Kabar Emas
13 Feb 2024

Cara Mengetahui Harga Pasar Emas

Bagikan
article-cover-images/4945514fd89260a2749bd5697e34a755

Cara mengetahui harga pasar emas adalah satu informasi dibutuhkan oleh kalangan masyarakat, khususnya yang ingin melakukan investasi. Harga emas bersifat fluktuatif, artinya bisa berubah setiap harinya.

Maka dari itu, ketika Anda ingin membeli instrumen investasi tersebut di dalam waktu dekat. Ada satu langkah yang bisa dilakukan, yaitu melakukan pemantauan harga emas dengan cermat.

Pada era digital seperti sekarang ini, untuk cara mengetahui harga pasar emas bisa diketahui dengan sangat mudah. Anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko emas hanya untuk melakukan pengecekan harga.

Singkat kata, perkembangan teknologi ini mempermudah Anda untuk bisa mengecek pergerakan harga emas hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet. Bagi Anda yang penasaran bisa langsung simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengetahui Harga Pasar Emas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa untuk melakukan pengecekan harga emas bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Ada beberapa cara mengetahui harga pasar emas yang dapat Anda ketahui, yaitu:

1. Mengecek Melalui Situs Indo Gold

Pertama, Anda bisa langsung mengecek pergerakan harga emas setiap hari menggunakan situs Indo Gold. Caranya sangat mudah, hanya cukup dengan mengunjungi website dari Indo Gold.

Ketika sudah, pilih menu harga emas yang berada di bagian atas layar. Akan muncul informasi harga emas ini, lengkap beserta grafik harga beli dan jual yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

2. Cek Menggunakan Situs Harga-emas.org.

Cara mengetahui harga pasar emas selanjutnya adalah dengan mengecek harga-emas.org. Di dalam situs tersebut, Anda bisa melihat harga emas secara universal mulai dari emas Antam, UBS hingga emas dunia.

Menariknya lagi, harga-emas.org juga bisa menampilkan informasi harga emas beberapa tahun belakangan hingga perbandingan antara harga emas saat ini dengan laju kurs dollar. Dengan begitu, Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas.

3. Cek Melalui Situs Kitco

Selain menggunakan dua situs di atas, Anda bisa mengetahui harga emas sedang naik turun menggunakan Kitco.com. Tampilan yang sederhana membuat situs ini mudah dipahami, sekalipun oleh orang yang baru pertama kali berkunjung.

Hanya saja, Kitco.com adalah situs internasional yang khusus membahas harga logam mulia secara global. Jadi, Anda tidak lagi menemukan grafik harga emas Antam, UBS atau merek emas lokal lainnya di dalam situs tersebut.

Penyebab Turunnya Harga Emas

Setelah paham mengenai cara mengetahui harga pasar emas, maka untuk selanjutnya adalah mengenai apa saja penyebab terjadinya penurunan harga emas. Sebagai berikut penyebab turunnya harga emas:

1. Ketidakpastian Global

Harga emas bisa turun, karena faktor politik, ekonomi, krisis, resesi atau perang. Di dalam kondisi tersebut, emas akan kekurangan peminat dan risk appetite investor akan datang untuk memburu aset-aset berisiko.

2. Penawaran dan Permintaan Emas

Mungkin, untuk beberapa orang sudah pernah mendengar hukum penawaran dan permintaan di dalam ilmu ekonomi. Ketika iya, hal tersebut berlaku terhadap emas. Pada intinya, naik turunnya harga emas akan dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan.

3. Kebijakan Moneter

Harga emas juga dipengaruhi oleh kebijakan moneter terkait perubahan suku bunga yang ditentukan oleh bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Saat The Fed menurunkan suku bunga, maka harga emas akan mengalami kenaikan. Untuk hal ini juga berlaku sebaliknya.

4. Inflasi

Saat terjadi inflasi, masyarakat memilih untuk tidak menyimpan asetnya dalam bentuk uang yang nilainya bisa berkurang. Mereka lebih memilih emas, karena harganya yang cenderung stabil dan aman.

Meski demikian, harga emas akan mulai turun jika kondisi negara sudah berangsur stabil. Perilaku investor akan berubah dan kembali mencari instrumen investasi yang lebih agresif lagi.

5. Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat

Harga emas di dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dollar ke rupiah. Kalau masalah nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah, maka harga emas lokal akan menguat atau tinggi. Sebaliknya, jika nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat. Maka, untuk harga emas lokal akan mengalami penurunan.

Era yang terus berkembang seperti sekarang ini banyak sekali macam-macam aplikasi menyediakan layanan investasi atau jual beli emas. Untuk salah satu aplikasi yang dapat dipilih dan mempunyai reputasi terbaik adalah Galeri 24.

Mungkin, ada beberapa orang yang sudah sering melakukan investasi tidak asing lagi dengan Galeri 24. Ada banyak sekali macam-macam layanan yang bisa dipilih di dalam aplikasi Galeri 24.

Proses pendaftaran sampai dengan transaksi emas bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Sehingga, dengan hal tersebut membuat Galeri 24 banyak disukai dan dipilih oleh beberapa kalangan masyarakat. Hanya cukup dengan melakukan tabungan pertama Rp50.000,00 saja, Anda bisa menikmati semua layanan yang ada di dalam Galeri 24.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara mengetahui harga pasar emas. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin melakukan investasi emas untuk jangka panjang.

Lebih dari itu, kami harap Anda segera membeli emas hanya di Galeri 24. Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga emas yang dijualnya pasti legal dan resmi.

Apalagi jenis emas yang dijual Galeri 24 sangat beragam, ada logam mulia dan perhiasan.

Jadi ingat, beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!