top of page

Cara Memilih Jenis Emas yang Tepat, Calon Pembeli Emas Wajib Tahu!


Cara memilih jenis emas yang tepat
sumber: sahabat.pegadaian.co.id

Cara memilih jenis emas yang tepat penting untuk diketahui karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dalam memakai emas tersebut. Memang, saat ini, mendapatkan emas di zaman sekarang terbilang jauh lebih mudah dibandingkan zaman dahulu. Ada banyak pilihan produk emas dengan kualitas yang bervariasi, namun untuk mendapatkan emas dengan jenis terbaik tidak bisa sembarang untuk memilihnya.


Ada beberapa faktor penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memiliki dan menggunakan perhiasan emas tersebut. Agar tidak salah, alangkah baiknya jika Anda mengetahui cara memilih jenis emas yang tepat, dilansir dari berbagai sumber, berikut artikel selengkapnya.

Cara Memilih Jenis Emas yang Tepat


Adanya inflasi bagi nilai mata uang yang tidak terduga di pasar tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan pada harga emas, alias harganya relatif stabil. Tidak heran jika logam mulia yang satu ini adalah objek paling tepat untuk berinvestasi. Meskipun begitu, Anda tidak boleh sembarangan dalam membeli emas di toko-toko yang menjual emas tersebut.


Utamanya, baik pembelian emas secara online maupun offline, Anda harus benar-benar memperhatikan jenis emas yang ingin dibeli. Agar Anda tidak salah memilih, berikut ini akan dipaparkan beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memilih emas.

1. Cara Memilih Jenis Emas yang Tepat: Pilihlah Emas yang Bersfifat Padat dibandingkan Emas Lapis


Tips pertama kali yang dapat Anda lakukan yaitu memilih emas yang bersifat padat dibandingkan emas lapis. Biasanya, emas lapis terbilang lebih murah daripada emas padat, tetapi lapisan ini akan memudar seiring berjalannya waktu, tergantung dari seberapa seringkah perhiasan tersebut dipakai oleh Anda.


Jadi, pertimbangkan membeli perhiasan berlapis emas jika Anda hanya ingin memakainya sesekali saja, jika tidak demikian, maka emas tersebut tidak akan bertahan lama. Sementara itu, jika Anda senang memakai perhiasan ke mana-mana, pertimbangkan untuk membeli perhiasan dari emas padat.


Tetapi, jika Anda memanfaatkannya untuk investasi, maka tidak disarankan untuk memilih emas lapis, karena akan sulit jika dijual kembali.

2. Cara Memilih Jenis Emas yang Tepat: Tanyakan Kandungan Emas dan Harga pada Perhiasan yang Ingin Dibeli


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, tidak semua perhiasan emas terbuat seluruhnya dari emas, dan ada beberapa perhiasan di antaranya yang hanya dilapisi emas, sementara perhiasan tersebut terbuat dari besi atau jenis logam lainnya.


Sehingga, ketika mata Anda sudah dimanjakan dengan berbagai macam bentuk perhiasan berwarna emas, maka ada baiknya jika Anda menanyakan secara detail kepada sang penjual, utamanya berapa persen kadar emas yang terkandung dalam perhiasan tersebut.


Anda juga disarankan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perkembangan harga emas saat ini, agar tetap update dalam perkembangan pemasaran emas. Anda bisa mengikuti dari situs online atau mendatangi tempat penjualan emas secara langsung.


Ingatlah bahwa semakin tinggi kadar karat sebuah perhiasan emas, maka harganya semakin mahal. Jadi, pertimbangkan terkait harga ketika Anda memilih perhitungan karat pada perhiasan yang ingin ditaksir. Selain itu, emas murni terbilang sangat lembek, semakin rendah kadar karat perhiasan maka produknya akan semakin keras dan tahan lama.

3. Cara Memilih Jenis Emas yang Tepat: Pilihlah Emas yang Tidak Bereaksi terhadap Kulit Anda


Jika kulit telinga, leher, ataupun tangan memiliki alergi terhadap nikel, maka pastikan Anda memilih perhiasan berjenis logam di bawah lapisan perhiasan emas yang tidak mengandung nikel. Hal ini sering terjadi ketika membeli sebuah cincin. Jadi, jika Anda berniat membeli cincin, Anda disarankan untuk membeli cincin yang terbuat dari emas padat karena akan lebih tahan lama dan memiliki risiko kecil untuk menimbulkan alergi pada kulit.

4. Cara Memilih Jenis Emas yang Tepat: Pahami Perhitungan Karat Emas


Ingatlah bahwa hitungan karat pada emas menunjukkan berapa banyak bagian emas murni dari total 24 karat yang terdapat pada sebuah perhiasan. Misalnya, emas 10 karat, berarti perhiasan tersebut mengandung emas sekitar 42%, dan sisa kandungan lainnya adalah logam-logam lain seperti besi, seng, nikel, dan sebagainya.


Kadar karat akan menunjukkan kualitas emas tersebut, maka semakin tinggi kadar karatnya maka akan semakin tinggi juga kualitasnya, dan mungkin hal itu berpengaruh pada semakin mahalnya harga perhiasan tersebut. Jika ingin menggunakan emas untuk berinvestasi, orang-orang biasanya memilih emas dengan kadar 24 karat dan kemurnian sekitar 99,99%. Tetapi, jika Anda menginginkan cincin atau gelang, maka kadar 10 atau 12 karat dianggap sudah cukup baik, sementara jika Anda menginginkan anting atau kalung, Anda disarankan membeli perhiasan dengan kadar antara 14 sampai 18 karat.

Demikian beberapa cara memilih jenis emas yang tepat yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memiliki emas yang diinginkan. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa semakin aware akan kualitas emas yang ingin digunakan sebagai perhiasan dalam diri Anda.


Berbicara mengenai jenis emas yang tepat, ada baiknya untuk memperhatikan tempat di mana Anda akan membeli perhiasan tersebut. Pilihlah tempat penjualan perhiasan emas yang terpercaya, terhindar dari rumor-rumor negatif, tidak akan berpindah-pindah tempat, servis dan pelayanan yang baik, memuaskan, dan memiliki track record yang patut diacungi jempol, alias reputasinya sangat baik di mata para pelanggan emas. Anda juga harus waspada jika ada toko yang terlalu menurunkan harga emas di bawah harga pasaran.


Jika Anda bingung terkait tempat membeli emas online yang terpercaya namun Anda ingin membeli emas tanpa was was, Anda dapat mempercayakannya pada galeri24.co.id. Galeri24 merupakan perusahaan ritel perhiasan terbesar di Indonesia yang selalu mengutamakan jaminan akan kadar karat emas, sehingga diciptakan perhiasan berkualitas tinggi diiringi dengan model terbaru sehingga harga yang ditawarkan akan jauh lebih bersaing.


Apalagi Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijualnya mempunyai jaminan kualitas dan resmi.


Ayo, beli emas di Galeri 24 secara online atau langsung. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

12 tampilan0 komentar