top of page

Cara Mengetahui Harga Pasar Emas Online


Hingga saat ini, jumlah investor emas semakin bertambah, baik itu investor pemula maupun investor yang sudah berpengalaman. Meski demikian, masih banyak orang yang belum paham mengenai cara mengetahui harga pasar emas online. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai cara mengetahui harga emas secara online, serta tips dalam menjual dan membeli emas.

Cara Mengetahui Harga Pasar Emas Online


1. Mengakses Situs Resmi Antam

Cara mengetahui harga pasar emas online yang pertama adalah dengan mengakses situs resmi Antam, yaitu antam.com. Di situs ini, informasi mengenai perubahan harga logam mulia emas Antam akan diupdate secara berkala. Selain itu, Anda juga dapat melihat grafik perkembangan harga emas dalam beberapa waktu terakhir.

2. Mengakses Situs Penjualan Emas

Cara mengetahui harga pasar emas online yang kedua adalah dengan mengakses situs penjualan emas terpercaya, seperti galeri24.co.id. Di situs ini, Anda akan bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai pergerakan harga emas serta harga jual emas yang ditetapkan oleh situs tersebut.

3. Mengakses Grup, Media Sosial, atau Situs Investasi

Cara mengetahui harga pasar emas online yang ketiga adalah dengan mengakses grup, media sosial, atau situs investasi. Hal ini dilakukan mengingat emas sendiri merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang yang paling populer. Oleh sebab itu, grup, media sosial, atau situs investasi terbaik pasti akan memberikan update informasi terbaru mengenai harga emas dari waktu ke waktu, sekaligus saran untuk menjual atau membeli emas. Oleh sebab itu, cara mengetahui harga pasar emas online yang satu ini cocok bagi para investor emas.

Tips Membeli Emas


1. Perhatikan reputasi penjual emas

Ketika Anda memilih untuk membeli emas secara langsung, maka Anda perlu memperhatikan reputasi serta keamanan toko emas tersebut. Sebaliknya apabila Anda memilih untuk membeli emas secara online, sangat disarankan untuk membelinya melalui situs terpercaya seperti galeri24.co.id. Untuk mengetahui seberapa baik keamanan situs, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperhatikan ulasan pelanggan sebelumnya.

2. Ketahui harga aktual emas per ons

Harga logam mulia termasuk emas berfluktuasi setiap hari, jadi periksalah harga spot hari itu sebelum melakukan transaksi. Anda harus siap untuk membayar biaya yang lebih tinggi dari nilai yang tertera pada informasi harga emas terbaru, karena harga emas yang tertera pada grafik informasi harian biasanya tidak mencakup biaya administrasi penjual.

4. Ketahuilah bahwa semua investasi memiliki risiko

Jika Anda berniat membeli logam mulia emas untuk tujuan investasi, perlindungan terbaik Anda adalah meluangkan waktu untuk mempelajari hal tersebut sebelum Anda membelinya. Pembeli yang kurang informasi yang melakukan pembelian tergesa-gesa sering kali membayar lebih. Seperti halnya investasi apa pun, tidak ada jaminan dan tidak ada yang dapat memprediksi dengan pasti bahwa harga logam mulia emas akan tetap pada level saat ini atau terus menguat. Dalam hal ini, Anda perlu menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian ataupun penjualan emas.

Tips Menjual Emas

1. Waspadai Penyebab Fluktuasi Harga Emas

Pasokan dan permintaan mempengaruhi harga emas. Permintaan tinggi dan jumlah yang lebih rendah berarti keuntungan yang lebih tinggi bagi penjual. Ingat, jumlah emas di dunia hanya sedikit, sehingga seiring berjalannya waktu, tingkat produksi emas akan terus menurun. Kondisi pasar juga dapat mempengaruhi harga emas.

2. Ketahui Apa yang Dihitung dalam Berat Karat

Investor biasanya mengetahui perbedaan troy ounce, gram, dan bagaimana karat berhubungan dengan keduanya. Merupakan ide bagus untuk menggali informasi tentang tingkat konversi ini juga. Satu troy ounce sama dengan berat 31,1 gram.


Kita sudah tahu bahwa peringkat karat yang berbeda yang dicap pada emas menunjukkan tingkat kemurnian yang berbeda, tetapi bagaimana hal itu diterjemahkan ke dalam karat dan gram? 24k dianggap emas murni, jadi satu karat sama dengan 1/24 bagian emas. 18k adalah 18/24 bagian emas, 12k adalah 12/24 bagian emas, dll.


3. Pisahkan dan Kelola Emas

Setelah Anda memastikan tingkat kemurnian yang tertera pada emas Anda, Anda perlu memisahkannya dengan karat. Melakukan hal itu sangat berguna dalam menghitung gram emas murni serta troy ons. Selain itu, pisahkanlah emas dengan logam mulia lainnya atau batu permata karena ini akan memengaruhi berat total dan menyebabkan jenis perhitungan yang berbeda tergantung pada jenis dan ukuran permata. Jangan lupa untuk mengeluarkan barang apa pun yang juga dicap sebagai produk berlapis emas karena perhiasan berlapis emas dan berisi emas (bukan emas murni) tidak terlalu berharga dari sudut pandang investor.

Mengelola koleksi emas Anda sebelumnya adalah salah satu tips terpenting untuk menjual emas karena Anda akan dapat memastikan harga yang lebih baik untuk diri Anda sendiri dan menghindari taktik manipulatif yang terkadang digunakan oleh toko emas.


Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai cara mengetahui harga pasar emas online serta tips pembelian serta penjualannya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa saat ini harga pasar emas sudah dapat diketahui dengan mudah. Meski demikian, ketika membeli emas, sangat disarankan untuk memilih situs yang terbukti aman seperti galeri24.com agar Anda dapat terhindar dari masalah berarti saat membeli emas secara online.


Yuk, beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!



54 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua