top of page

Cara Membeli Emas dengan Aman yang Harus Anda Lakukan


cara membeli emas dengan aman
sumber: KONTAN/Fransiskus Simbolon

Melakukan investasi tentunya juga harus tau cara membeli emas dengan aman. Sebab, jika Anda ingin bisa berinvestasi dengan baik dan mendapatkan keuntungan. Maka, Anda juga harus tau tentang langkah pembelian emas ini sebelum memulai investasi. Mengingat, melakukan investasi emas ini adalah sebuah investasi dalam jangka panjang.


Tentunya penting bagi Anda untuk mengetahui tentang tujuan dan juga jenis emas yang akan Anda beli. Saat ini ada banyak sekali orang yang melakukan investasi emas untuk masa depan mereka. Terlebih lagi, bagi para pemula investasi emas ini juga dinilai lebih minim resiko. Agar investasi Anda bisa lebih lancar dan aman, berikut ini adalah beberapa cara membeli emas dengan aman yang bisa Anda lakukan.

Cara Membeli Emas Dengan Aman dengan Menentukan Tujuan Investasi Emas


Sebelum Anda mulai memutuskan untuk membeli sebuah emas, maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan investasi tersebut. Apakah Anda melakukan investasi jangka panjang melalui emas ini, untuk dana pendidikan, ibadah haji, umroh atau juga untuk dana pensiun di masa depan. Mengetahui tujuan dari investasi emas ini juga menjadi cara membeli emas dengan aman yang akan membuat Anda untung. Sebab dengan Anda menentukan tujuan dari investasi ini, maka akan dapat memudahkan andy untuk memperkirakan banyaknya investasi yang diperlukan.


Anda juga akan tahu berapa gram emas yang perlu dibeli dan dikumpulkan. Sehingga, nilainya akan cukup untuk memenuhi target di masa depan nanti. Untuk hal ini, Anda bisa mencobanya dengan menentukan tujuan investasi kemudian memperkirakan harganya. Selanjutnya, Anda bisa membuat target uang yang dibutuhkan tersebut menggunakan banyak emas yang dibutuhkan.


Misalnya saja, Anda perlu emas minimal sebanyak 120 gram. Apabila biaya tersebut diharapkan akan bisa tersedia dalam 10 tahun mendatang. Maka, tentunya setiap bulan Anda perlu menabung sebanyak 1 gram emas. Dengan begini, Anda juga akan bisa lebih terstruktur dalam melakukan investasi.

Cara Membeli Emas dengan Aman Selanjutnya dengan Mengetahui Tingkat Kemurnian Emas


Selain dengan cara yang pertama, cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengetahui tingkat kemurnian dari emas. Cara membeli emas dengan aman ini akan berguna agar Anda tidak salah memilih dan mengalami rugi. Ada banyak sekali jenis tingkat dari kemurnian emas, diantaranya adalah emas dengan kadar 24 karat dan juga kadar 18 karat. Pad emas batangan yang memiliki kandungan sebesar 24 karat.


Maka, termasuk dalam emas batangan dengan tingkat kemurnian yang paling tinggi. Hal ini karena, pada emas 24 Karat, tidak ada campuran logam jenis lainnya. Sedangkan, untuk kadar emas batangan dengan kandungan 18 karat. Maka, di dalam terdiri dari 18 bagian emas serta campuran dari 6 jenis logam lainnya.


Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi, maka Anda bisa memilih emas batangan yang memiliki kandungan sebesar 24 karat. Tetapi, jika Anda tidak memiliki budget yang cukup. Anda bisa membeli emas dengan kadar 18 karat.

Menententukan Terlebih Dahulu Ukuran Emas yang Dibeli


Cara membeli emas dengan aman yang selanjutnya agar lebih untung adalah dengan menentukan ukuran emas. Membeli emas batangan memang cukup bervariasi ukurannya. Mulai dari emas dengan ukuran gram yang kecil sampai dengan ukuran besar yang mencapai 1 kg. Dalam hal ini, Anda bisa bebas memilih atau membeli emas dalam jumlah yang kecil atau yang besar.


Tetapi, pastikan jika ukuran emas Anda ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila investasi emas batangan yang Anda lakukan ini hanya sebagai simpanan saja dan tidak ada tujuan jangka panjang. Maka, sebaiknya Anda cukup membeli emas batangan dengan gram dengan ukuran yang kecil. Sebab, Emas batangan dengan ukuran gram kecil ini akan lebih mudah dicairkan.


Jika dibandingkan dengan ukuran gram besar, emas gram kecil akan cocok jika digunakan saat sedang dalam keadaan darurat. Sebab, Anda bisa menjualnya dengan mudah dan cepat di toko perhiasan. Sedangkan, jika tujuan investasi Anda ini adalah untuk jangka panjang. Maka, sebaiknya pilih ukuran gram emas dengan nilai yang besar, yaitu di atas 25 gram, karena membeli emas dalam jumlah besar akan bisa lebih murah jika dibandingkan dengan emas dengan nilai lebih kecil.

Beli Emas di Tempat Terpercaya Agar Aman


Selain dengan beberapa cara yang disebabkan di atas. Cara untuk membeli emas agar aman selanjutnya adalah melalui toko terpercaya. Jika Anda mencari tempat pembelian emas yang terpercaya, maka Anda bisa membelinya di Galeri 24. Di Galeri 24 ini mereka menyediakan berbagai macam jenis emas logam mulia, seperti Antam dan juga UBS, emas dalam bentuk perhiasan, dan juga hadiah.


Kenapa Galeri 24 ini disebut sebagai tempat jual beli emas yang aman dan terpercaya? Hal ini karena Galeri 24 adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero. Dimana, hal ini menuju bahwa Galeri 24 adalah toko emas yang memang resmi dan berkualitas.


Jadi tunggu apalagi, beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua