top of page

Cara Membedakan Emas Yang Asli dan Palsu Berdasarkan Fisiknya


Penipuan emas ini memang kerap terjadi, terlebih untuk Anda yang baru saja menginginkan memulai berinvestasi emas. Jika pertama kali melakukan investasi emas ini memang memerlukan banyak persiapan, terlebih untuk menghindari kesalahan atau kerugiannya. Salah satu masalah yang banyak terjadi pada investor awal adalah pada kesalahan memilih emas, dengan terjerumus pada emas palsu sebagai komponen investasi, tentu emas palsu ini tidak akan menghasilkan.


Sebagai investor harus pandai pandai memilih dan memilah emas yang digunakan untuk investasi ini. Jangan sampai masuk pada perangkap penipuan dalam memulai investasi emas ini. Untuk itu simak penjelasan artikel ini mengenai cara membedakan emas yang asli dan palsu dibawah ini.


Cara Membedakan Emas Yang Asli dan Palsu Berdasarkan Fisiknya


1. Lihat dari fisiknya

Tentu, hal yang paling mudah dari cara membedakan emas yang asli dan palsu adalah pada tampilan luar atau fisiknya. Akan terlihat jelas mengenai emas asli dan yang palsu. Terlebih untuk emas batangan ini aka nada cap dari perusahaan yang mengeluarkannya. Untuk itu teliti dengan baik setiap komponen yang ada dalam emas Anda ini. Pastikan jika tidak ada perbedaan dengan tampilan emas pada umumnya. Fisik ini juga meliputi beberapa penampilan dari emas ini.


Ada ciri khusus dari emas batangan asli, yang menandakan kadar dari emas itu sendiri. Mulai dari 10 karat, 18 karat, hingga 24 karat ada perbedaannya sendiri sendiri. Terlebih pada tampilan ini juga meliputi pada tampilan, warnanya jika warna terlalu mencolok dan tidak normal akan lebih baik untuk menghindari memulai investasi disana, karena takutnya emas yang tidak murni.


2. Mencoba Menggigit emas

Cara mudah dalam cara membedakan emas yang asli dan palsu adalah dengan melihat tekstur dari batuannya. Jika emas murni maka ada perbedaan dengan emas palsu. Ketika digigit pastinya akan menimbulkan bekas dapat diidentifikasi sebagai emas yang asli namun dengan kadar yang tinggi. Berbeda dengan tingkat kekerasan emas yang tidak wajar akan mudah curiga emas yang dijual tidak murni atau terlalu banyak campuran atau bahkan palsu.


Menjadi pembeli perlu banyak cara dalam mengantisipasi penipuan ini. Mengikutinya juga jangan terlalu keras karena nanti akan menimbulkan kerusakan pada emas dan berpengaruh pada penurunan nilai ketika berinvestasi emas ini.


3. Menggosok Emas

Hal yang kemudian menjadi cara membedakan emas yang asli dan palsu selanjutnya pada menggosok emas. Anda dapat mempergunakan tangan kosong untuk menggosok emas supaya mengetahui keasliannya. Emas yang palsu umumnya berbentuk serbuk yang sangat mudah terkelupas jika digoreng ataupun terkena permukaan akibat gosokan. Untuk melihat cara membedakan emas yang asli dan palsu dapat dilakukan dengan cara ini.


Tentu akan sangat mudah karena tidak menggunakan alat tambahan. Emas yang terbentuk dari batuan akan tetap mempertahankan warna cantiknya bahkan ketika dilakukan penggosokan ini. Untuk itu Anda tidak perlu merasa khawatir jika emas murni tidak akan berkurang kadarnya hanya dengan menggosoknya. Anda juga diminta untuk tidak terlalu kuat dalam melakukan gosokkan ini, karena ditakutkan justru akan merusak pelindungnya.


4. Menggunakan Magnet

Emas adalah logam non magnetic, namun campuran dari emas seperti besi atau tembaga berupa barang magnetic yang akan mudah tertarik jika berdekatan atau ditempelkan pada magnet. Untuk itu cara membedakan emas yang asli dan palsu yang paling mudah adalah dengan mencari atau menggunakan magnet dan menempelkan dimana saja. Untuk penggunaan magnet ini dapat dari mana saja, karena semakin jauh akan semakin terlihat kandungan emasnya.


Menggunakan magnet juga akan memperlihatkan cara membedakan emas yang asli dan palsu. Jika menggunakan magnet akan terlihat yang asli dan yang palsu bahkan pada jarak tertentu. Untuk itu cara ini menjadi cara paling mudah dalam cara ini.


5. Menggoreskan ke Keramik

Selanjutnya untuk cara membedakan emas yang asli dan palsu adalah dengan mengidentifikasi pada menggoreskan emas ke keramik. Ini dilakukan untuk melihat jika ada perbedaan warna dalam dan luar emas maka dapat dipastikan emas tidak murni atau palsu. Namun untuk menggoreskan ini jangan sampai merusak terlalu dalam, karena nanti akan mengurangi nilai daripada emas itu, dan membuat harganya turun.


6. Pengecekan Ke Butik

Hal paling mudah untuk melakukan pengecekan dan mengetahui cara membedakan emas yang asli dan palsu adalah dengan mendatangi toko atau tempat yang menyediakan pengecekan emas didalamnya. Ada alat untuk melihat kadar emas juga, Anda dapat menyesuaikannya dengan sertifikat yang Anda miliki untuk melihat kebenaran dari emas yang Anda dapatkan ini sesuai atau tidaknya. Memang pengecekan ini membuat Anda mendatangi toko atau tempat penjualan emas, tapi ini akan jauh lebih baik daripada mendapatkan emas palsu.


Demikian beberapa pembahasan mengenai cara membedakan emas yang asli dan palsu yang dapat Anda pergunakan sebagai patokan membeli emas. Anda dapat memulai beberapa cara mudahnya untuk mendapatkan emas murni sebagai komponen daripada Anda berinvestasi. Akan lebih baik untuk mendapatkan emas yang murni daripada emas palsu, karena keuntungan yang didapatkan ini.


Agar Anda tak perlu ribet mengecek keaslian emas, lebih baik beli emas di tempat yang benar-benar terpercaya seperti Galeri 24.


Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijualnya pasti resmi dan berkualitas.


Jadi pastikan, beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!

111 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua