top of page

Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Emas


Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Emas
sumber: antaranews.com

Kasus penipuan emas sangat sering terdengar, bahkan seiring meningkat sejalan dengan peningkatan ketertarikan masyarakat untuk berinvestasi emas. Namun untuk Anda investor pemula jangan sampai hal ini justru mempengaruhi semangat dalam berinvestasi. Anda harus bisa mengantisipasinya dengan jangan sampai menjadi korban dari pelaku penipuan logam mulia ini. Karena diluar sana banyak sekali penipu yang menginginkan uang Anda.


Untuk itu, perlu ada cara pengantisipasian untuk terhindar dari penipuan investasi emas ini, mengingat kini transaksi untuk emas semakin mudah. Jika dulu pembelian emas hanya bisa dilakukan di dalam toko emas atau perhiasan, kini dapat dilakukan bahkan dengan online. Perhiasan bisa juga untuk dijual didalamnya, apalagi hanya pada investasi emas ini. Pasti akan jauh lebih mudah, untuk itu simak beberapa cara menghindari penipuan saat membeli emas di bawah ini ya.


Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Emas


1. Berpikir Dengan Jernih

Cara menghindari penipu pertama, yaitu berpikir jernih.


Jika seseorang meminta untuk segera membuat dan memulai berinvestasi jangan terburu buru untuk mengiyakan. Seorang penjual yang memiliki reputasi baik pasti memberikan Anda waktu hanya untuk sekedar berpikir jernih untuk memulai tindakan pembelian. Terlebih untuk nominal yang tinggi, pastinya tidak langsung begitu saja Anda lakukan transaksi ini. Penting untuk berpikir sejenak dan mulai melakukan banyak pertimbangan kondisi ketika melakukan pembelian atau memulai investasi emas ini.


Dengan berpikir jernih pastinya pengambilan keputusan akan jauh lebih tertata dan lebih baik. Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan tambahan untuk memperjelas dan menangguhkan pilihan Anda. Terlebih jika cara menghindari penipuan saat membeli emas ini mengenai harga yang harus Anda bayar untuk memulai investasi. Biasanya penipu akan memberikan beberapa alasan hanya untuk menutupi motif penipuannya ini, Anda perlu untuk terus berhati hati supaya tidak terjerumus penipuan.


2. Pencarian Online Dilakukan

Hal kedua dalam cara menghindari penipuan saat membeli emas adalah dengan memastikan bisnis yang menawari Anda investasi emas ini telah berada pada web asli. Jangan sampai ada kesalahan dalam mengenali produknya ini. Beberapa scammer akan mengubah nama bisnis mereka hanya untuk menghindari ulasan online yang buruk, namun Anda dapat tetap melakukan pencarian pada media sosial dan beberapa testimoni lainnya.


Jangan lupa juga untuk melihat testimoni yang ada karena dapat menjadi tambahan bahan pertimbangan Anda sebelum memulai pembelian emas yang ditawarkan ini. Jika Anda tidak menemukan satu saja review akan lebih baik untuk mencari alternatif pilihan toko atau tempat jual beli emas yang lain, karena banyak review akan memudahkan Anda menilai toko tersebut layak tidak untuk memulai investasi emas.


3. Lakukan Riset Dasar Harga

Hal yang tidak kalah penting dari cara menghindari penipuan saat membeli emas adalah dengan memastikan tidak adanya scammer yang akan mempengaruhi Anda. Mengerti rentang harga dari investasi emas awal pasti membuat antisipasi untuk membeli harga yang jatuh jauh dari dari harga yang Anda temukan. Karena sistem harga jual beli emas tidak akan jauh berbeda antara satu toko dengan yang lainnya.


Para scammer akan menawarkan harga jatuh yang sangat murah, bahkan terkesan tidak wajar untuk Anda. Beberapa harga bahkan jatuh jauh dari harga pasar normal. Misalnya jika ingin membeli emas dalam kadar dan berat tertentu setidaknya melakukan survey toko lebih dari 10 tokoh, baik yang online maupun mendatangi toko atau tempat penjualan emas investasinya langsung, karena dengan begitu Anda akan menemukan rentang harga yang biasa .


4. Teliti Dengan Baik Emas Yang Dijual

Penjual yang sah pastinya akan memberikan Anda sejumlah penjelasan mengenai emas, terlebih untuk Anda sebagai investor baru. Akan sangat berbeda dengan penipu yang hanya akan meminta Anda langsung membeli emas dalam waktu singkat. Sehingga lihat kelangkaan, sejarah, dan spesifikasi emas dengan menanyakan pada pembeli atau penawar ini, jika dapat menjawab dengan baik benar dan lancar tanyakan beberapa pertanyaan lain cara menghindari penipuan saat membeli emas. Jika memang informasi dan kebenaran produk pastinya jawaban dapat dipercayai dengan mudah.


Anda juga dapat meminta surat jual beli dan sertifikat jaminan keaslian untuk melihat kualitas dari emas yang ditawarkan ini. Berbagai emas batang yang beredar di Indonesia sendiri akan selalu disertai dengan sejumlah sertifikat pendukungnya termasuk pada emas batangan dari berapapun beratnya. Jika ada penawaran emas tanpa adanya surat surat yang melandasi, patut untuk mulai Anda curigai beberapa hal yang memicu adanya kejahatan, untuk itu dapat dicurigai setelahnya. Ini menjadi cara menghindari penipuan saat membeli emas paling efektif.


5. Meminta Kebijakan Pembelian kembali

Untuk memastikan dapat menggunakan investasi emas, cara menghindari penipuan saat membeli emas terakhir adalah dengan menanyakan kepada penjual atau penawar emas ini mengenai cara memulai investasi emas untuk bisa kemudian dijual kembali pada toko tersebut. Pedagang yang resmi pasti memiliki sejumlah informasi setiap bagian yang menjadi penting dalam proses investasi emas batangan ini.


Misalnya, dari memulai investasi akan lebih baik untuk mengerti cara menjualnya kemana. Demikian beberapa cara mengenai cara menghindari penipuan saat membeli emas. Semoga terhindar dari penipuan dan selamat berinvestasi, terima kasih.


Nah, agar Anda tak perlu repot melakukan berbagai cara di atas, lebih baik beli emas di tempat yang pasti-pasti saja dan terpercaya, seperti Galeri 24.


Galeri 24 sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijualnya pasti resmi dan berkualitas.


Jenis emas yang tersedia pun beragam, ada logam mulia, perhiasan, dan berlian. Tertarik beli emas di Galeri 24? Caranya mudah, Anda bisa beli emas secara online atau offline.


Jadi pastikan, beli emas hannya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!



25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua