Cara Menentukan Kualitas dan Harga Berlian dengan Metode 4C


Jangan heran kalau harga berlian itu terbilang cukup mahal. Ternyata ada beberapa faktor yang menentukan menentukan kualitas berlian yaitu Clarity, Color, Cut dan Carat.

Berlian terbentuk dari 100% karbon dan terdapat di inti bumi yang sangat panas. Membuat batu mulia satu ini memegang predikat benda terkeras di bumi.

Batu yang selalu menjadi idola untuk menghias perhiasan maupun untuk koleksi ini memiliki harga yang sangat mahal, mulai dari 5 juta hingga miliar. Sebelum membeli berlian, cek dulu 4C berikut ini.


Menentukan Kualitas Berlian #1 Clarity (Kejernihan)

Clarity merujuk pada tingkat kebersihan dan kejernihan berlian. Karena berlian adalah benda alam, maka tidak ada berlian yang bebas dari noda atau karakteristik. Makin kecil dan tidak terlihat noda yang ada pada berlian, makin semakin tinggi pula harganya.

Selain noda, penting juga meneliti ada atau tidaknya goresan pada permukaan berlian. Biasanya, goresan disebut dengan istilah blemish atau luka. Ini terjadi karena kesalahan dan kelalaian manusia dalam memperlakukan berlian.

Penilaian tertinggi adalah Flawless (FL) untuk noda yang tak terlihat dalam 10 kali pembesaran. Sedangkan yang terburuk adalah Included (I), yaitu kecacatan yang terlihat jelas. Institusi yang memberikan sertifikat atas kejernihan berlian ini adalah The Gemological Institute of America (GIA).


Menentukan Kualitas Berlian #2 Color (Warna)

Untuk menunjukkan kualitas, warna berlian juga memiliki skala dan penilaian tertentu yang berperan banyak dalam menentukan harga. Pada dasarnya, warna berlian terbagi dalam dua jenis: colorless diamond (transparan) dan fancy color diamond.

Berlian dalam jangkauan skala D-Z memiliki warna normal. Sedangkan warna di luar warna normal misalnya berlian warna kuning, coklat, merah muda, merah, oranye, biru, hijau disebut dengan berlian fancy color.

Berlian dengan warna terjernih akan diberi nilai D, sedangkan yang warnanya paling pekat bisa mendapat nilai Z. Penilaian ini berdasarkan chart internasional yang diberikan GIA

Sebuah berlian yang baik harus bersih dari rona dan bening seperti air. Semakin murni dan jernih warna berlian, maka semakin tinggi pula harganya.


Menentukan Kualitas Berlian #3 Cut (Potongan)

Kesempurnaan cutting atau potongan berlian akan menentukan pantulan sinar dari berlian tersebut dan sangat menentukan harga berlian. Skala cut yang dibuat oleh GIA adalah: fair, good, very good, ideal dan signature ideal.

Berlian dengan proporsi cutting yang baik, akan memberikan kilau warna cemerlang serta kilap cahaya maksimun. Sebaliknya, berlian yang dipotong terlalu pendek dan dalam akan membuat berlian terlihat kusam dan tidak cemerlang.

Namun, ternyata berlian itu tidak dipotong melainkan diasah untuk dibentuk. Proses pengasahan inilah yang memegang peranan vital dalam menentukan harga berlian. Potongan berlian harus rapi, presisi, dan proporsional.


Menentukan Kualitas Berlian #4 Carat (Bobot)

Carat adalah istilah yang dipakai untuk menamai bobot berlian. Semakin berat bobot berlian, semakin besar caratnya. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Dan untuk satu carat, bisa dibanderol hingga Rp 100 jutaan lebih. Wow!

Berlian dengan ukuran karat lebih besar tidak selalu lebih baik. Dengan kualitas yang lebih tinggi (dilihat dari 4C), berlian yang lebih kecil pun mungkin lebih bernilai daripada berlian yang lebih besar tapi kualitasnya rendah.


Menentukan Kualitas Berlian #5 Toko Berlian dan Emas

Jika Anda ingin membeli berlian, menentukan kualitas dan keaslian berlian saja tidaklah cukup. Anda juga harus memilih tempat menjual berlian terpercaya dan memiliki yang reputasi baik.

Galeri24 adalah toko emas yang menjual Logam mulia, perhiasan emas dan juga batu mulia termasuk berlian. Anda dapat menemukan distro Galeri25 di banyak tempat di seluruh Indonesia.

Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot pergi ke toko, kini pembelian berlian dan emas juga dapat dilakukan via online melalui website resmi www.galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥