Cara Membersihkan Macam-macam Jenis Cincin Kawin


Selayaknya perhiasan, pesona kilau pada cincin kawin juga bisa pudar karena kotor atau lama digunakan. Untungnya, Anda tidak perlu risau menanggapi hal ini. Membersihkan cincin kawin rupanya sangatlah mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah meluangkan sedikit waktu dan menyiapkan barang-barang sederhana yang pasti tersedia di rumah. Dan, satu lagi: mengenali karakter setiap bahan cincin.


Beda Bahan, Beda Pula Perawatannya

Salah satu kesalahan yang umum di antara orang yang belum familier dengan perhiasan adalah asal mencuci semuanya dengan cara yang sama. Padahal, antara emas dan perak saja sudah membutuhkan perawatan yang berbeda.

Meski begitu, aturannya dasarnya tidak berubah: lebih baik rutin merawat daripada memperbaiki. Rutinlah mencuci cincin kawin Anda tiap beberapa waktu, tapi jangan terlalu sering. Lebih-lebih jika habis terkena kotoran berat atau ketika kilaunya mulai terlihat kusam. Nah, bagaimana cara yang benar untuk mencucinya? Simak paparan berikut.


Jika Cincin Kawin Anda Berbahan Perak

Perak tidak terlalu mahal, dan juga sangat mudah dibersihkan dibanding tipe perhiasan lain. Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu menyiapkan ½ cangkir cuka putih dan 2 sendok makan soda kue (atau baking soda).

Aduk-aduk hingga larut, kemudian masukkan cincin kawin Anda ke larutan tersebut. Biarkan selama 2-3 jam. Selama itu, Anda bisa melakukan hal lain.

Setelah selesai, keluarkan perhiasan lalu bilas dengan air bersih secara menyeluruh. Lap dengan kain lembut. Hamparkan handuk terbuka di meja, lalu biarkan kering di sana. Jangan dipakai dulu hingga benar-benar kering agar jari Anda tidak iritasi.


Jika Cincin Kawin Anda Berbahan Emas Kuning

Ini adalah bahan cincin kawin yang paling umum. Cara membersihkannya pun mudah. Pertama-tama, siapkan mangkuk. Isi dengan beberapa tetes detergen dan air suam-suam kuku, lalu siapkan sikat gigi berkepala lembut.

Campur air dan detergen, masukkan cincin kawin Anda dan diamkan selama 10 menit agar detergen menyerang kotoran di sela-sela aksen cincin. Setelahnya, sikat cincin Anda dengan hati-hati, lalu bilas dengan air hangat atau netral.

Jika Anda menggunakan air keran di wastafel, jangan lupa menutup katupnya agar cincin tidak ikut hanyut sampai ke pipa kalau sampai jatuh. Setelah itu, keringkan dengan lap atau handuk kering yang lembut. Paling baiknya, keringkan di udara terbuka agar tidak terjadi oksidasi.


Jika Cincin Kawin Anda Berbahan Emas Putih

Publik menyukai jenis cincin kawin emas putih karena kilaunya royal tapi tidak berlebihan. Meski begitu, membersihkan emas putih agak membutuhkan penanganan khusus. Sebab warna asli emas adalah kuning, emas putih dilapisi bahan rhodium untuk membuat emas jadi memiliki warna keperakan dengan bias kekuningan yang cantik. Dan, bahan ini butuh diperbaharui tiap beberapa waktu.

Cara membersihkan cincin kawin emas putih mirip dengan emas biasa. Anda hanya perlu merendamnya dengan larutan air dan sabun cuci piring selama 15-30 menit. Jika sudah, periksa apakah ada kotoran yang membandel, lalu seka nodanya dengan sikat gigi atau kuas lembut. Jangan terlalu kasar, karena Anda bisa berakhir mengelupas permukaan rhodiumnya tanpa sengaja.

Setelah selesai, bilas dengan air hangat, lalu keringkan di handuk kering yang dihamparkan di tengah udara terbuka. Khusus emas putih, jika Anda melihat bekas kekuningan yang tidak hilang setelah dicuci itu sangat mungkin adalah pertanda rhodium yang mulai mengelupas. Segeralah memperbaiki lapisannya di toko perhiasan terdekat.

Nah, sudah tidak sangsi lagi ketika merawat cincin kawin, kan?

Namun, jika Anda baru berencana untuk membeli cincin kawin maupun perhiasan emas lainnya, Galeri24 dapat memberikan perhiasan emas dan berlian yang terjaga keaslian dan kualitasnya. Galeri24 merupakan anak perusahaan PT.Pegadaian yang gerainya telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Namun, jika distro Galeri24 cukup jauh dari tempat tinggal Anda, kunjungi langsung website www.galeri24.co.id yang melayani penjualan logam mulia, perhiasan emas dan batu mulia lainnya melalui online.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥