Kabar Emas
13 Feb 2024

Cara Membeli Emas Secara Aman

Bagikan
article-cover-images/5b628fee6f360b6cf076dc8438ed2b78

Dalam beberapa tahun terakhir, investasi emas sudah menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak dipilih oleh para investor pemula maupun investor yang sudah berpengalaman. Meski demikian, masih banyak orang yang masih belum paham tentang cara membeli emas secara aman. Oleh sebab itu, tanpa berlama-lama lagi, berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai cara membeli dan menyimpan emas secara aman.

Cara Membeli Emas Secara Aman

Sebenarnya, ada satu tips paling penting yang bisa Anda lakukan untuk membeli emas secara aman, yakni dengan membelinya di toko yang sudah terpercaya. Namun, bagaimanakah jika Anda memilih metode pembelian emas secara online? Di sinilah yang harus mendapatkan perhatian khusus. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk membeli emas di situs yang terpercaya seperti galeri24.com.

Sebenarnya, pembelian secara online di situs terpercaya dapat menjadi metode atau cara membeli emas secara aman. Banyak sekali orang yang memilih cara membeli emas secara aman melalui online karena dinilai lebih praktis. Selain itu, situs jual beli emas yang terpercaya juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan khusus, sehingga menjamin cara membeli emas secara aman.

Cara Menyimpan Emas secara Aman

Setelah membahas tentang cara membeli emas secara aman, tak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas seputar cara menyimpan emas secara aman. Secara garis besar, penyimpanan emas yang terbukti aman dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

· Safe Deposit Box

Menggunakan safe deposit box untuk menyimpan emas dan logam mulia lainnya adalah solusi yang layak dan ideal. Karena bank sangat berhati-hati untuk melindungi aset nasabahnya, ini memang metode penyimpanan emas yang aman. Namun, ada beberapa kelemahan menggunakan safe deposit box.

Pertama, menggunakan safe deposit box berarti Anda hanya memiliki akses ke aset emas selama jam perbankan biasa. Kendala waktu ini membutuhkan perencanaan dan pandangan jauh ke depan, terutama jika Anda akan mengambil aset untuk dijual atau alasan lainnya.

Kedua, bank tidak mengasuransikan logam mulia yang disimpan di tempat mereka. Tanggung jawab jatuh pada pemilik safe deposit box. Fakta ini menimbulkan kesulitan yang signifikan untuk memegang aset ini karena asuransinya mahal. Selanjutnya, perusahaan asuransi memilih untuk tidak menutupi logam mulia yang disimpan di bank, jadi sulit menemukannya. Terakhir, ada biaya tambahan untuk menyewa brankas untuk menyimpan aset tersebut. Semua faktor ini memengaruhi kekuatan finansial emas dan logam mulia secara keseluruhan yang disimpan.

· Brankas Pribadi

Brankas di rumah ideal untuk menyimpan dokumen penting dan barang berharga lainnya. Mereka tidak hanya melindungi aset Anda seperti emas dan logam mulia, tetapi juga menjaganya tetap dekat sambil tetap tersembunyi. Metode menyimpan barang berharga Anda ini menawarkan keuntungan ganda.

Pertama, brankas pribadi menjauhkan barang berharga Anda dari pencuri potensial. Jika seseorang memasuki rumah Anda, barang berharga ini tidak terlihat dan aman dari pencurian. Kedua, mereka memberi investor ketenangan pikiran tentang kedekatan dengan aset mereka. Banyak investor menikmati pengalaman memegang logam mulia emas secara fisik sambil mengetahui investasi mereka dekat dan tidak diawasi oleh orang asing.

Namun, ada kekurangan menggunakan brankas di rumah untuk menyimpan emas dan logam mulia Anda. Beberapa polis asuransi rumah tidak menanggung kehilangan atau kerusakan aset ini jika terjadi kebakaran atau kerusakan lain pada rumah Anda. Jika asuransi rumah Anda tidak termasuk pertanggungan ini, menambahkan perlindungan asuransi tambahan untuk aset ini bisa jadi mahal.

Terlepas dari masalah pertanggungan asuransi yang terkait dengan penyimpanan barang berharga ini di brankas di rumah, metode perlindungan ini ideal jika pemilik aset memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, brankas itu tahan api dan tahan air. Kedua, brankas berada di lokasi tersembunyi yang tidak sulit diakses. Terakhir, sangat sedikit orang yang mengetahui lokasi aman dan isinya. Mengikuti ketiga aturan ini akan membantu menjaga barang berharga Anda terlindungi di brankas pribadi.

· Tempat Tersembunyi

Bagi sebagian orang, menempatkan barang berharga di tempat yang tersembunyi atau sulit dijangkau adalah cara yang mereka sukai untuk menyimpan barang-barang tersebut. Pilihan populer termasuk menyembunyikan emas di kasur, atau mencampurnya di antara benda-benda lain yang tampaknya kurang berharga di loteng atau ruang kamar. Namun, opsi penyimpanan ini hanya memberikan sedikit keamanan untuk aset berharga ini.

Pertama, untuk beberapa logam mulia, paparan terhadap unsur-unsur tertentu dapat menyebabkan kerusakan yang memengaruhi nilainya secara keseluruhan. Untuk perhiasan emas bersertifikat atau bergradasi, kondisi fisik dapat memengaruhi nilainya, terutama apabila terdapat ketidakmurnian. Sementara itu, emas batangan tidak terlalu terpengaruh secara finansial oleh kondisinya dan umumnya menangani paparan terhadap kondisi luar dengan lebih baik.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai cara menyimpan dan cara membeli emas secara aman. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa agar investasi emas berjalan secara baik, Anda tidak hanya harus memperhatikan cara membeli emas dengan aman saja, melainkan juga cara penyimpanannya. Dalam hal penyimpanan emas, memang sangat disarankan untuk menyimpannya di safe deposit box ataupun di brankas pribadi. Di sisi lain, dalam hal pembelian emas, sangat disarankan untuk membelinya di situs terpercaya seperti galeri24 sehingga Anda bebas dari rasa kekhawatiran yang kerap muncul saat membeli emas secara online.

Jadi segera beli emas di Galeri 24. Beli emas, mending di tempat yang pasti-pasti saja.

Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!