top of page

Beberapa Cara Memilih Emas Batangan yang Berkualitas dengan Mudah



Cara memilih emas batangan yang berkualitas - Sejak dulu, emas memang sudah banyak digunakan sebagai bahan investasi oleh masyarakat. Emas ini bahkan juga menjadi sebuah simbol kekayaan dan kemakmuran sebab nilainya yang sangat tinggi. Bukan hanya untuk sebuah investasi, terkadang Masyarakat membeli emas hanya untuk sebuah simpan darurat. Atau bisa juga sebagai perhiasan untuk mempercantik diri.


Tetapi, terlepas dari tujuan orang membeli sebuah emas. Ada beberapa hal yang tentunya perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa emas yang akan Anda beli ini berkualitas. Berikut ini adalah beberapa Cara memilih emas batangan yang berkualitas yang bisa Anda gunakan. Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, simak penjelasan berikut dengan baik.

Beberapa Cara Memilih Emas Batangan yang Berkualitas Agar Tertipu


Mengingat banyaknya orang yang saat ini mulai melakukan investasi emas. Sering kali hal ini dimanfaatkan oleh para orang yang tidak bertanggung jawab. Dimana mereka melakukan penipuan terhadap emas investasi dan memberikan emas yang palsu. Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, maka sebaiknya Anda memperhatikan beberapa cara memilih emas batangan yang berkualitas berikut ini:

1. Perhatikan dengan Baik Bagian Fisik Emas

Hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa emas tersebut memang benar berkualitas dan asli atau tidak adalah dengan memperhatikan fisiknya. Terdapat sebuah perbedaan yang cukup signifikan dari emas asli dan juga emas palsu. Tanda khusus yang membedakan antara emas asli dan palsu ini juga akan bisa Anda kenali. Dimana pada emas asli, mereka tentunya akan memiliki sebuah cap resmi.


Biasanya, cap resmi Ini berisi tentang kadar yang terkandung di dalam emas tersebut. Seperti contohnya adalah terdapat satuan karat seperti 8K, 10K, 20K, dan juga emas 24K. Selain memperhatikan tentang cap yang terdapat pada emas. Cara memilih emas batangan yang berkualitas juga bisa dilihat dari perubahan warna yang dimiliki oleh emas tersebut.


Caranya adalah dengan memegang emas yang akan Anda beli tersebut. Kemudian, cobalah untuk menggosok sedikit permukaan dari emas tersebut ke telapak tangan Anda. Dengan menggosokkan emas ke bagian telapak tangan ini, Anda perhatikan apakah terdapat perubahan warna pada emas atau tidak. Jika warna emas tersebut pudar dan menjadi tidak seragam, maka artinya emas yang dijual tersebut adalah emas palsu, sedangkan jika emas tidak berubah warna, artinya emas tersebut asli.

2. Cara Memilih Emas Batangan yang Berkualitas dengan Menggigit Emas

Selain dengan cara yang pertama yaitu memperhatikan fisik dari emas. Cara memilih emas batangan yang benar berkualitas selanjutnya adalah bisa dengan menggigit emas. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuktikan keaslian dari emas tersebut. Dimana emas merupakan sebuah logam mulia yang cukup lunak.


Karena cukup lunak, maka emas bisa dengan mudah dibentuk. Sehingga, jika Anda ingin membeli emas dengan kadar yang tinggi. Cobalah untuk menggigit emas ini, maka akan terdapat bekas dari gigitan Anda tersebut. Jika emas tersebut asli dan memiliki kadar tinggi, maka otomatis emas akan cukup lunak dan bekas gigitan akan terlihat.


Sedangkan, jika setelah Anda menggigit emas tersebut tidak ada bekas gigitan yang tertinggal. Hal itu artinya emas yang akan Anda beli tersebut palsu atau mungkin kadarnya tidak terlalu tinggi.

3. Mendekatkan Emas kepada Magnet

Cara memilih emas batangan yang berkualitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sebuah magnet. Emas adalah sebuah logam yang memiliki sifat non magnetis. Sehingga, untuk memastikan sebuah emas asli atau tidak bisa dilihat dari kemampuan magnetiknya. Jika emas menempel saat didekatkan kepada magnet, maka kemungkinan besar emas tersebut palsu.


Sedangkan, jika emas tidak menempel maka bisa jadi emas tersebut asli. Tetapi, hal ini tidak bisa menjadi patokan. Sebab, masih ada logam lain yang juga tidak memiliki sifat magnetis. Oleh karena hal itu, untuk bisa mendapatkan emas yang memang benar berkualitas dan asli. Anda harus membeli emas di tempat penjualan emas yang memang sudah terpercaya dan terbukti berkualitas serta resmi.

Membeli Emas Batangan Di Galeri 24 Lebih Aman dan Terpercaya

Jika Anda ingin mencari emas batangan untuk sebuah investasi masa depan. Penting untuk memastikan bahwa emas yang Anda beli tersebut asli dan berkualitas. Oleh karena itu, jika ingin membeli emas sebaiknya beli di tempat yang sudah resmi dan ternama seperti di Galeri 24. Hal ini karena, Galeri24 adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian yang memang bergerak di bidang jual beli emas batangan.


Sebagai anak perusahaan dari pegadaian, maka Galeri 24 ini tentunya sudah terbukti sebagai tempat beli Emas yang terpercaya dan resmi. Kualitas emas yang dijual di Galeri 24 ini juga berkualitas, mulai dari emas jenis batangan, logam mulia, sampai dengan perhiasan dengan berbagai model.


Jika ingin membeli emas di Galeri 24, maka Anda bisa mengunjungi website resminya atau melalui situs marketplace resmi dari Galeri 24. Bisa juga, Anda langsung datang ke distro Galeri 24 terdekat. Sekian artikel yang bisa saya tuliskan terkait cara memilih emas, terima kasih.


Jadi ingat, beli emas online hanya di Galeri 24, beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


144 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua