Kabar Emas
10 Feb 2024

Cara Membersihkan Berlian yang Perlu Diperhatikan Agar Aman

Bagikan
article-cover-images/5da9448958f48dada8f42f7d6201f392

Berlian adalah salah satu batu alam dengan nilai yang sangat tinggi. Biasa terpasang di perhiasan, butuh penanganan yang tepat untuk melakukan perawatan pada batu mulia ini, salah satunya dengan memperhatikan cara membersihkan berlian yang baik dan benar. Pembersihan berlian yang dilakukan secara sembarangan nyatanya bisa merusak berlian dan menurunkan nilai jualnya, lho. Agar tak terjadi pada berlian kesayangan Anda, pastikan untuk simak informasinya di bawah ini.

Cara Membersihkan Berlian dengan Hati-hati

Membersihkan berlian membutuhkan kewaspadaan tinggi mengingat material ini memiliki nilai harga yang tak main-main, sehingga sedikit salah penanganan bisa berdampak pada penurunan nilainya. Agar Anda tak salah dalam melakukan pembersihan, berikut ini adalah cara membersihkan berlian yang bisa diperhatikan dan dilakukan.

1. Gunakan Sabun Berkonsentrat Lembut

Mencuci berlian agar kondisinya bisa tetap bersih dan cemerlang bisa dilakukan dengan menggunakan sabun berkonsentrat lembut dan air hangat. Pertama, masukkan berlian Anda ke dalam air hangat dan campurkan sebanyak satu sendok teh sabun berkonsentrat yang lembut. Lalu, Anda bisa menggosok berlian dengan sikat yang lembut. Setelah itu, bilas berlian dengan air hangat dan biarkan kering.

2. Lakukan dengan Lembut

Penanganan yang lembut sangat penting untuk memastikan bahwa berlian tetap utuh dan tidak rusak. Dengan menggunakan teknik penanganan yang tepat, anda dapat memastikan bahwa berlian anda tetap indah dan bersinar. Teknik penanganan yang lembut meliputi menggunakan sabun yang lembut dan air hangat, mencuci berlian dengan perlahan dan hati-hati, dan mengeringkan berlian dengan menggunakan kain khusus untuk berlian. Dengan melakukan hal-hal ini, anda dapat memastikan bahwa berlian anda akan tetap terlihat indah dan bersinar selamanya.

3. Hati-hati dalam Menggunakan Alat Pembersih Ultrasonik

Berlian merupakan salah satu mineral paling keras di alam dan membutuhkan pembersihan khusus agar tidak rusak. Pembersihan ultrasonik adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk membersihkan berlian dengan aman. Meskipun ultrasonik dapat menghilangkan kotoran dan noda dari permukaan berlian, cara kerjanya dapat menyebabkan berlian menjadi lebih rapuh jika tidak dipantau dengan seksama. Oleh karena itu, penanganan khusus diperlukan untuk membersihkan berlian dengan alat pembersih ultrasonik agar berlian tidak rusak.

4. Hindari Bahan-bahan yang Berbahaya saat Pembersihan

Klorin adalah bahan kimia yang dapat mempengaruhi kualitas dan kristal berlian. Jika berlian terkena klorin, kristal berlian dapat terkikis dan berlian dapat menjadi buram. Karena itu, penting untuk menghindari bahan-bahan berbahaya seperti klorin ketika membersihkan berlian. Selain itu, bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau bahkan penyakit pernapasan.

5. Lakukan Pembersihan secara Berkala

Rutin membersihkan berlian secara berkala setiap 1 atau 2 kali seminggu sangat penting agar berlian terlihat lebih maksimal dalam kilauannya. Membersihkan berlian yang terkena debu atau kotoran yang menyelimuti permukaannya dapat menghindari terjadinya pengotoran pada permukaan berlian. Hal ini akan menjaga cahaya dari berlian tetap terlihat berkilau dan menonjol dengan maksimal.

Dapatkan Berlian Kualitas Tinggi dan Asli Hanya di Galeri 24

Setelah memahami bagaimana cara membersihkan berlian dengan benar, pastikan juga untuk mendapatkan berlian dengan kualitas yang sudah terpercaya hanya di tempat yang terjamin, seperti di Galeri 24.

Seluruh perhiasan emas dan berlian yang dihadirkan dan diproduksi di Galeri 24 sudah sesuai dengan SNI 8880:2020, sehingga kualitasnya sangat terjamin. Galeri 24 juga merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero, sehingga kredibilitasnya juga sudah sangat terpercaya.

Pembelian perhiasan berlian di Galeri 24 sangat mudah untuk Anda dapatkan. Anda bisa dating langsung ke distro resmi yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia atau lakukan check-out via situs resmi dan official marketplace dari Galeri 24.

Dengan keunggulan yang ada, pastikan hanya percayakan pembelian berlian di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli berlian dan emas tanpa was-was!