top of page

Cara Mengetahui Kualitas Emas Yang Harus Anda Tahu


cara mengetahui kualitas emas
sumber: review.bukalapak.com

Cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya perlu Anda tahu, untuk mengecek apakah emas yang Anda beli sudah 100% murni atau belum. Mungkin hal tersebut terdengar sepele namun jika Anda dapat mengetahui cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya dan mencoba mempraktekkannya maka hal tersebut bisa sangat bermanfaat bagi Anda sendiri. Terutama bagi produk-produk yang sudah dibeli dan tetap memiliki garansi dalam kurun waktu cukup lama. Dengan tahu apa saja cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya ini maka Anda bisa memastikan kualitas emas tersebut dan menukarkannya jika emas yang telah Anda beli tidak 100% asli. Sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian atau merasa ditipu oleh siapapun. Uang yang Anda keluarkan untuk membeli emas juga akan sepadan dengan emas yang Anda hasilkan. Oleh karena itu, karena penting untuk tahu apa saja cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya, berikut ini akan dijelaskan beberapa caranya secara singkat.


Cara Mengetahui Kualitas Emas


1. Memperhatikan Fisik Emas

Di dalam emas asli biasanya terdapat tulisan karat atau kadar emas yang berada di permukaan emas itu sendiri. Sehingga untuk memastikan emas yang Anda beli adalah emas asli atau bukan Anda bisa mengecek fisik emas yang sudah Anda beli, sudah terdapat tulisan yang menunjukkan jumlah karat atau belum. Jika belum Anda harus berhati-hati karena bisa saja emas itu bukanlah emas yang murni.


Namun sebenarnya cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya yang satu ini kurang efektif untuk dilakukan. Karena untuk jenis-jenis emas selain emas batangan yang murni memang tidak memiliki tulisan seperti ini.


2. Menggosok Emas Menggunakan Tangan Atau Jari

Cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya dapat juga dilakukan dengan cara menggosok emas menggunakan tangan atau jari. Cara ini cukup mudah dilakukan karena Anda hanya perlu menggosokkan jari tangan Anda pada emas yang sudah Anda beli tersebut. Dan jika terjadi perubahan warna atau yang Anda beli tersebut warnanya pudar maka emas tersebut bukanlah emas yang asli. Sebaliknya, jika telah Anda gosok berulang kali namun tidak menunjukkan perubahan warna sedikitpun maka dapat dipastikan jika emas yang Anda beli sudah 100% murni.


Cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya yang satu ini adalah cara yang paling mudah dilakukan dan cukup efektif serta akurat. Sehingga Jika Anda membeli emas Anda bisa mencoba cara yang satu ini untuk membuktikan kemurnian emas.


3. Menggigit Emas

Cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya tidak hanya di atas saja. Anda juga bisa menggigit emas tersebut untuk membuktikan jika emas yang Anda beli sudah benar-benar murni atau tidak. Karena emas merupakan logam mulia yang lunak dan sekali bentuk maka ketika digigit akan meninggalkan bekas. Sebaliknya jika tidak meninggalkan bekas bisa saja itu adalah emas imitasi atau emas palsu.


4. Mendekatkan Emas dengan Magnet

Emas adalah salah satu logam mulia yang bersifat nonmagnetik atau tidak dapat ditarik oleh magnet. Anda bisa mengecek kemurnian emas dengan cara mendekatkan emas tersebut terhadap magnet. Adapun cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya yang ini dapat Anda lihat dari reaksi emas tersebut. Ketika emas tertarik oleh magnet maka emas tersebut bukanlah emas asli. Bisa saja emas itu terbuat dari logam biasa atau bahkan besi. Karena emas yang asli tidak akan bisa tertarik oleh magnet.


5. Menggoreskan Emas di Keramik Atau Kertas

Menggoreskan emas pada keramik atau kertas merupakan cara yang cukup efektif untuk dilakukan dalam cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya. Karena teknik ini mudah dilakukan dan mudah juga diidentifikasi hasilnya. Biasanya, ketika emas tersebut asli maka ketika Anda menggoreskannya pada kertas atau keramik tidak akan menimbulkan bekas. Maka jika terdapat bekas pada kertas atau keramik bisa jadi emas yang telah Anda beli bukanlah emas yang asli. Namun yang perlu Anda perhatikan dalam cara yang satu ini adalah teknik yang Anda lakukan Jangan sampai merusak emas milik Anda. Dengan kata lain Anda harus berhati-hati dalam melakukannya.


6. Meneteskan Cairan Asam Pada Emas

Cara mengetahui kualitas emas setelah membelinya bisa Anda lakukan dengan cara meneteskan cairan asam pada emas tersebut. Jika terjadi perubahan warna seperti emas yang tiba-tiba menjadi kuning maka emas tersebut merupakan Kuningan yang dilapisi oleh lapisan emas. Sedangkan jika emas berubah warna menjadi warna susu maka emas tersebut adalah perak. Dan jika tidak terjadi perubahan warna apapun maka emas yang Anda beli sudah benar-benar emas asli.


7. Mengecekkan Emas Ke Butik atau Toko Logam Mulia Terdekat

Cara yang satu ini dapat dilakukan jika Anda merasa tidak yakin dengan cara-cara yang di atas karena bisa saja karena kesalahan dalam melakukan teknik maka akan terjadi kesalahan hasil pula. Sehingga agar lebih akurat Anda bisa mengajarkan emas yang telah Anda beli ke butik atau toko logam mulia yang terdekat dari rumah Anda. Dengan begitu maka dapat dipastikan jika emas tersebut merupakan emas yang murni atau tidak.


Daripada ribet melakukan cek keaslian emas, mending Anda beli emas di Galeri 24.

ka

Kenapa? Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijual asli dan resmi.


Alhasil, setiap emas yang dijual pastinya asli semua.


Jadi ingat, beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


52 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua