top of page

Cara Membedakan Emas yang Asli dan Palsu


Meskipun saat ini investasi emas sudah menjadi salah satu hal yang cukup populer, namun masih banyak orang yang masih belum paham tentang cara membedakan emas yang asli dan palsu. Lalu, bagaimanakah cara membedakannya? Berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai cara membedakan emas asli dan palsu serta tips perawatannya di bawah ini.

Cara Membedakan Emas yang Asli dan Palsu


1. Pemeriksaan Visual

Cara membedakan emas yang asli dan palsu yang pertama adalah melalui pemeriksaan visual. Dalam metode pemeriksaan ini, carilah tanda khusus. Apakah ada nomor resmi yang tertera pada logam mulia emas? Dalam kebanyakan situasi, item emas akan memiliki stempel (juga dikenal sebagai ciri khas) yang menunjukkan persentase emas yang dikandungnya.


Cari tanda ini dengan saksama untuk membantu meyakinkan Anda bahwa apa yang Anda miliki adalah asli. Namun sedikit peringatan, meskipun memiliki kualitas emas sejati, beberapa perhiasan yang lebih tua mungkin kehilangan tandanya karena aus. Perhiasan emas palsu juga memiliki beberapa tanda imitasi yang bahkan dapat menipu Anda, sehingga disarankan untuk tidak hanya mengandalkan tes ini saja.

2. Tes magnet

Cara membedakan emas yang asli dan palsu yang kedua adalah melalui tes magnet. Ini adalah salah satu tes termudah yang dapat Anda lakukan untuk menguji keaslian emas Anda. Namun, Anda tidak selalu dapat memastikan hasil dari metode ini karena ini juga dapat memberikan hasil yang berbeda. Saat melakukan uji magnet, jangan menggunakan magnet kulkas biasa karena tidak akan berfungsi. Alih-alih, carilah magnet yang lebih kuat yang bisa ditemukan di toko bahan bangunan atau yang bisa ditemukan di dompet wanita. Anda membutuhkan magnet yang lebih kuat untuk mendapatkan hasil terbaik dari metode ini.

3. Uji Kepadatan

Cara membedakan emas yang asli dan palsu yang ketiga adalah melalui tes kepadatan. Apabila dilihat berdasarkan kualitasnya, logam emas adalah salah satu logam terpadat di luar sana. Hanya sedikit logam yang bisa mengalahkan emas dalam hal ini. Faktanya, emas cenderung tenggelam saat dijatuhkan dalam segelas air karena kerapatannya. Mengukur berat jenis perhiasan emas kuning juga akan membantu Anda membedakan emas asli dan emas palsu. Perhiasan emas 24 karat berbobot 19 gram/ml. Jika perhiasan Anda memiliki kepadatan yang lebih tinggi dari ini, Anda memiliki logam emas yang jauh lebih murni. Saat melakukan tes ini, pastikan tidak ada permata dan hiasan lainnya agar tidak mempengaruhi hasil.

4. Uji Keausan

Cara membedakan emas yang asli dan palsu yang keempat adalah melalui uji keausan. Tanda lain bahwa emas tidak seperti yang terlihat adalah keausan yang terlihat pada barang tersebut. Jika emas sudah aus, ternoda, atau berbintik, itu bukan emas murni. Periksa area permukaan dan di sekitar tepi koin atau perhiasan. Jika jenis atau warna logam lain terlihat menyembul dari bawah emas, barang tersebut mungkin berlapis emas dengan perak, tembaga, atau kuningan di bawahnya.

5. Uji Asam Nitrat

Cara membedakan emas yang asli dan palsu yang kelima adalah melalui uji asam nitrat. Meskipun ini adalah salah satu cara paling pasti untuk mengetahui apakah emas tergolong asli atau palsu, ini memiliki beberapa batasan. Pertama, asam nitrat adalah bahan kimia yang cukup sulit ditemukan, dan kedua, banyak risiko yang menyertainya. Oleh karena itu, lebih baik untuk mempercayakan ahli emas melakukan ini untuk Anda, jadi Anda tidak membahayakan kesehatan dan emas Anda.


Dalam uji asam nitrat, keaslian emas didasarkan pada warna yang dihasilkannya. Tempatkan emas Anda di atas piring stainless steel. Jangan lupa memakai kacamata pelindung karena tes ini dapat menghasilkan asap. Selanjutnya, tinggalkan beberapa tetes asam nitrat ke perhiasan. Jika logam menjadi hijau, itu adalah logam tidak mulia. Namun, jika berubah menjadi emas, itu adalah kuningan berlapis emas. Jika menghasilkan reaksi seperti susu, itu adalah perak berlapis emas. Tidak ada reaksi sama sekali berarti Anda memiliki emas asli.

Cara Merawat Emas Asli


· Jangan Memegang Emas Batangan Terlalu Sering

Cara utama untuk merawat emas atau melindungi emas Anda adalah dengan tidak sering memegangnya kecuali jika diperlukan, tetapi terkadang memang ada kondisi dimana Anda mungkin menginginkan atau membutuhkannya. Emas itu lunak, jadi untuk mencegah emas batangan Anda rusak oleh permukaan yang keras saat menanganinya, letakkan handuk atau kain yang lembut dan bersih di permukaan tempat Anda ingin meletakkannya. Selain itu, letakkan sesuatu yang lunak di lantai untuk mencegahnya jatuh.

· Tidak Perlu Membersihkan Emas Batangan

Anda tidak perlu membersihkan emas batangan. Faktanya, hal itu dapat merusak lapisan luar emas. Emas tidak berkarat atau ternoda, sehingga akan tetap cerah selamanya. Namun, jangan simpan emas dengan perak atau logam yang sudah ternoda, karena itu dapat menyebabkan kerusakan. Dalam hal penyimpanan, menyimpan emas Anda dalam wadah atau kotak kedap udara dapat membantu melindunginya.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai cara membedakan emas asli dan palsu serta tips perawatannya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa keaslian emas pada dasarnya memang dapat diuji dengan metode pengujian tertentu. Namun untuk menjamin agar emas yang Anda beli asli, sangat disarankan untuk membelinya di situs terpercaya seperti galeri24.com.


Jadi ingat, beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


83 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua