau membuatnya menempel. Ini yang akan membandingkan kualitas emas yang baik dan kurang baik. jika terlalu banyak campuran akan menempel pada magnet ini. Karena kandungan dari campuran magnet yang umumnya adalah magnetis.


Anda dapat menerapkan ini sesaat dirumah dengan meletakkan mainan magnet dengan kadar penarikan yang cukup. Jika terjadi menempel magnet maka Anda dapat segera menanyakan pada toko atau tempat jual mengenai keaslian dari magnet yang dijualnya ini. Terlebih untuk investasi pastinya menginginkan kualitas terbaik dari emas ini.


5. Mengecek Keaslian dari Sertifikat

Selanjutnya, mengenai cara memastikan kualitas emas setelah membelinya dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan pada sertifikatnya. Dengan mengecek pada sertifikat asli sebagai bukti dari pembelian emas. Jika emas asli akan ada kesamaan dari kualitas dan keaslian dari emas ini dengan sertifikatnya. Untuk itu dilakukan cara memastikan kualitas emas setelah membelinya untuk melihat kesesuaian ini dengan benar.


Apabila sertifikat ini dilakukan dengan melihat hologram pada sertifikat ini dibawah sinar matahari. Sinar matahari akan menunjukkan sertifikat yang asli begitu terlihat dengan memantulkan warna warni pada hologramnya. Maka dari situ dapat terlihat keasliannya. Dapat juga melihat daripada pemberi sertifikat dan cara pencetakan sertifikat yang baik dan benar. Karena keaslian dari sertifikat terlihat dari sananya.


6. Mendatangi Toko Terdekat

Anda dapat mengunjungi toko emas terdekat untuk mengetahui keaslian dari logam mulia ini , Biasanya petugas akan melakukan pengecekan dan penentuan keaslian emas daripada alat yang dipergunakannya ini. Untuk itu Anda dapat mengunjunginya dengan membawa emas yang Anda periksa disana. Biaya pemeriksaan bisa dilakukan kapanpun karena sebagai bentuk pendeteksian diri daripada mendatangi keaslian dari emas ini.


Untuk selanjutnya cara memastikan kualitas emas setelah membelinya dapat dilakukan dengan beberapa cara diatas. Sebagai investor yang baik, Anda dapat melakukan hal hal diatas terlebih jika Anda seorang investor pemula, akan sulit untuk mengenali yang memiliki kualitas baik dengan yang palsu, karena tampilan fisik saja tidak akan cukup. Demikian beberapa cara memastikan kualitas emas setelah membelinya, untuk membantu Anda. Terimakasih.


Agar Anda tak perlu repot untuk memeriksa kualitas emas, lebih baik beli emas di tempat yang terpercaya seperti Galeri 24.


Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijualnya pasti berkualitas dan legal.


Jadi ingat, beli emas berkualitas hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!

60 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua