Kabar Emas
13 Feb 2024

Hindari Rugi, Simak Cara Memilih Tempat Yang Tepat Untuk Membeli Emas

Bagikan
article-cover-images/603a048a2ca8f4d8c25940406ddddb40

Membeli emas memang cukup banyak dikenal sebagai bentuk investasi, namun perlu Anda ketahui jika masih banyak yang belum mengenal cara yang tepat untuk memulai investasi ini. Memang untuk memulai berinvestasi banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan terlebih dahulu. Banyak cara untuk memulai berinvestasi baik dari jangka panjang maupun jangka pendek, terlebih cara memilih tempat yang tepat untuk membeli emas. Mulai dari menabung secara konvensional, bentuk deposito, hingga berinvestasi jangka panjang seperti emas ini.

Meski begitu untuk memulai memilih investasi emas penting untuk memiliki sejumlah pengetahuan dasar supaya tidak mengalami kerugiannya. Tentu akan sangat menyedihkan jika sebuah investasi yang telah ditunggu bertahun-tahun justru membuat kerugian. Tentu ini membuat investasi terasa sia-sia. Untuk itu perlu diperhatikan secara betul mengenai beberapa cara memilih tempat yang tepat untuk membeli emas.

Periksa Harga Emas Terkini

Memulai sebuah investasi perlu mengetahui dengan benar perkiraan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Dengan selalu mengikuti perkembangan harga emas yang berubah dalam setiap harinya. Untuk itu, Pengecekan ini memang sangat penting untuk mengetahui harga emas jika memang ingin membelinya. Saat ini, untuk mengetahui harga emas terkini tidak sulit, kita bisa langsung melakukan pengecekan secara online atau mengunjungi investasi emas terdekat.

Emas Antam secara berkala mengumumkan harga emas dalam situs resmi miliknya. Pengumuman harga emas akan diumumkan dua kali dalam sehari. Dan harga emas ini akan menjadi dasar dari patokan harga emas secara nasional.

Kenali Juga Kadar Kemurnian Emas

Selanjutnya untuk memulai berinvestasi akan lebih baik untuk Anda melakukan pengecekan kadar kemurnian emas yang hendak dibeli. Terlebih dahulu melakukan perbandingan emas lurus dengan tingkat kemurniannya. Untuk emas 24 karat memiliki standar tingkat kemurnian 99,99% sedangkan emas 22 karat jauh lebih rendah dengan haya 91,7% saja, emas 20 karat dengan tingkat kemurnian 83,3%, emas 18 karat tingkat kemurnian 58,5% dan emas 9 karat dengan tingkat kemurnian 37,5%.

Pilih Tempat Pembelian Emas Yang Tepat

Dalam memilih emas sebagai investasi perlu untuk melakukan seleksi dengan baik dalam semua persiapannya. Menjadikan emas sebagai barang investasi pemilihan tempat pembelian emas ini menjadi yang utama. Usahakan untuk membeli emas pada tempat pembelian emas dengan reputasi dan pengalaman dalam membantu banyak investor pemula dalam memulai berinvestasi emas ini. Hal ini dikarenakan untuk memulai investasi emas memang banyak cara namun tidak semuanya lantas memberikan kemudahan.

Menjual ANTAM

Pernahkan Anda mendengar mengenai emas ANTAM? Logam mulia ANTAM ini memang banyak dipakai investor emas di Indonesia. Karena harga yang selalu naik dalam kurun waktu dekat, membuat emas dari produsen Indonesia ini terus digemari sebagai salah satu bagian dari pilihan emas untuk investasinya. Anda dapat memulai dengan mengambil jenis ANTAM pada beberapa tokoh investasi yang menjualnya sebagai salah satu bagian dari cabang ANTAM ini.

Memberikan Pelayanan Prima

Anda yang hendak memulai berinvestasi emas memang perlu banyak pertimbangan didalamnya. Salah satu yang paling utama adalah pada layanan pembelian khusus yang diberikan. Jika memang penjual emas ini memulai untuk tempat investor pemula, pastinya menawarkan cara memilih tempat yang tepat untuk membeli emas banyak investasi yang menjanjikan dan memudahkan pemula dalam memahaminya. Layanan yang diberikan biasanya meliputi pembeli emas logam mulia secara tunai maupun angsuran pada periode hingga 36 bulan, tabungan emas, dan konsinyasi atau layanan titip jual emas.

Pembelian Sertifikat Mudah

Emas yang baik untuk berinvestasi memang beragam ini tentu akan disesuaikan dengan budget investor. Namun jika pembelian emas, penting untuk mengenal cara memilih tempat yang tepat untuk membeli emas dan sebesar apa keuntungannya nanti. Jika menginginkan keuntungan besar, dapat mencari tempat yang mau membeli investasi Anda lebih besar atau bahkan jauh lebih besar dari yang ada dalam harga pasar. Tentu ini akan membuat keuntungan untuk Anda selaku investor. Survey menentukan tempat yang dapat menjual beli emas tinggi tidaklah sebuah kesalahan.

Menggunakan Metode Syariah

Bukan hal yang asing jika pembelian emas ini kini menggunakan sistem syariah sesuai dengan perbankan yang berlaku. Namun dalam membeli emas menggunakan syariah perlu adanya beberapa standar jual beli yang harus dipenuhi. Menggunakan cara memilih tempat yang tepat untuk membeli emas secara syariah memang akan lebih aman, bahkan akan jauh lebih mudah namun untuk memberikan keuntungan ini Anda perlu banyak melakukan survey karena margin dari keuntungan akan disepakati bersama bukan sebagai hak yang mutlak.

Tentu, pembelian emas akan lebih ringan. Terlebih dapat menggunakan sistem cicilan yang sangat ringan. Ini pastinya memudahkan ANda selaku investor pemula dalam mendapatkan keuntungan tanpa perlu membayar begitu besarnya. Bahkan menggunakan sistem syariah tidak akan jauh berbeda dengan keuntungan yang ada dari pembelian sistem biasnya.

Beli Secara Online

Kini pembelian emas untuk investasi secara online banyak menjadi topik pembicaraan. Memang dalam mengetahui cara memilih tempat yang tepat untuk membeli emas ini perlu mengenal dengan baik tempatnya. Namun menggunakan track record dari pengguna di internet, pastinya menemukan tempat yang sesuai ini tidaklah menjadi sebuah masalah lanjutan. Mencari toko emas online terpercaya pastinya tidak hanya menguntungkan tetapi juga memudahkan untuk terhindar dari kerugian emas palsu.

Nah, salah satu tempat membeli emas secara online yang aman adalah di Galeri 24. Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijual pasti legal dan berkualitas.

Demikian beberapa pembahasan mengenai cara memilih tempat yang tepat untuk membeli emas, semoga membantu Anda, terima kasih.